Trik Menyimpan Cabai Agar Tahan Lama di Tengah Harganya yang Meroket!

Trik Menyimpan Cabai Agar Tahan Lama di Tengah Harganya yang Meroket!

Seruni.id – Cabai merupakan salah satu bumbu masakan yang tak boleh terlewatkan. Bahkan, beberapa orang mengaku belum puas ketika makan tanpa ada sambal. Namun, belakangan harga cabai sedang meroket, membuat kita harus pintar-pintar mengakalinya. Misalnya dengan menanam sendiri atau menyimpan cabai agar tahan lama. Tapi, jika tidak memiliki cukup lahan untuk menananmnya, kamu bisa melakukan beberapa tips berikut ini, dijamin cabai akan lebih awet selama berbulan-bulan.

1. Membekukan Cabai

Trik Menyimpan Cabai Agar Tahan Lama di Tengah Harganya yang Meroket!
hipwee.com

Salah satu cara menyimpan cabai agar lebih awet adalah dengan membekukanya. Jika kamu melakukannya dengan tepat, maka cabai akan bertahan sampai 3 bulan, loh. Untuk membekukkannya, kamu perlu menyimpan cabai di freezer, ya.

Cara:

  • Cuci bersih cabai merah keriting kering maupun basah, setelah itu jangan lupa untuk menyortirnya, ya. Pisahkan cabai segar dan busuk, agar keduanya tak tercampur.
  • Kemudian, pisahkan cabai merah dari tangkainya. Siapkan wadah yang telah dilapisi tisu, masukkan cabainya.
  • Agar cabai semakin awet, kamu bisa menambahkan satu siung bawang putih yang telah dikupas. Hal ini karena bawang putih mengandung zat anti bakteri yang baik untuk memperlambat proses pembusukan.
  • Setelah itu, jangan lupa taruh cabai ke dalam freezer.

2. Keringkan Cabai

Trik Menyimpan Cabai Agar Tahan Lama di Tengah Harganya yang Meroket!
fimela.com

Kalau kamu ingin menyimpan cabai agar lebih awet lagi, kamu harus mengeringkannya terlebih dahulu. Terdapat tiga cara untuk proses pengeringan ini, ya.

Cara:

  • Cara pertama, kamu bisa mengeringkannya di bawah terik matahari dengan beralaskan tampah atau wadah datar lainnya. Namun, cara ini tentu membutuhkan waktu berhari-hari, belum lagi kalau sedang musim hujan. Hasilnya akan semakin lama.
  • Seruni sarankan sih untuk melakukan cara kedua dan ketiga, yakni mengeringkan cabai merah dengan mesin pemanas yakni oven atau microwave.
  • Sebelum dikeringkan, akan lebih baik jika cabai dibelah terlebih dahulu. Kemudian, letakkan cabai merah di atas loyang dengan sisi yang terbelah menghadap ke atas.
  • Cara menyimpan cabai kering sangat mudah sekali, kamu bisa langsung menyimpannya atau mengaluskannya terlebih dahulu agar menjadi bubuk cabai. Hasilnya tak kalah kok dari bubuk cabai di restoran.

3. Awetkan dengan Minyak Zaitun

Trik Menyimpan Cabai Agar Tahan Lama di Tengah Harganya yang Meroket!
8villages.com

Belakangan harga cabai sangat mahal, bahkan hampir setara dengan harga daging. Nah, daripada sedikit-sedikit beli cabai, bukanlah lebih baik mengawetkannya agar lebih tahan lama dan lebih menghemat anggaran belanja?

Cara:

  • Pertama-tama, cabai harus diberisihkan dulu, setelah itu potong cabai merah dan panggang di dalam oven.
  • Jangan lupa untuk membalik potongan cabai agar matang merata.
  • Setelah selesai, biarkan cabai sampai panasnya hilang. Barulah simpan cabai ke dalam stoples berisi minyak zaitun.

4. Buat Cabai Merah Menjadi Pasta

Trik Menyimpan Cabai Agar Tahan Lama di Tengah Harganya yang Meroket!
hipwee.com

Cara menyimpan cabai agar lebih tahan lama berikutnya adalah membuatnya menjadi pasta. Terdapat dua cara yang bisa kamu lakukan, bisa dengan menumisnya atau mengukusnya. Cara ini biasanya diandalkan agar tidak repot saat mengolah cabai merah. Selain tahan lama, pasta cabai merah bisa langsung dimasak, loh.

Cara:

  • Haluskan cabai merah, bisa menggunakan blender agar lebih praktis atau menguleknya.
  • Setelah cabai halus, tumislah dengan sedikit minyak sampai matang. Kemudian simpan pasta cabai merah ke dalam wadah tertutup.
  • Kalau ingin dikukus pun caranya tak jauh berbeda, ya. Setelah dihaluskan, cabai merah langsung dikukus saja.

5. Buat Cabai Menjadi Asinan

Trik Menyimpan Cabai Agar Tahan Lama di Tengah Harganya yang Meroket!
cookpad.com

Cara menyimpan cabai berikutnya, kamu bisa membuatnya menjadi asinan, nih. Meski prosesnya sedikit lebih lama, tapi patut untuk kamu coba ketika harga cabai sedang mahal.

Cara:

  • Potong cabai merah secara memanjang, lalu masukkan cabai ke dalam wadah yang sudah ditambahi cuka, garam, dan air mtang.
  • Setelah itu, simpan wadah asinan cabai merah ke dalam kulkas. Kamu tinggal mengambil asinan cabai saat ingin menggunakannya saja.

6. Cara Menyimpan Cabai Agar Awet Tanpa Kulkas

Trik Menyimpan Cabai Agar Tahan Lama di Tengah Harganya yang Meroket!
selerasa.com

Kalau kulkasmu sudah terlalu penuh dan tidak bisa menyimpan cabai di dalamnya. Kamu bisa kok menyimpannya di luar kulkas, dengan cara yang tepat, maka cabai yang kamu simpan akan lebih tahan lama.

Cara:

  • Bersihkan cabai yang baru dibeli dengan menggunakna tisu. Lap seluruh bagian cabai untuk membersihkan air dan kotoran yang menempel pada bagian cabai.
  • Masukkan cabai ke dalam wadah tupperware yang bersih atau wadah plastik lainnya.
  • Kemudian, letakkan wadah di tempat yang sejuk dan kering tanpa perlu menutupnya.

Baca Juga: 5 Cara Praktis Menanam Cabai di Pekarangan Rumah dengan Benar

Itulah trik menyimpan cabai merah agar tahan lama. Trik di atas bisa kamu coba ketika harga cabai melambung tinggi. Selamat mencoba, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.