7 Manfaat Kunyit Putih yang Jarang Diketahui

7 Manfaat Kunyit Putih yang Jarang Diketahui
halodoc.com

Seruni.id – Kunyit adalah jenis rempah yang sudah dikenal sejak lama. Rempah dengan warna oranye ini, memiliki manfaat yang sangat banyak. Begitupun dengan kunyit putih.

7 Manfaat Kunyit Putih yang Jarang Diketahui
bobobox,co.id

Rempah dengan nama latin Curcuma zedoaria ini, merupakan tanaman asli India dan Indonesia. Namun, masyarakat di Eropa turut membudidayakannya. Bentuk kunyit putih, sama seperti kunyit pada umumnya, yang membedakan hanya dari segi warnanya saja, kok.

Selain itu, kunyit ini juga memiliki berbagai zat gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Seperti tianin, pati, curcumin, saponin, resin, flavonoid, hingga protein khusus yang memiliki kemampuan untuk mencegah pertumbuhan sel kanker. Nah, untuk lebih lengkapnya, simak saja ulasannya berikut ini.

1. Meredakan Peradangan dan Nyeri Sendi

Anti-inflamasi yang terkandung dalam kunyit putih, ternyata dapat membantu mengobati peradangan, luka, dan berbagai penyakit kulit lainnya. Sifat diuretik di dalamnya pun dapat membantu keluarnya zat beracun dari dalam tubuh, terutama zat beracun pada persendian. Bukan hanya itu saja, jika kamu mengonsumsinya dengan tepat, dapat mengurangi suhu tubuh ketika mengalami demam dengan mematikan mikroba infeksius dan meningkatkan produksi keringat.

2. Obat Alergi Alami

Sering merasakan alergi pada kulit? Hal ini tentunya sangat menganggu sekali. Tapi tenang saja, ada berbagai cara yang bisa kamu gunakan untuk mengobatinya, loh. Salah satunya dengan memanfaatkan kunyit putih. Senyawa curcuminoids yang terkandung di dalamnya bermanfaat sebagai antialergi dan terbukti efektif. Sebagai obat antialergi, kunyit putih bekera layaknya antihistamin yang berperan untuk menghambat aktivitas protein penyebab peradangan dan mencegah pelepasan histamin, yakni zat kimia yang memicu reaksi alergi.

3. Anti-kanker

Manfaat selanjutnya, kunyit putih dipercaya dapat menghambat pertumbuhan sel kanker atau penyebaran kanker dari satu organ ke oragan lainnya. Antioksidan yang terkandung di dalamnya pun bisa mengurangi dampak radikal bebas tertentu. Meski demikian, efektivitasnya masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

4. Mengatasi Masalah Pencernaan

Bagi kamu yang memiliki masalah pada pencernaan, kamu bisa memanfaatkan kunyit putih untuk mengatasinya. Hal ini sudah terbukti sejak ribuan tahun lalu, dalam dunia pengobatan tradisional. Kefektivitasnya dalam mengatasi masalah pencernaan sudah tidak perlu diragukan lagi. Apalagi saat ini sudah ada produk dalam bentuk minyak essensial, dimana minyak tersebut dapat kamu gunakan untuk mengobati berbagai masalah, seperti sakit maag, perut kembung, sembelit, kolik, kejang otot, dan masalah lainnya.

5. Sebagai Antimikroba dan Antijamur

Ekstrak kunyit putih bisa kamu manfaatkan sebagai antimikroba dan antijamur yang cukup ampuh. Serta dapat melawan berbagai bakteri yang akan menjadi sumber penyakit. Jika kamu rutin mengonsumsinya, dan pengolahannya benar, maka kunyit tersebut dapat mengatasi berbagaan masalah pencernaan sebagaimana yang telah disebutkan diatas. Contohnya seperti diare, keracunan makanan, sepsis hingga melawan infeksi jamur. Bahkan kunyit putih bisa dijadikan sebagai obat kumur yang ampuh mengurangi bakteri jahat di dalam mulut.

6. Penghilang Rasa Sakit

Di dalam kunyit ada kandungan senyawa yang bernama Curcumenol. Kandungan tersebut diyakini dapat mengurangi rasa sakit, bahkan lebih baik dari aspirin. Sebagai ramuan alami penghilang rasa sakit, maka rempah asli dari Indonesia ini sangat bermanfaat sekali sebagai obat penyakit radang usus. Selain itu, saat kunyit putih yang digunakan sebagai terapi jangka pendek dapat berperan sebagai penekan peradangan, sehingga tak ada lagi penyempitan saluran udara.

7. Membuat Wajah Lebih Cerah dan Sehat

Siapa sih yang tidak ingin memiliki wajah cerah dan sehat? Tentu kamu juga mau dong? Jika kulit wajahmu tampak kusam dan ingin mencerahkannya, kamu bisa memanfaatkan kunyit sebagai masker. Perlu diketahui, bahwa kandungan nutrisi dan vitamin serta pati di dalamnya sangat baik untuk tubuh. Sehingga membuat kulit wajah menjadi lebih cerah dan sehat. Demi mendapatkan hasil yang memuaskan, sebaiknya aplikasikan masker secara rutin. Setidaknya 1 hingga 2 kali dalam seminggu.

Baca Juga: 7 Rempah Tradisional untuk Menjaga Sisitem Imun Tubuh

Itulah beberapa manfaat dari kunyit putih untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa digunakan sebagai salah satu bahan alami yang dapat dipergunakan dengan bagi untuk kesehatan keluarga.

1 KOMENTAR

  1. SAYA MENCOBA JUICE KUNYIT PUTIH + JUICE JAHE MERAH + JUICE TEMULAWAK, KEMUDIAN HASIL JUICE NYA SAYA REBUS SAMPAI MENDIDIH TAPI SETELAH SAYA DINGINKAN KOQ MENJADI KENTAL YA
    MUNGKIN ADA CARA LAIN? TAPI SETELAH SAYA CAMPUR DENGAN MADU JADI AGAK CAIR
    TERIMA KASIH

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.