Baterai Ponsel Tidak Terisi Penuh? Ini Cara Mengatasinya!

Baterai Ponsel Tidak Terisi Penuh? Ini Cara Mengatasinya!
cnnindonesia.com

Seruni.id – Siapa sih yang tidak jengkel ketika mengetahui baterai ponsel tidak terisi penuh, padahal sudah dicharger selama berjam-jam. Bukan saja menjengkelkan, hal ini juga cukup menganggu. Mungkin kita akan langsung mengasumsikan, bahwa baterai mengalami kerusakan sehingga harus segera diganti.

Baterai Ponsel Tidak Terisi Penuh? Ini Cara Mengatasinya!
cnnindonesia.com

Jika ini terjadi padamu, jangan terburu-buru menggantinya, ya. Sebab, bisa saja ini dikarenakan ada masalah sepele yang sebenarnya masih bisa diatasi. Sebelum memutuskan utnuk mengganti baterai, ada baiknya kita perhatikan beberapa tips atau langkah yang bisa dilakukan berikut ini.

1. Gunakan Charger yang Sesuai dengan Merek Ponselmu

Biasanya penyebab hp dicas tapi tidak mengisi adalah karena charger yang digunakan tidak sesuai dengan merek ponsel yang kamu miliki. Sudah seharusnya sebuah ponsel menggunakan charge yang orisinil atau sesuai dengan tipenya. Karena jika asal menggunakan charger, hal ini dapat memperpenduk usia baterai akibat tidak sesuai arus listrik. Jadi, pastikan kamu menggunakan yang sesuai, ya. Agar hal ini tidak terjadi.

2. Gunakan Stop Kontak yang Benar

Jika kamu sudah menggunakan charger yang sesuai dengan tipe ponselmu, namun baterai tetap tidak mengisi, maka kamu harus mengecek stop kontak yang digunakan. Pastikan kabel penghubung tidak mengalami masalah.

3. Isi Daya pada Suhu Ruangan

Selain itu, pastikan suhu di lingkunganmu tidak terlalu tinggi atau rendah. Karena apabila suhu terlalu tinggi atau renah, maka ini akan membuat pelindung perangkat pelambatkan pengisian daya. Adapaun cara mengatasi pengisian baterai hp yang lama, sebaiknya isilah daya ponsel pada suhu ruangan.

4. Hubungkan Kabel USB dengan Benar

Jika baterai ponsel tidak terisi penuh, coba periksa kembali apakah kamu sudah menghubungkan kabel USB dengan benar atau belum. Karena penyebab baterai yang lama penuhnya, mungkin saja saja dikarenakan port USB yang kamu miliki sudah rusak akibat kamu salah menghubungkannya. Jadi, usahakan kabel charger jangan sampai bengkok. Selain itu, pastikan port pada smartphone dan kabel USB dalam keadaan bersih atau bebas debu.

5. Charging di Tempat yang Sesuai

Sebelum kamu mengisi daya baterai, pastikan sumber listrik yang akan digunakan mengalirkan listrik sesuai dengan kebutuhan kapasitas ponselmu. Sebagian dari kita mungkin pernah mengisi daya melalui laptop. Perlu diketahui, bahwa arus listrik yang dihasilkan dari port USB pada laptop hanya sekitar 0.5 sedangkan arus listik yang dihasilkan oleh charger USB smartphone sekitar 0.8-2A. Artinya ada ketidaksesuaian antara arus listrik yang diterima dengan yang dibutuhkan oleh baterai.

6. Biarkan Posel Istirahat Saat Isi Daya

Cara mengatasi baterai hp tidak terisi penuh berikutnya adalah dengan mengistirahatkannya sejenak. Karena jika handphone terus dimainkan selama diisi daya, hanya akan memperlambat pengisian. Perlu kamu ketahui bahwa beberapa aplikasi yang berjalan sekaligus atau tersambung ke perangkat lain membuat penggunaan daya lebih besar daripada daya yang sedang diisikan, sehingga pengisian daya baterai tidak maksimal.

7. Factory Reset

Factory reset kerap dijadikan sebagai andalan saat smartphone bermasalah seperti hang atau error. Bagi yang belum tahu apa itu factory reset, yaitu mengembalikan settingan smartphone ke settingan awal atau pengaturan pabrik. Namun, sebelum melakukan ini, sebaiknya backup data terlebih dahulu agar data milikmu tidak terhapus. Bisa saja terdapat error atau kesalahan pada indikator baterai smartphone-mu. Salah satu cara untuk menanganinya adalah dengan melakukan factory reset. Cara ini tentu aman jika kamu lakukan.

8. Ganti Baterai

Jika semua sudah kamu lakukukan, namun baterai smartphone masih saja tidak terisi penuh, itu pertanda sudah saatnya untuk mengganti baterai. Baterai ponsel diklaim tidak dapat bertahan lama, semakin sering kita menggunakan ponsel dan mengisi daya yang berlebih, baterai akan cepat rusak.

Baca Juga: 6 Tanda Kamu Sudah Ketergantungan dengan Smartphone

Itulah beberapa cara mengatasi baterai HP yang tidak bisa penuh. Semoga ini dapat membantu dan menyelesaikan permasalahanmu. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.