Uang Puluhan Juta Milik Penjaga Sekolah Dimakan Rayap, Biasakah Ditukar?

  • Bagikan
Uang Puluhan Juta Milik Penjaga Sekolah Dimakan Rayap, Biasakah Ditukar?
solo.suaramerdeka.com

Seruni.id – Nasib pilu baru saja menimpa Samin (53), seorang penjaga sekolah di Sekolah Dasar Negeri Lojiwetan No. 49, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Jawa Tengah. Betapa tidak, uang puluhan juta miliknya, yang telah dikumpulkannya sejak 2,5 tahun lalu, raib dimakan rayap.

Padahal, uang puluhan juta yang ia tabung di dalam celengan plastik itu, akan ia gunakan untuk bisa naik haji. Lantas, apakah uang tersebut bisa ditukar di Bank Indonesia? Simak selengkapnya berikut ini, ya.

Mengapa Uang Puluhan Juta Tersebut Bisa Habis Dimakan Rayap?

Uang Puluhan Juta Milik Penjaga Sekolah Dimakan Rayap, Biasakah Ditukar?
solo.suaramerdeka.com

Mengumpulkan uang hingga mencapai puluhan juta, pastinya membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Seperti halnya yang Samin lakukan. Sejak 2,5 tahun lalu, sebelum pandemi Covid-19 melanda, Samin sudah menyisihkan uangnya sedikit demi sedikit untuk bisa berangkat haji bersama istri dan kedua anaknya. Namun, siapa sangka, uang tersebut justru habis dimakan rayap, sampai bentuknya pun tak utuh lagi.

“Saya punya keinginan daftar haji. Saya punya rezeki, sedikit demi sedikit tak masukkin ke kaleng itu, kurang lebih sudah 2,5 tahun sebelum Covid.” ungkapnya.

Sebenarnya, sejak beberapa hari lalu, dirinya sudah meminta sang istri untuk membongkar celengan tersebut karena dirasa sudah cukup penuh. Namun, karena belum ada waktu, ia pun membongkarnya sendiri. Betapa terkejutnya ia mendapati uang puluhan juta tersebut dalam keadaan tak utuh.

Uang tersebut, merupakan hasil dari berjualan makanan ringan di kantin sekolah. Setiap hari ia sisihkan dan ia letakkan di tempat tidur.

“Tadi pagi jam 9 mau dimasukkin uang kok angglong (runtuh). Setelah itu celengan diangkat kok keluar rayapnya. Ternyata sudah kayak gitu.” ungkapnya.

 

Apakah Uang Tersebut Bisa Ditukar di Bank Indonesia?

Uang Puluhan Juta Milik Penjaga Sekolah Dimakan Rayap, Biasakah Ditukar?
detik.com

Kehilangan uang yang sudah susah payah dikupulkan, pastinya sangat menyesakkan, bukan? Kalau sudah seperti ini, apakah uang puluhan juta tersebut bisa ditukar di Bank Indonesia atau tidak, ya?

Menjawab pertanyaan tersebut, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Solo, Nugroho Joko Prastowo menuturkan, bahwa uang puluhan juta yang rusak bisa diganti, asalkan memenuhi syarat.

“Bisa ditukar dengan uang baru, asalkan bisa menunjukkan tiga bagian atau 68 persen dari uang tersebut,” ungkap Joko saat memberikan penjelasannya.

Sementara untuk kasus seperti yang dialami oleh Samin, Joko meminta agar serpihan-serpihan tersebut disusun kembali. Sehingga bisa terlihat nomor serinya.

“Kalau yang rusaknya sedikit, nanti akan lebih mudah mengeceknya,” lanjutnya.

“Kalau untuk yang rusaknya sedikit masih bisa ditukar, tapi nanti kita cek dulu. Kami akan bantu karena ini bukan kesengajaan.” katanya.

 

Mengapa Banyak Orang Memilih Menyimpan Uang di Rumah?

Uang Puluhan Juta Milik Penjaga Sekolah Dimakan Rayap, Biasakah Ditukar?
solopos.com

Mungkin saat ini masih banyak orang yang lebih memilih menabung di rumah daripada di bank. Sebab, tidak ada patokan nominalnya. Bahkan, kita bisa memulainya dengan nominal paling kecil. Misalnya, 5 ribu, 10 ribu, hingga 20 ribu per harinya.

Menabung di rumah juga mengajarkan kita untuk lebih konsisten. Misalnya, ketika ada suatu kebutuhan atau rencana masa depan, kita akan konsisten menabung uangnya di rumah terdahulu, sebelum memindahkannya ke bank.

Selain itu, alasan lain yang membuat mayoritas orang lebih memilih menabung di rumah adalah tidak adanya biaya admin seperti halnya di bank, sehingga tidak akan mengurangi jumlah tabungan.

Meski memiliki sejumlah keuntungan, tapi tak ada salahnya untuk mempertimbangkan menabung di bank. Sebab, bank memiliki asuransi, yang memungkinkan memulihkan uang jika terjadi pencarikan atau tagihan yang tidak kamu ketahui. Menyimpan uang di bank pun lebih aman dari tindakan pencurian.

 

Bagaimana Caranya Agar Menyimpan Uang di Rumah Jadi Lebih Aman?

Uang Puluhan Juta Milik Penjaga Sekolah Dimakan Rayap, Biasakah Ditukar?
uangindonesia.com

Keamanan adalah kunci penting untuk menyimpan uang di rumah. Kemanan yang dimaksud, bukan hanya bebas dari incaran pelaku kejahatan saja, tapi juga bebas dari rayap. Seruni akan memberikan beberapa cara jitu agar uang yang kamu simpan di rumah terlindungi dari hal-hal yang tidak dinginkan. Bagaimana caranya?

  • Gunakan plastik khusus uang.
  • Taruh di brankas.
  • Masukkan uang ke dalam amplop, lalu tempelkan di bagian bawah laci lemari.

Baca Juga: Tips Jitu Mengatur Keuangan untuk Pasangan Muda

Demikianlah informasi yang dapat Seruni bagikan tentang uang puluhan juta yang dimakan rayap, serta cara menyimpannya agar aman. Semoga bermanfaat.

  • Bagikan