10 Cara Ampuh Menagih Utang ke Teman

10 Cara Ampuh Menagih Utang ke Teman
lifepal.id

Seruni.id – Masalah menagih utang ke teman memang menjadi suatu hal yang susah-susah gampang. Seringkali karena persoalan ini, hubungan pertemanan menjadi berantakan. Namun, sebagai pemberi pinjaman, kamu berhak mendapatkan kembali uangmu, apalagi jika dipinjam dalam jangka waktu sesuai perjanjian.

10 Cara Ampuh Menagih Utang ke Teman
womantalk.com

Terlepas dari hubungan pertemanan, kamu tetap berhak akan hal itu. Jangan pusing dan jangan khawatir, masih banyak jalan menuju roma, begitupun dalam menagih utang. Berikut ini Seruni akan memberikan cara menagih utang ke teman. Yuk simak dan praktikan langsung.

1. Ingatkan Tenggang Waktunya

Jika hubungan pertemanan kalian sudah cukup dekat, kamu sebenarnya bisa saja tembak langsung dan mengingatkan tenggang waktu yang sebelumnya telah disepakati di awal. Bisa dengan kata-kata seperti “Jangan lupa ya akhir bulan dibayar, soalnya aku butuh banget uang itu”. Sekadar mengingatnya saja, bawangkali temanmu lupa dan bisa saja ia akan senang ketika diingatkan.

2. Beritahu Kebutuhanmu

Apabila cara pertama masih diabaikan, kamu bisa menagih kembali di kemudian hari. Beritahu kebutuhanmu saat ini, bahwa kamu sednag mengharapkan uang tersebut kembali secepatnya. Sebab, uang tersebut adalah hakmu. Jadi, kamu tidak perlu khawatir akan menyinggung perasaan temanmu itu. Sebisa mungkin sampaikanlah dengan baik dan sopan, ya.

3. Berani Terus Terang

Untuk menagih utang ke teman, dibutuhkan sikap yang berani dan berterus terang. Misalnya “Sudah terlalu lama nih uangku belum kamu kembalikan. Kapan kamu bisa mengembalikan uangku yang kamu pinjam waktu itu?”. Setelahnya, kamu bisa memberikannya kembali batas waktu, jangan sampai meleset kembali. Cara ini memang agak sedikit menyeramkan. Tapi, kamu sangat ingin kan uangmu segera dikembalikan? Harus diingat, lakukan cara ini dengan tegas, bukan secara emosional agar utang dibayar dan hubungan pertemanan kalian tetap baik-baik saja.

4. Lakukan Penagihan di Depan Pihak Ketiga

Temanmu lagi-lagi melewatkan waktu pembarayan yang sudah disepakati? Jangan bosan untuk mengingatkannya kembali. Namun, untuk kali ini, kamu bisa melakukannya di depan orang ketika yang merupakan sahabat kalian. Mengapa? Karena ketika temanmu tidak merasa malu belum membayar utang kepada kamu, setidaknya dia malu karena ada orang lain yang tahu bahwa ia meminjam uang darimu. Lakukan cara ini bukan untuk mempermalukannya di depan orang banyak ya, lakukanlah secara elegan dengan kalimat yang halus sehingga tidak menyati hatinya.

5. Minta Tolong Sahabat

Kalau kamu merasa tidak enak jika menagih utang ke teman secara langsung, bisa loh melalui seorang perantara. Kamu bisa meminta tolong kepada sahabatmu yang menjadi pihak ketiga tadi untuk berbicara kepada teman yang meminjam uang. Ia bisa bercerita kepada sang teman bahwa kamu benar-benar sedang membutuhkan uang tersebut.

6. Beri Kode

Selayaknya wanita yang suka memberi ‘kode’, cara ini pun bisa kamu lakukan ketika menagih utang ke teman, loh. Jika tidak enak mengatakan langsung, berilah ia kode-kode menarik. Tatap matanya dengan dalam dan mengeluhlah dengan kesedihan yang meyakinkan. Misalnya “Duh, bajuku sobek nih, lusuh banget. Pengin beli baju baru, tapi uangku habis.” Kalau temanmu itu peka, pasti ia langsung sadar dan mengembalikan uang yang ia pinjam. Kalau tidak, ya, kamu harus mencoba cara berikutnya.

7. Hubungi Keluarga Dekatnya

Cara selanjutnya ini sudah masuk ke tahap serius. Jika mulai ada tanda-tanda menjauh dan akan menghilang dari temanmu, langsung saja kamu hubungi keluarga dekatnya yang tinggal satu rumah dengannya. Jangan takut, kamu harus berusaha keras mendapatkanmu kembali. Namun, tetaplah berbicara sopan dengan keluarganya. Jangan sampai kamu dicap sebagai penagih utang yang kejam dan jahat.

8. Datangi Rumahnya

Langkah selanjutnya, datangi ke rumahnya di mana pun ia tinggal. Inilah pentingnya bukti perjanjian dalam utang piutang. Sebab, jika ada permasalahan seperti ini, kamu tidak perlu repot mencari di mana alamat rumahnya. Kalau temanmu tidak ada keinginan untuk membayar, kamu bisa membawa permasalahan ini ke ranah hukum. Dengan syarat, utang teman kamu ada pada nominal yang besar dan butuh pertanggungjawaban. Namun, apabila nominalnya sedikit, kamu harus mengikhlaskannya.

9. Balas Berutang

Sudah segala macam cara dilakukan, mulai dari yang halus sampai yang serius, tapi temanmu masih belum tergerak juga untuk membayar utang? Kamu bisa melakukan cara yang satu ini. Menagih utang ke teman bisa jadi menyenangkan ketika kamu berencana menampilkan diri sebagai sobat misqueen yang tak punya uang banyak. Kini, dekatilah temanmu, lalu bisikkan kalimat ini: “Aku lagi nggak punya uang, nih. Boleh pinjam uangmu dulu, nggak?” Sebutkan nominal uang sebesar yang ia pinjam padamu, kalau kamu tidak tega dan tak enak, sebutkan sebagian saja, dengan konsekuensi kamu harus menagih jumlah separuhnya dari langkah pertama.

10. Share Artikel ini

Kalau kamu udah merasa putus asa untuk menemukan langkah paling mujarab untuk menagih utang ke teman, ikuti saran Seruni yang sederhana: klik share atau reply di media sosialmu. Biarkan si teman dibanjiri notifikasimu kali ini.

Baca Juga: 7 Cara Simpel Terbebas dari Lilitan Utang

Demikian cara ampuh menagih utang ke teman yang bisa kamu praktikan mulai hari ini. Perlu digrais bawahi, cara-cara di atas berlaku untuk nominal yang cukup besar. Lain halnya saat teman kamu berutang saat makan siang, atau saat kamu meminjamkan untuk keperluan transport pulang kerja. Selamat mencoba, semoga berhasil!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.