10 Daftar Film Horor Indonesia yang Diangkat dari Kisah Nyata

  • Bagikan
10 Daftar Film Horor Indonesia yang Diangkat dari Kisah Nyata
beritadiy.pikiran-rakyat.com

Seruni.id – Walaupun menegangkan, ternyata film horor Indonesia sering kali diburu oleh para penikmatnya. Apalagi, jika film tersebut diadopsi dari kisah nyata. Tentunya akan membuat kita penasaran dan ingin segera menyaksikannya. Sebagai rekomendasi tontonan, berikut Seruni telah merangkum beberapa film horor Indonesia yang diangkat dari kisah nyata.

1. Hantu Jeruk Purut (2006)

10 Daftar Film Horor Indonesia yang Diangkat dari Kisah Nyata

Hantu Jeruk Purut, adalah salah satu film horor Indonesia yang diangkat dari kisah nyata. Film yang berlatar di tempat pemakaman umum (TPU) ini cukup populer, karena banyak yang percaya bahwa di sana ada sosok pastor tanpa kepala yang kerap menghantui. Konon, pastor tersebut tewas mengenaskan dengan cara dipenggal ketika berupaya menolong seorang perempuan yang menjadi korban pemerkosaan. Karena ceritanya begitu tersohor, maka kisah tersebut pun diangkat menjadi sebuah film yang digarap oleh sutradara Koya Pagayo. Film yang rilis pada tahun 2006 ini, menceritakan tentang sekelompok pemuda mbuk melihat penampakan hantu tanpa kepala.

 

2. Rumah Pondok Indah (2006)

10 Daftar Film Horor Indonesia yang Diangkat dari Kisah Nyata

Film horor Indonesia ini, terinspirasi dari rumah angker dan seram yang berada di kawasan Pondok Indah. Tak sedikit warga yang mengatakan, jika penjual nasi goreng yang mangkal di sekitar rumah tersebut tiba-tiba saja menghilang tanpa jejak. ‘Pondok Indah’ mengisahkan tentang mengalaman sebuah keluarga yang kerap dihantui oleh makhluk halus. Dalam waktu 24 jam, seluruh keluarga ini tewas tanpa tau penyebabnya. Peristiwa itu terus berulang meski pemilik rumah sudah berganti kepemilikan.

 

3. Terowongan Casablanca (2007)

10 Daftar Film Horor Indonesia yang Diangkat dari Kisah Nyata
i.ytimg.com

Film garapan Nanang Istiabudi ini, mengisahkan tentang sekelompok pemuda yang tengah mabuk dan melihat hantu kuntilanak, sehingga menyebabkan mereka kecelakaan di terowongan itu. Kemudian, Astari (Asha Sara) remaja SMA yang hamil di luar nikah tewas dibunuh kekasihnya di terowongan Casablanca demi menutup aibnya. Menurut cerita warga sekitar, terowongan tersebut dibangun di atas tanah kuburan massal. Bahkan, diduga masih ada jasad untuh yang belum sempat dipindah tempat hingga gentayangan.

 

4. Rumah Kentang (2012)

10 Daftar Film Horor Indonesia yang Diangkat dari Kisah Nyata
literasinews.pikiran-rakyat.com

Rumah Kentang ternyata merupakan salah satu film horor Indonesia yang diangkat dari kisah nyata yang terjadi di sebuah rumah kasawan Dharmawangsa. Lokasi ini, juga dijadikan sebagai tempat syuting film tersebut. Berdasarkan kesaksian warga setempat, pernah terjadi tragedi memilukan di sana. Di mana terdapat anak kecil yang terjatuh ke dalam sebuah kuali yang sedang digunakan untuk merebus kentang. Sejak saat itu, sering kali tercium aroma kentang dan sering pula terdengar tangisan anak kecil.

 

5. KM 97 (2013)

10 Daftar Film Horor Indonesia yang Diangkat dari Kisah Nyata
beritasatu.com

Film horor Indonesia selanjutnya ada KM 97. Konon, film ini tersinpirasi dari kaisah misterius seorang anak di KM 97 Tol Cipularang, jalan yang menghubungkan Bandung dan Jakarta. Berdasarkan cerita yang beredar, ada sebuah keluarga yang tengah berhenti di kilometer 97. Namun, mereka tak menyadari bahwa anak kecil yang ikut di dalam mobil ternyata bukanlah anak mereka, melainkan arwah anak lain yang menyamar. Hal tersebut pun sukses menimbulkan suasana seram dan mencekam.

