24 Daftar Urutan Film Marvel yang Wajib Kamu Tonton!

24 Daftar Urutan Film Marvel yang Wajib Kamu Tonton!
theringer.com

Seruni.id – Belum sempat menonton semua film Marvel dan masih bingung ingin memulainya dari mana? Lebih baik, simak dulu yuk urutan film Marvel berikut ini, mulai dari awal hingga yang terbaru, agar kamu tak ketinggalan jalan ceritanya.

Film Marvel menjadi salah satu franchise film terlaris sepanjang masa dan memiliki banyak sekali penggemar fanatik. Film-film superhero milik Marvel Cinematic Universe (MCU) ini selalu mengalami peningkatan jumlah penonton setiap rilis, dan yang paling fenomenal yaitu film Avenger: Endgame. Film tersebut menjadi yang terbesar dan terlaris MCU.

Dari sekian banyak deretan film Marvel, mungkin kamu masih bingung dengan timeline yang telah rilis sejak 2008 silam itu. Sebab, setiap sekuel filmnya berkaitan satu sama lain. Belum lengkap rasanya jika belum menonton semua filmnya. Nah, untuk kamu yang ingin mendapatkan cerita utuh dari urutan film Marvel, tentu harus menyaksikannya secara berurutan. Penasaran urutan film Marvel Cinematic Universe? Berikut Seruni telah merangkum daftar urutan film Marvel dari awal hingga terbaru yang patut kamu tahu.

1. Captain America: The First Avenger (2011)

24 Daftar Urutan Film Marvel yang Wajib Kamu Tonton!
techradar.com

Urutan film Marvel yang pertama diawali dengan Captain America: The First Avenger. Film ini bersetting pada zaman Perang Dunia II. Seperti judulnya, film Marvel ini menceritakan tentang asal-usul Captain America yang awalnya hanyalah seorang tentara dengan tubuh kecil, bahkan ia merupakan korban perundungan.

Percobaan rahasia itu kemudian menghasilkan sosok super soldier yang kelak menjadi superhero bernama Captain America. Misi pertama Captain America adalah membawa pasukan nasional mengalahkan sebuah kelompok kriminal bernama Hydra. Dengan berlatar belakang Perang Dunia II, akan membawamu seolah masuk ke dalam cerita tersebut.

Catatan: Film ini berada dalam urutan pertam film Marvel, karen setting waktunya pun jauh lebih awal daripada semua film Marvel Cinematic Universe.

2. Captain Marvel (2019)

24 Daftar Urutan Film Marvel yang Wajib Kamu Tonton!
lutheran-cruch-regina.com

Urutan film Marvel kedua ada Captain Marvel. Film yang dirilis pada 2019 lalu ini, mengambil setting waktu di tahun 1995. Dalam film ini Brie Larson memerankan tokoh Carol Danvers, sang Captain Marvel yang merupakan salah satu superhero paling kuat ketika Bumi terperangkap di tengah perang galaksi antara dua ras alien.

Catatan: Dalam film ini, Carol Danvers bertamu dengan Nick Fury muda, anggota S.H.I.E.L.D, yang juga merupakan inisiator terbentuknya proyek Avengers.

3. Iron Man (2008)

24 Daftar Urutan Film Marvel yang Wajib Kamu Tonton!
techradar.com

Film Marvel yang berikut ini akan membawamu mundur ke tahun 2008. Film ini dibintangi oleh Robert Downey Jr yang memerankan karakter superhero berbaju besi beranam Tony Starck. Di sini, Tony Stark pertama kali menjadi direktur Stark Industries dan selanjutnya diculik oleh sekelompok teroris.

Namun, selama ditahan, ia turut mengembangkan Arc Reactor agar lolos dari penculikan tersebut. Siapa sangka jika keberadaan Arc Reactor membuatnya menjadi sosok Iron Man. Di akhir film, penonton akan tahu jika Tony bersama Nick Fury berniat membuat proyek Avenger.

Catatan: Iron Man merupakan film bersetting tahun 2010. Oleh karena itu, kamu bisa menontonnya setelah menyelesaikan Captain Marvel.

