7 Kepribadian yang Menjadi Tanda Orang Toxic

7 Kepribadian yang Menjadi Tanda Orang Toxic
kompasiana.com

Seruni.id – Istilah toxic relationship mungkin sudah tak asing lagi di telinga kita. Selain pasangan, kamu juga bisa berhubungandengan keluarga, rekan kerja, atasa, serta teman toxic. Tanpa sadar berhubungan dengan orang toxic akan merugikanmu. Baukan hanya itu saja, rasa percaya dirimu pun akan terkikis.

7 Kepribadian yang Menjadi Tanda Orang Toxic
theshonet.com

Meski begitu, sangat sulit sekali mengenali orang dengan kepribadian toxic. Padahal, sebisa mungkin kamu harus menjauhi orang-orang yang hanya ingin menjatuhkanmu. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ciri kepribadian menjadi orang toxic.

1. Tidak Percaya Diri

Faktanya, orang toxic tidak memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Terlebih ketika mereka mengalami kegagalan, daripada mengintrospeksi diri, mereka lebih memilih untuk menyalahkan orang lain. Sekalipun orang lain tidak tahu apa-apa. Selain mudah marah-marah, mereka juga tidak mau berkomitmen dalam sebuah hubungan. Hal ini dikarenakan mereka punya rasa percaya diri rendah.

2. Cenderung Egois

Tanda orang toxic berikutnya adalah cenderung egosi dan hanya peruli dengan dirinya sendiri. Bahkan, mereka percaya bahwa dunia ini berputar di sekeliling mereka. Alhasil, mereka tak mampu memahami perasaan orang lain. Selain itu juga enggan membantu orang yang membutuhkan. Tapi terkadang lebih dulu membutuhkan bantuan orang lain.

3. Terlalu Mengontrol

Bukan hanya egeois saja, orang dengan kepribadian yang toxic cenderung akan mengatur-atur hidup orang lain, dibandingkan hidupnya sendiri. Misal, mereka akan mengatur gaya berpakaian, sikap, makanan, dan lain sebagainya. Jika kamu berada di sekitar orang yang seperti ini, kamu harus pandai-pandai membedakan, apakah dia benar-benar peduli atau hanya mengontorlmu saja?

4. Mudah Marah

Seseorang yang toxic biasanya sulit untuk mengontrol emosinya, sehingga ia sangat mudah marah. Bahkan, hal sepele yang semestinya tidak perlu diperpanjang saja dapat membuatnya kesal. Jika mereka tidak mencoba untuk berubah, ada baiknya jika kamu menjauhkan diri alih-alih tersakiti.

5. Terlalu Posesif

Hati-hati jika kamu punya teman atau pasangan posesif. Biasanya, mereka akan berpura-pura membutuhkanmu atau marah saat kamu hendak menghabiskan waktu dengan yang lain. Kamu bisa mencoba berbicara dan membuat mereka paham bahwa kamu punya kehidupanmu sendiri. Jika mereka masih tidak mengerti, segera tinggalkan!

6. Bersikap Kejam

Kepribadian toxic lainnya adalah mereka tidak ragu bersikap kejam dan merendahkan orang lain. Contohnya, mereka akan mengejek caramu bekerja, cara berpakaian, dan lain sebagainya. Jika kamu terjebak di lingkungan toxic, kamu bisa memilih untuk pergi atau mencoba mengubah responsmu. Alih-alih sakit hati, ingat bahwa kamu tidak bersalah. Merekalah yang membuat kesalahan karena terus bersikap merendahkan.

7. Suka bersikap Pasif-Agresif

Dan yang terakhir, mereka yang memiliki kepribadian toxic bagi orang lain, terkadang suka bersikap pasif-agresif. Sikap inilah yang akan membuat mereka mudah sekali memanipulasi orang lain. Sikap pasif-agresif sendiri didefinisikan sebagai perbuatan negatif dan agresif yang dilakukan secara tidak langsung. Contohnya, mereka sering menyindir atau membicarakanmu di belakang.

Itulah tujuh ciri kepribadian seseorang yang dapat dianggap toxic. Jika kamu berada di lingkungan ini terus-menerus, bukan tidak mungkin kamu akan merasakan kurang nyaman, bahkan sakit hati. Usahakan untuk dapat memfilter lingkup pertemananmu, ya. Pilihlah orang yang benar-benar bisa dijadikan teman dan mana yang hanya sekadar kenal saja. Memilih bergaul dengan siapapun itu sudah menjadi hak masing-masing orang. Semoga kita dijauhkan dari sifat toxic yang akan merugikan diri sendiri dan orang lain. Semoga bermanfaat, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.