 

6. Keluarga Tak Kasat Mata (2017)

10 Daftar Film Horor Indonesia yang Diangkat dari Kisah Nyata
imdb.com

Rekomendasi film horor Indoesia dari kisah nyata berikutnya adalah Keluarga Tak Kasat Mata arahan sutradara Hedy Siryawan. Awal ceritanya mengikuti kisah Genta (Deva Mahendra) yang bekerja di sebuah perusahaan iklan, Yogyakarta. Pasca kantornya pindah tempat, kemudian mulailah kejadian-kejadian aneh menghantuinya. Selain Genta, karyawan lain ada yang menjadi saksi atas peristiwa horor ini. Bahkan, sebelum diangkat menjadi film pun, tim produksi sempat meminta izin terlebih dahulu ke makhluk tak kasat mata itu.

 

7. Danur (2017)

10 Daftar Film Horor Indonesia yang Diangkat dari Kisah Nyata
kompas.com

Danur menjadi salah satu film horor Indonesia terlaris pada tahun 2017. Film garapan Awi Suryadi ini, diadopsi dari kisah nyata yang dialami oleh Risa Saraswati, seorang penyanyi sekaligus penulis. Memuat kisah pertemuan seorang perempuan indigo bernama Risa Saraswati (Prilly Latuconsina) dengan tiga sahabat hantunya, bernama Peter, Willian, dan Jensen.

Suatu ketika, ada sebuah momen di mana mama Risa melihat jika sang anak sedang berbicara seorang diri. Ia pun bertanya kepada Risa dengan siapa dia bercerita. Risa mengatakan, bahwa ia berbicara dengan teman-temannya. Karena khawatir, sang mama pun memutuskan untuk memanggil paranornal dan membuka mata batin Risa. Dari sini, Risa akhirnya menyadari bahwa anak-anak yang kerap diajak berbicara adalah hantu dengan penampilan yang menyeramkan.

 

8. Gasing Tengkorak (2017)

10 Daftar Film Horor Indonesia yang Diangkat dari Kisah Nyata
imdb.com

Disutradarai oleh Jose Poernomo, film horor Indonesia berjudul Gasing Tengkorak ini diadaptasi dari kisah nyata permainan tradisional asal Minangkabau, yang dijadikan media teror untuk membuat seseorang celaka. Suatu hari, seorang aktris ternama yaitu Veronica (Nikita Willy) tinggal di desa terpencil untuk mencari ketenangan dari rutinitasnya sehari-hari. Di rumha tersebut, ia menemukan mainan gasing. Namun, siapa sangka, ternyata gasing tersebut justru membawa malapetaka dan menagncam jiwanya sebagai tumbal.

 

9. Mata Batin (2017)

10 Daftar Film Horor Indonesia yang Diangkat dari Kisah Nyata
dafunda.com

Teror dari makhluk halus seperti di film ‘Mata Batin’ pernah dialami dua saudara perempuan di kehidupan nyata. Film ini pernah menduduki peringkat ke-8 sebagai film Indonesia terlaris di tahun 2017. Mengisahkan tentang kejadian mistis yang dialami dua bersaudara bernama Alia (Jessica Mila) dan Abel (Bianca Hello). Di mana, mereka pindah ke sebuah rumah tempat meraka tinggal semasa kecil. Rumah tersebut cukup jauh dari perkotaan. Abel sering bersikap aneh dan ketakutan, ia tidak menyukai rumah itu karena menyadari adanya ‘sosok lain’ di dalam rumah.

 

10. KKN di Desa Penari (2022)

10 Daftar Film Horor Indonesia yang Diangkat dari Kisah Nyata
beritadiy.pikiran-rakyat.com

Terbaru, ada KKN di Desa Penari, film horor Indonesia yang juga diangkat dari kisah nyata. Film ini sempat tertunda perilisannya karena Pandemi Covid-19. Hingga diangkat menjadi sebuah film, kisah ini pertama kali beredar dari sebuah utasan di Twitter pada tahun 2019. Disutradarai oleh Awi Suryadi, film ini bercerita tentang pengalaman sekelompok mahasiswa yang melaksanakan KKN (Kuliah Kerja Nyata) di daerah Jawa Timur. Mereka mengalami berbagai kejadian mistis selama menjalani kegiatan KKN. Film ‘KKN Desa Penari’ telah tayang di bioskop sejak 30 April 2022 dan dibintangi Tissa Biani (Nur), Adinda Thomas (Widya), dan Fajar Nugraha (Wahyu).

Baca Juga: 10 Tempat Wisata yang Terkenal Horor di Pulau Jawa, Berani Coba?

Itulah 10 film horor Indonesia yang diangkat dari kisah nyata. Kamu sudah pernah menontonnya?

  • Bagikan