4. The Incredible Hulk (2008)

24 Daftar Urutan Film Marvel yang Wajib Kamu Tonton!
hunterhughes-media.com

Seoang ilmuan bernama Bruce Banner hidup dalam pelarian. Bahkan, jauh dari kehidupan normal dan wanita yang ia cintai, Betty Ross. Ia mencari cara untuk menyembuhkan radiasi gamma yang meracuni sel dalam tubuhnya dan melepaskan kekuatan besar dari dalam dirinya.

Bruce dikejar oleh musul besarnya, yaitu Jenderal Thunderbolt Ross, yang tak lain adalah ayah dari Betty Ross, untuk memanfaatkan kekuatannya sebagai senjata militer. Di samping itu, musuh baru bernama The Abomination dengan kekuatan destruktif yang melebihi Hulk menjadi sebuah ancaman baru unutknya.

Catatan: Kamu bisa terlebih dahulu menonton The Incerdible Hulk atau Thor sebelum menyaksikan Iron Man 2, tanpa harus kehilangan konteks atau timeline cerita.

5. Thor (2011)

24 Daftar Urutan Film Marvel yang Wajib Kamu Tonton!
tigapuluhlimadegan.wordpress.com

Urutan film Marvel berikutnya yaitu Thor. Film ini mengisahkan tentang superhero bernama Thor yang berasal dari negeri Asgard. Namun, Odin, yang merupakan sang ayah, melemparkan Thor ke Bumi, karena emosinya yang tak terkontrol. Sebab, ia menganggap bahwa Thor belum pantas untuk duduk di tahta Kerajaan Asgard.

Film Marvel yang satu ini menceritakan keseruan Thor selama terombang-ambing di Bumi sampai boleh kembali, jika ia sudah layak menjadi Dewa dan Raja Asgard. Atas bantuan dari Jane Foster da Dr. Selvig, Thor akhirnya mamu menjadi seorang raja hingga ia kembali ke Asgard.

6. Iron Man 2 (2010)

24 Daftar Urutan Film Marvel yang Wajib Kamu Tonton!
tribunnews.com

Pada urutan film Marvel yang berikut ini, tampak penampilan Tony Stark sudah mengalami banyak perubahan. Bahkan, ia sudah mengenakan pakaian Iron Man Mark IV. Dalam film Marvel yang satu ini, kalian akan disuguhkan dengan konflik kepemilikan Ark Reactor. Ivan Vanko, anak dari rekan Howard Stark, mengkalim kalau Arc Reactor adalah kepunyaannya.

Ivan memiliki misi untuk membunuh Tony Stark sekaligus membuat kostum robotnya sendiri yang bernama Whiplash. Dalam film Iron Man 2 ini, juga akan menmpilkan karakter Black Widow, yang diperintahkan oleh Nick Fury untuk memata-matai Tony. Ternyata Nick tampak tak percaya jika Starck bisa diajak bekerja sama untuk proyek Anvengers.

7. The Avengers (2012)

24 Daftar Urutan Film Marvel yang Wajib Kamu Tonton!
bp.blogspot.com

Urutan film Marvel selanjutnya adalah The Avenger, dalam film ini, seluruh pahlawan super mulai dari Iron Man, Hulk, Thor, Captain America, Black Widow, hingga Hawkeye bersatu demi menyelamatkan Bumi dan manusia.

Musuh yang tak terduga muncul dan dapat mengancam keamanan dan keselamatan dunia. Hal ini membuat Nick Fury, pemimpin organisasi penjaga kedamaian internasional S.H.I.E.L.D, mengumpulkan para hero untuk menyelamatkan dunia dari ambang bencana.

Catatan: The Avanger merupsakan fase pertama di mana seluruh super hero dalam Marvel Cinematic Univrse bergabung.

8. Iron Man 3

24 Daftar Urutan Film Marvel yang Wajib Kamu Tonton!
reddit.id

Iron Man menjadi salah satu urutan film Marvel yang berikutnya, film yang disutradarai oleh Shane Black ini dirilis pada tahun 2013 lalu. Iron Man 3 mengisahkan tentang Tony Stark yang harus melawan musuh dari masa lalu bernama Mandarain. Dahulu Mandarain merupakan seseorang yang pernah Tony Stark tolak untuk bekerjasama.

