7 Tampilan Uang Rupiah Baru 2022 yang Dirilis Bank Indonesia

  • Bagikan
7 Tampilan Uang Rupiah Baru 2022 yang Dirilis Bank Indonesia
bi.go.id

Seruni.id – Tahukah kamu? Bank Indonesia telah resmi meluncurkan uang rupiah dengan tampilan yang baru, loh. Uang rupiah baru itu, diliris sehari setelah HUTke-77 Republik Indonesia, yaitu pada 18 Agustus 2022 kemarin.

Pasca prosesi peluncuran dilakukan oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati dan Gubernur Bank Sentral, Perry Warjiya, ketujuh pecahan tersebut TE 2022 secara resmi berlaku, dikeluarkan, dan diedarkan.

Terdapat beberapa aspek inovasi pada uang kertas TE 2022 yang baru saja resmi diliris. Diketahui, mata uang tersebut memiliki tampilan dan desain yang berbeda dengan tahun 2016.

Kira-kira bagaimana ya tampilan uang rupiah baru tersebut? Kamu sudah pernah melihatnya? Kalau belum, berikut Seruni telah merangkum deretan tampilan uang rupiah baru TE 2022.

 

1. Pecahan Rp100.000

7 Tampilan Uang Rupiah Baru 2022 yang Dirilis Bank Indonesia
bi.go.id

Masih sama seperti tahun 2016, uang rupiah baru ini, masih didominasi dengan warna merah pada kertasnya. Bahkan, unag pecahan TE 2022 terbesar yang dikeluarkan oleh pemerintah dan BI ini, juga masih menampilkan foto dua tokoh proklamator RI sebagai gambar utama.

Terlihat foto Dr. (H.C.) Ir. Soekarno dan Dr. (H. C.) Drs. Mohammad Hatta menghiasi bagian depan kertas. Memakai foto yang sama dengan mata uang TE 2016, mata uang TE 2022 juga tidak lagi memuat ilustrasi naskah proklamasi. Diketahui, pada desain mata uang TE 2011 terdapat naskah proklamasi di antara dua tokoh kemerdekaan RI.

 

2. Pecahan Rp50.000

7 Tampilan Uang Rupiah Baru 2022 yang Dirilis Bank Indonesia
bi.go.id

Uang pecahan terbesar kedua yang beredar di Indonesia, dengan nomimal Rp50.000, juga masih didominasi dengan warna biru. Pada bagian depan uang rupiah baru, masih menampilkan tokoh penting.

Adapun sosok yang menghiasi pecahan Rp50.000 itu adalah Ir. H. Djianda Kartawidjaja, perdana menteri terkahir dan terlama dalam sejarah RI. Hari Nusantara menjadi salah satu jasa terbesar beliau.

Melalui Deklarasi Djuanda pada 13 Desember 1957, Ir. H. Djuanda berhasil meneguhkan Indonesia sebagai negara kepulauan yang dikui dunia. Bahkan, deklarasi ini dianggap sebagai Deklarasi Kemerdekaan Indonesia kedua pasca proklamasi.

 

3. Pecahan Rp20.000

7 Tampilan Uang Rupiah Baru 2022 yang Dirilis Bank Indonesia
bi.go.id

Untuk uang rupiah baru dengan pecahan R20.000 ini, pada bagian depannya menampilkan seorang tokoh pahlawan nasional Republik Indonesia, yakni Dr. G. G. S. J Ratulangi.

Selain itu, uang pecahan yang didominasi dengan warna hijau ini juga memperlihatkan beberapa hal yang berkaitan dengan Indonesia. Mulai dari Garuda Pancasila, kepulauan di Indonesia, bunga anggrek hitam, dan beberapa motif khas Indonesia.

Sedangkan di bagian belakang, menampilkan tari gong yang disandingkan dengan keindahan alam Derawan, dihiasi dengan indahnya bunga anggrek hitam. Desain uang rupiah baru TE 2022 ini, juga diperindah dengan beberapa motif khas Indonesia.

 

4. Pecahan Rp10.000

7 Tampilan Uang Rupiah Baru 2022 yang Dirilis Bank Indonesia
bi.go.id

Sama halnya seperti uang pecahan Rp10.000 pada TE 2016, uang rupiah terbaru ini, masih menampilkan sosok tokoh pahlawan nasional Republik Indonesia asal Papua, yaitu Frans Kaisiepo, sebagai tampilan uatama.

Terdapat pula lambang negara Garuda Pancasila, gambar kepulauan Indonesia, bunga cempaka hutan kasar, serta beberapa motif khas Indonesia. Seperti motif asmat Papua dan motif perisai citak Asmat.

