Universitas di Inggris Memfasilitasi Hijab untuk Mahasiswi Muslim Berolahraga

Sumber Gambar: brunel.ac.uk

Seruni.id – Jika sebelumnya Seruni membahas tentang perjuangan Latifa Abouchakra yang menyampaikan pidatonya mengenai kebijakan yang dibuat oleh OFSTED [Office for Standards in Education, Children’s Services and Skills] mengenai aturan pelarangan memakai hijab bagi siswa Muslimah di Inggris. Kini lahir sebuah baik, karena salah satu universitas di Inggris, tepatnya kota London, justru membuat hijab instan untuk seragam mahasiswi Muslim di kampusnya.

Image result for Brunel University
Sumber Gambar: brunel.ac.uk

Brunel University, sengaja memproduksi hijab instan untuk keperluan seragam olahraga kampus mereka. Hijab ini dibuat khusus untuk mahasiswi Muslim yang ingin tetap aktif dalam kegiatan olahraga.

Karena, dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Sports England, melaporkan bahwa dari 30% populasi wanita di Inggris, 18% adalah wanita Muslim yang juga berpartisipasi dalam acara olahraga.

Inilah yang akhirnya mendorong Brunel University untuk memfasilitasi mahasiswi Muslim mereka, di bidang olahraga. Hijab yang dibuat pun memiliki desain, mirip dengan Nike Pro. Perbedaannya terlihat pada pemilihan bahan, warna, dan pengaplikasikan logo pada bagian kepala.

“(Hijab) ini sangat ringan, mudah dipakai, dan sangat nyaman. Rasanya seperti tidak memakai sesuatu di kepalamu. Sangat keren, khususnya saat olahraga,” ungkap Faith Al Saad, Business Management Student and Gym-goer Brunel University.

Faith juga yakin, jika hijab olahraga akan memotivasi banyak Muslimah semakin rajin berolahraga. Pihak Brunel University pun berharap penyediaan hijab olahraga ini bisa menjadi contoh untuk kampus lainnya.

Dan harapan tersebut sepertinya mulai tercapai. Sebab, Ranjeet Rathore yang tak lain merupakan Student Union President, mengaku bahwa beberapa kampus sudah mengajak kerja sama untuk produksi hijab olahraga.

“Sekarang ada beberapa universitas yang ingin berkerja sama dengan kami, ingin menjadikan kami contoh, ingin membuat hijab untuk mereka sendiri, yang mana ini adalah kabar baik,” ungkap Ranjeet.

Sebagai saudara jauh di Indonesia, mendengar kabar baik seperti ini rasanya seperti meminum air segar di tengah cuaca panas, ya? Semoga saudara-saudara kita terus diberikan kemudahan untuk menerapkan nilai-nilai agama, di manapun mereka berada. Aamiin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.