Melalui film ini, hadir sekelompok kawanan teroris yang mengaku sebagai bagian dari Mandarain. Hingga akhirnya kelompok teroris palsu itu berhasil dikalahkan dengan bantuan Iron Patriot. Jika kamu menyaksikannya sampai tuntas, pada akhir film, kamu akan melihat bagaimana Tony membuang Arc Reactor miliknya dan menciptakan Arc Reactor baru, tentunya yang lebih mumpuni.

9. Thor: The Dark World (2013)

24 Daftar Urutan Film Marvel yang Wajib Kamu Tonton!
justinkownacki,com

Sekuel Thor ini mengisahkan tentang aksi Thor yang berjuang menyelamatkan Bumi dan manusia dari bayangan musuh yang mengincar alam semesta. Ras kuno yang dipelopori oleh Malekith kembali untuk mengubah alam semesta dalam kegelapan. Thor, yang merupakan putra dari Odin ini, memulai perjalanan berbahayanya yang menyatukan kembali dirinya dengan Jane Foster (Natalie Portman) dan mengorbankan segalanya demi menyelamatkan dunia.

10. Captain Amercia: Winter Soldier (2014)

24 Daftar Urutan Film Marvel yang Wajib Kamu Tonton!
style.tribunnews.com

Urutan film Marvel yang kesepuluh berjudul Captain America: Winter Soldier yang memunculkan superhero baru yakni Falcon dengan nama Sam Wilson. Melalui film ini, muncul salah satu penjahat bernama Hydra yang menggunakan Winter Soldier untuk menajalankan misi.

Winter Soldier yang merupakan seorang tentara ini, juga diberi serum soldier oleh Hydra. Untuk menghadapi Winter Soldier, saat itu Captain America dibantu oleh Black Widoy yang sadar kalau Winter Soldier adalah Bucky, temannya yang hilang ketika misi mengalahkan Hydra di tahun 1942. Steve Rogers berupaya menyadarkan Bucky dari manipulasi Hydra dalam film ini.

11. Guardians of the Galaxy (2014)

24 Daftar Urutan Film Marvel yang Wajib Kamu Tonton!
disneyplus.com

Film Marvel dengan judul Guardinas of the Galaxy ini memperkenalkan tokoh superhero baru bernama Star Lord, yang diperankan oleh Peter Quill. Ia berasal dari Bumi dan diculik oleh alien. Kemudian, ia dibesarkan oleh alien untuk menjadi pencuri luar angkasa dengan julukan Star-Lord. Keika mencuri Orb (salah satu Infinity Stones) dan akan menjualnya, ia mendapatkan masalah besar. Pasalnya Thanos mengincar Orb itu karena gagal mendapat Teserract.

12. Guardian of the Galaxy Vol. 2 ( 2017)

24 Daftar Urutan Film Marvel yang Wajib Kamu Tonton!
medium.com

Urutan film Marvel yang berikut ini merupakan lanjutan dari petualangan Peter Quill dan rekan-rekannya yang ditugaskan menjaga Baterai Annulax dari tangan alien. Dari sinilah mulai diketahui, bahwa sebenarnya Star-Lord merupakan half-alien, alias setengah manusia dan setengah alien. Akhirnya, Peter Quill bertemu dengan sang ayah, Ego yang meruupakan salah satu bagian dari Celestial. Dan ternyata, sang ayah ingin memanfaatkannya untuk menguasai dunia. Namun sayang, upaya tersebut berhasil digagalkan oleh pasukan Guardians of the Galaxy.

13. Avangers: Age of Ultron (2015)

24 Daftar Urutan Film Marvel yang Wajib Kamu Tonton!
dewipuspitasari.net

Lagi-lagi Avangers berhasil membawa para superheroes bersatu dalam menghadapi musuh. Pada urutan film Marvel kali ini, Iron Man, Captain America, Thor, The Incredible Hulk, Black Widow, dan Hawkeye harus kembali bersatu demi keseimbangan planet. Dengan aksi mereka yang begitu epik, para Avengers harus menghentikan kemunculan Ultron yang jahat dengan rencana mengerikan.