Mata uang yang masih didominasi warna ungu ini, penampilkan tari pakarena yang disandingkan dengan keindahan alam Taman Nasional Wakatobi pada bagian belakangnya. Tak lupa, dipadukan pula dengan keagungan bunga cempa hutan kasar. Desain uang pecahan Rp10.000 bagian belakang diperindah dengan Motif Ne’Limbongan Toraja dan Motif Pa’Barana.

 

5. Pecahan Rp5000

7 Tampilan Uang Rupiah Baru 2022 yang Dirilis Bank Indonesia
bi.go.id

Pecahan mata uang rupiah baru dengan nomimal Rp5000, masih menggunakan foto tokoh nasional yang sama, yaitu Dr. K.H. Idham Chalid. Ia merupakan tokoh Nahdlatul Ulama (NU). Bahkan, ia juga pernah menjabat sebagai ketua Umum PBNU selama 34 tahun.

Sebelum kemerdekaan, K.H Idham, sudah berjuang melawan penjajah. Pasca kemerdekaan, KH Idham pernah menjabat sebagai Wakil Perdana Menteri dan dianugerahi sebagai Pahlawan Nasional karena mampu menentramkan kegelisahan warga NU. Untuk diketahui, ketika pertama kali dirilis, uang pecahan Rp5000, juga pernah menggunakan foto Tuanku Imam Bonjol sebagai gambar utamanya, loh.

 

6. Pecahan Rp2000

7 Tampilan Uang Rupiah Baru 2022 yang Dirilis Bank Indonesia
bi.go.id

Pecahan Rp2000 adalah mata uang yang belum lama diedarkan di Indonesia. Mata uang yang menampilkan foto Pangeran Antasari ini, pertama kali dirilis pada tahun 2009 silam. Namun, sejak TE 2016, pecahan Rp2000 diganti dengan foto Mohammad Hoesni Thamrin.

Pada mata uang terbaru, pecahan uang berwarna abu-abu itu masih menggunakan foto Pahlawan Nasional itu. Mohammad Hoesni Thamrin merupakan tokoh Betawi yang berkecimpung di dunia politik sejak era penjajahan Belanda.

Dalam bidang politik, M. H. Thamrin memiliki berbagai peran terhadap Indonesia. Diketahui, M. H. Thamrin mengecam tindakan agresif polisi Hindia Belanda. M. H. Thamrin juga dikenal sebagai pendiri Fraksi Nasional yang menyerukan kemerdekaan.

 

7. Pecahan Rp1000

7 Tampilan Uang Rupiah Baru 2022 yang Dirilis Bank Indonesia
bi.go.id

Pecahan mata uang kertas terkecil yang beredar di Indonesia adalah pecahan Rp 1000. Sama halnya dengan mata uang kertas lainnya, mata uang yang didominasi warna hijau ini juga menampilkan foto tokoh Nasional.

Adapun sosok yang menghiasi pecahan Rp 1000 adalah pahlawan perempuan asal Aceh, yaitu Tjut Nyak Meutia. Perempuan yang dikenal dengan nama Cut Meutia itu menjadi sosok yang mempertaruhkan nyawanya demi mengusir penjajah Belanda di tanah Aceh.

Sebelum kemerdekaan, Cut Meutia dan pasukannya bergerilya untuk melawan pasukan Belanda. Ahli dalam mengatur strategi pertempuran, Cut Meutia mampu menghancurkan pertahanan militer Belanda.

Itulah deretan uang rupiah baru TE 2022. Sekilas masih terlihat sama seperti T 2016, tapi rupanya ada yang membedakan, loh. Mulai dari desain warna yang lebih tajam, unsur pengamanan yang lebih andal, serta ketahanan bahan yang lebih baik.

Hal tersebut dimaksudkan agar pecahan rupiah semakin mudah dikenali ciri keasliannya, nyaman, dan aman untuk digunakan, serta sulit dipalsukan. Tidak hanya itu saja, ukuran masing-masing uang rupiah baru kini berbeda-beda, sementara untuk uang lama semua ukurannya sama.

Begitupun dengan tampilan pada uang rupiah kertas yang baru sedikit berbeda, karena pada masing-masing lembar belakang uang terdapat motif bunga. Terakhir, untuk nomor seri pada uang ruiah yang baru, terletak di bagian lembar belakang, dengan posisi menurun dan menamping.

Baca Juga: 15 Cara Hemat dalam Membelanjakan Uang Jajan

Jadi, sudah tahu kan apa saja yang berbeda?

  • Bagikan