5 Pertimbangan Penting Bagi Wanita Sebelum Mengorbankan Karier Demi Pernikahan

  • Bagikan
5 Pertimbangan Penting Bagi Wanita Sebelum Mengorbankan Karier Demi Pernikahan
tuw.edu

Seruni.id – Sering kali wanita memilih untuk mengorbankan karier demi pernikahan. Tak ada yang salah dengan hal ini. Sebab, wanita memang memiliki hak untuk memilih. Entah karena ingin fokus membangun rumah tangga dan berbakti kepada suami atau karena sudah lelah bekerja.

5 Pertimbangan Penting Bagi Wanita Sebelum Mengorbankan Karier Demi Pernikahan
deantsourakis.com

Namun, tak jarang, ada rasa sesal ketika mereka telah melepaskan kariernya. Ingin kembali, tapi terhalang restu dari suami. Nah, buat kamu yang ingin menikah dan ingin melepaskan karier tanpa penyesalan, sebaiknya hal tersebut dipertimbangan secara matang, ya. Adapun hal yang mesti kamu pertimbangkan adalah sebagai berikut:

 

1. Pencapaian Kerja

Selama berkarier pencapaian apa saja yang sudah kamu raih? Harus kamu tahu nih, bahwa pencapaian tersebut bisa menjadi fondasi percaya diri dan ketangguhanmu sebagai wanita di dunia profesional. Bahkan, untuk meraihnya pun membutuhkan proses dan perjuangan yang panjang. Jadi, semestinya hal ini bisa dikomunikasikan bersama suami jika kamu ingin tetap bekerja.

 

2. Kemandirian Finsnsial Pribadi

Kemandirian finansial sepertinya harus dimiliki oleh perempuan masa kini. Karena mendapatkan uang dari hasil jerih payah sendiri, mampu menunjukkan pencapaianmu, menjadi bentuk perkembangan diri, dan juga meningkatkan tingkat percaya diri sebagai perempuan. Namun, kemadirian finansial ini, bukan berarti kamu bisa merendahkan pasanganmu, ya.

 

3. Minta Bantuan Konselor

Sebelum mengorbankan karier demi pernikahan, sebaiknya lakukanlah konseling untuk berlatih mengutarakan pendapat dan menunjukkan ketegasan tentang keinginanmu. Dengan begitu, akan mempermudahmu untuk mengomunikasikan keinginan diri, sehingga pilihanmu dapat diterima dan dipahami dengan baik oleh calon suami. Begitupun ketika kamu harus melihat sendiri bahwa jika calon suamimu memang orang baik dan tulus padamu, selayaknya dia mau mendengarkan keinginanmu untuk tetap bekerja.

 

4. Risiko dari Kemungkinan Terburuk

Meskipun tidak ada yang menginginkan kejadian ini, tapi kamu perlu mempertimbangkan hal-hal di luar kendali yang bisa menyebabkan kondisi keuangan memburuk. Seperti, suami terkena PHK. Jika kamu bekerja dan memiliki penghasilan, tentu kekhawatiran akan hal ini bisa diminimalisir.

 

5. Mencontohkan Kemandirian pada Anak Nantinya

Sebagaimana yang dibutuhkan seorang ibu cerdas untuk mendidik anak-anaknya kelak, kemampuan ibu dalam pekerjaan profesionalnya, juga bisa menjadi inspirasi anak-anak bahwa perempuan bisa melaksanakan tugas sebagai ibu rumah tangga dan perempuan karier secara bersamaan. Ini merupakan salah satu bentuk aktualisasi yang berhak kamu tunjukkan, setidaknya pada anak-anakmu kelak.

Baca Juga: Ini Alasan Wanita Bahagia Memiliki Penghasilan Sendiri Setelah Menikah

Jadi, itulah hal yang perlu dipertimbangkan sebelum mengorbankan karier demi pernikahan. Semoga aritkel ini dapat membantumu, ya.

  • Bagikan