14. Ant-Man (2015)

24 Daftar Urutan Film Marvel yang Wajib Kamu Tonton!
amazon.com

Ant-Man menjadi urutan film Marvel yang berikutnya. Ant-Mant adalah superhero yang memiliki kekuatan untuk menjadi kecil, bahkan bisa menjadi sekecil semut. Hal tersebut terjadi tentu berkat teknologi yang diciptakan oleh Dr. Hank Pym dan Agent Carter. Namun, ternyata teknologi tersebut sangat berbahaya, sehingga Dr. Hank Pym harus menyembunyikannya sampai ia bertemu Scott Lang yang ia anggap pantas untuk menggunakan kostum tersebut. Scott berhasil menjadi sosok Ant-Man dan bergabung dengan para Avengers.

15. Captain Amerika: Civil War (2016)

24 Daftar Urutan Film Marvel yang Wajib Kamu Tonton!
ilmuanblog.wordpress.com

Ketika dua hero terlibat dalam pertaruangan, kira-kira siapa yang akan kalian dukung? Nah, pada sekuel Captain America ini, mengisahkan tentang sebuah kejadian yang melibatkan Avengers dan menyebabkan tekanan politik untuk membuat sistem akuntabilitas yang mengawasi tim Avengers. Kemudian, terjadilah perbedaan pendapat antara Steve Rogers, sang Captain America dan Tony Starck terkait sistem tersebut, hingga akhirnya membuat dua kubuh berbeda. Kubu Steve memilih kebebasan sistem, sedangkan Tony mendukung keputusan pemerintah.

16. Doctor Strange (2016)

24 Daftar Urutan Film Marvel yang Wajib Kamu Tonton!
genpi.co

Film yang disutradarai oleh Antony Russo dan Joe Russo ini menceritakan tentang dokter saraf yang memiliki bakat. Namun sayangnya, ia adalah seorang dokter yang sombong. Hingga akhirnya, dokter yang bernama Stephen Strange itu mengalami kelumpuhan di tangannya.

Untuk menyembuhkan kelumpuhan tersebut, ia harus berkelana demi menemukan Ancient One. Walaupun ia berhasil menyembuhkannya dengan bantuan sihir, tapi ada masalah lain yang menghadang di depannya. Yaitu ketika salah satu pengkhianat Ancient One berusaha membangkiatkan Dormamu, salah satu penjahat terkuat di universe Marvel.

17. Spide-Man: Homecoming (2017)

24 Daftar Urutan Film Marvel yang Wajib Kamu Tonton!
tribunnews.com

Spide-Man: Homecoming menjadi penanda kembalinya superhero laba-laba ke Marvel Cinematic Universe (MCU). Kembalinya Peter Parker ke Queens, berharap mendapat misi baru dari Tony Stark pasca kejadian Civil War. Ternyata, para penjahat di Queens telah menggunakan teknologi alien yang mereka peroleh dari rongsokan pasukan Chitauri ketika Bettle of New York. Mereka menjual senjata tersebut kepada penjahat lain, termasuk ke Vulture yang menjadi villain Spider-Man dalam film Marvel ini.

18. Black Panther (2017)

24 Daftar Urutan Film Marvel yang Wajib Kamu Tonton!
disney.movies.com

Pasca insiden yang terjadi di Captain America: Civil War, Raja T’Challa, akhirnya kembali ke rumahnya, di Wakanda, Afrika. Namun, kepulangannya tidak disambut baik oleh beberapa golongan. Erik Killmonger berusaha merebut kembali tahta T’Challa dan menguasai Wakanda. Ketika dua musuh bekerjasama untuk menghancurkan Wakanda, sang hero Black Panther harus bekerjasama dengan agen C.I.A, Everett K. Ross dan member dari Dora Milaje (pasukan Wakanda) untuk mencegah Wakanda terseret di perang dunia.

Catatan: Kamu bisa menyaksikan film ini setelah menyelesaikan Captain America: The Civil War

19. Thor: Ragnarok (2017)

24 Daftar Urutan Film Marvel yang Wajib Kamu Tonton!
tirto.id

Daftar urutan film Marvel berikutnya adalah Thor: Ragnarok. Film ini menjawab permintaan bantuan Thor ke Dr Strange dalam mencari sang ayah, Odin. Kabarnya, Odin dibuang Loki ke Bumi dan Thor pun mencarinya. Ketika akan membawa kembali Odin dari Bumi ke Asgard, ayahnya bercerita tentang Hela. Hela adalah anak pertama Odin yang menjadi villain utama di balik kehancuran Asgard dalam film Marvel ini. Demi menghadapi Hela, akhirnya Thor bergadbung dengan Loki, Valkryie, dan Hulk.

