8 Penyebab Munculnya Kerutan pada Wajah di Usia Muda

8 Penyebab Munculnya Kerutan pada Wajah di Usia Muda

Seruni.id – Munculnya kerutan pada wajah pasti akan terjadi seiring bertambahnya usia. Hal ini tentu akan dialami oleh semua orang. Namun, bagaimana jadinya jika kerutan terjadi pada usia yang masih muda?

8 Penyebab Munculnya Kerutan pada Wajah di Usia Muda

Ini pasti akan menakutkan, karena dengan adanya kerutan seseorang akan tampak lebih tua dari usia yang sebenarnya dan terlihat tak menarik lagi. Apa sih sebenarnya penyebab munculnya kerutan di usia muda?

1. Sering Terkena Paparan Sinar Matahari

Penyebab kulit kendur dan keriput di usia muda bisa terjadi karena terlalu sering terpapar sinar matahari. Diketahui, sinar ultaviolet dapat menembus dan merusak struktur pendukung kulit. Bukan hanya keriput, ada masalah lain yang terjadi karena paparan sinar matahari langsung, yakni kulit menjadi kering dan tanda penuaan lainnya.

Untuk menghindari hal ini, jangan lupa selalu gunakan tabir surya saat akan keluar rumah. Bahkan, tabir surya perlu diaplikasikan meski kamu hanya berada dalam ruangan. Sebab, cahaya matahari memang bisa menembus kaca dalam ruangan, loh.

2. Posisi Tidur yang Salah

Ternyata posisi tidur yang kurang tepat bisa menjadi penyebab wajah keriput, loh. Tidur dengan posisi menyamping memanglah nyaman, tapi hal ini justru dapat merusak kulit. Mengapa demikian? Hal ini karena beban berat badan akan menempel pada pipi, sehingga menyebabkan munculnya kerutan pada wajah.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk mengubah posisi tidur sedemikian rupa, sehingga tidak memengaruhi kulit. Kalau usiamu masih muda, tapi sudah muncul kerutan pada wajah, coba dicek, apakah posisi tidurmu sudah benar?

3. Wajah yang Ekspresif

Tanpa kamu sadari, wajah yang ekspresif seperti mengrenyit, tertawa terbahak-bahak, hingga meringis adalah penyebab munculnya kerutan pada wajah. Meski hal tersebut merupakan bagian dan ekspresi dan kepribadian yang sudah lekat pada seseorang.

Namun, ternyata, gerakan tersebut bisa meninggalkan ‘jejak-‘jejak’ pada wajah seiring bejalannya waktu. Seperti garis senyuman pada sisi mulut, kerutan pada sudut luar mata, atau garis melindang di dahi saat kamu merengut.

4. Tidur Tanpa Menghapus Make Up

Setelah seharian penuh dipadatkan dengan kesibukan, banyak dari kita yang lupa untuk menghapus make up ketika hendak tidur. Jika hal ini sering sekali terjadi, maka jangan heran kalau akan muncul kerutan pada wajah.

Bahkan, yang paling parah wajahmu juga akan muncul jerawat, loh. Untuk menghindari hal ini, Seruni sarankan untuk menghapusnya terlebih dahulu, ya. Bisa dengan tisu basah atau pun menggunakan toner.

5. Stres

Kondisi yang satu ini, bukan hanya berdampak besar pada pikiran kita, tapi juga memengaruhi kulit, sehingga penuaan dini lebih cepat terjadi. Usahakan hindarilah stres dengan cara melakukan latihan santai atau berolahraga ringan.

6. Kebiasaan Makan

Apa yang kita makan sangat berpengaruh pada kulit. Ada beberapa makanan penyebab kulit keriput yang tanpa sadar, sering sekali dikonsumsi. Seperti permen misalnya, kemungkinan ini dapat memengaruhi kulitmu dengan parah. Sebab, terlalu banyak asupan gula hanya akan membuat glycation dalam darah merusak kolagen pembuluh darah.

Selain itu, akan timbul keriput dan garis-garis halus. Jika ingin menghindari masalah ini, cobalah untuk mencampur makananmu dengan minyak zaitun, biji rami, sayuran segar dan buah jeruk serta vitamin C, dna bahan-bahan lain untuk kulit yang lebih baik.

7. Terlalu Banyak Olahraga

Olahraga memang baik untuk kesehatan tubuh, tapi jika dilakukan secara berlebihan juga tidak baik, loh. Olahraga yang terlalu banyak akan merusak sel-sel kulit dan otot-otot yang dapat melonggarkan kulit sehingga menyebabkan keriput dan garis-garis halus. Meski tidak dilarang, tapi akan lebih baik kalau dilakukan dengan porsi yang cukup.

8. Diet yang Tidak Tepat

Sejumlah pakar kesehatan menyebutkan, mereka yang sering melakukan penurunan berat badan tidak teratur selama beberapa tahun dapat memengaruhi kesehatan kuli. Sebab, nantinya kulit akan melebar dan mengecil siring perkembangan berat badan yang naik turun, sehingga akan menyebabkan struktur elastisitas kulit rusak.

Cara Mengurangi Keriput pada Wajah

Berikut beberapa cara agar keriput tidak muncul:

  • Menggunakan tabir surya saat beraktivitas, terutama saat berada di luar rumah
  • ¬†Hindari paparan sinar matahari dan polusi terlalu sering
  • Melakukan olahraga yang teratur
  • Memulai gaya hidup sehat
  • Hindari stres

Baca Juga: 6 Cara Mengencangkan Kulit Wajah Secara Alami

Jika ingin mendapatkan kulit sehat, tak ada salahnya untuk melakuakn beragam upaca pencegahan seperti yang telah Seruni sebutkan. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kalian dalam menambah ilmu dan informasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.