20. Ant-Man and the Wasp (2018)

24 Daftar Urutan Film Marvel yang Wajib Kamu Tonton!
whatdisneyplus.com

Pada film berikut ini, Scott Lang harus menerima konsekuensi keputusannya antara menjadi seorang ayah dan superhero. Setelah terjadinya Civil War di Captain America, Lang menjadi tahanan rumah dan harus menyeimbangkan tanggung jawabnya sebagai Ant-Man. Diperhadapkan dengan Hope Van Dyne dan ayahnya, Dr. Hank Pym, ia harus menjalankan misi mendesak dan menggunakan kostum Ant-Man-nya kembali.

Catatan: Sebelum kamu menyelesaikan Avengers: Infinity War, pastikan kamu tidak menonton post creditnya, ya.

21. Black Widow

24 Daftar Urutan Film Marvel yang Wajib Kamu Tonton!
jogja.tribunews.com

Black Widow merupakan urutan film Marvel pertama yang menceritakan kisah Black Widow secara utuh. Sebenarnya, film ini dijadwalkan untuk rilis di bioskop pada tahun 2020 ini. Namun sayang, karena pandemi Covid-19 yang belum juga usai, mengharuskan para penggemar film Marvel lebih bersabar lagi. Nantinya, film ini akan menceritakan tentang masa lalu Natasha Romanov dan hubungannya dengan Red Guardian, superhero asal Soviet yang memiliki kekuatan serupa Captain America.

Catatan: Walaupun Black Widow belum pasti kapan ditayangkannya, tapi dalam urutan film Marvel Cinematic Universe, Black Widow berada pada periode sebelum infinity war.

22. Avangers: Infinity War (2018)

24 Daftar Urutan Film Marvel yang Wajib Kamu Tonton!
wallpaperacces.com

Urutan film Marvel Cinematic Universe yang berikut ini, sayang sekali jika kamu melewatkannya begitu saja. Avengers: Infinity War menjadi puncak serangan Thanos dalam menyerang Bumi dan menghadapi para Avengers. Thanos sedang merampungkan misinya mengumpulkan Infinity Stones guna bertambah kuat bersama kroco-kroconya. Walaupun sudah berkumpul, Avengers belum mampu menandingi kekuatan Thanos. Terlebih saat ia telah mengoleksi semua Infinity Stones dan berhasil melenyapkan separuh populasi di dunia.

23. Avengers: Endgame

24 Daftar Urutan Film Marvel yang Wajib Kamu Tonton!
liputan6.com

Film Marvel berikut ini menjadi klimaks dari perjuangan Avengers yang tersisa dalam menuntaskan pertarungannya dengan Thanos. Film ini berlatar lima tahun setelah peristiwa pemusnahan massal oleh Thanos yang membuat banyak kalangan putus asa. Di tengah suasana duka, para Avengers kembali mengungkap bagaimana cara membatalkan tindakan Thanos dan menang melawannya. Film ini juga membahas konsep time travel yang menambah keseruan salah satu film terlaris sepanjang masa ini.

24. Spiderman: Far From Home

24 Daftar Urutan Film Marvel yang Wajib Kamu Tonton!
tribunnews.com

Far From Home menjadi film paling akhir dari urutan Film Marvel Cinematic Universe yang telah rilis. Kejadian dalam film ini berlangsung beberapa bulan setelah Hulk berhasil mengembalikan kehidupan separuh jagat raya yang muasnah oleh Thanos. Para penggemar Marvel menyebut, film yang berkisah tentang perjalanan Peter Parker ke Erope ini dikategorikan sebagai fase keempat yang menandai berakhirnya periode Thanos sebagai musuh bersama.

Baca Juga:  20 Rekomendasi Film Action Terbaik, Kamu Harus Nonton!

Bagaimana, sudah tahu ‘kan 24 daftar urutan film Marvel Cinematic Universe dari pertama hingga akhir? Masing-masing film harus kamu tonton sesuai urutan agar tahu benang merah cerita tersebut. Agar nonton semakin asyik, jangan lupa untuk menyiapkan popcorn.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.