8 Alternatif Kantong Belanja yang Ramah Lingkungan

8 Alternatif Kantong Belanja yang Ramah Lingkungan
solusiprinting.com

Seruni.id – Sudahkah kamu mengurangi penggunaan kantong plastik dan menggantinya dengan kantong belanja yang ramah lingkungan? Jika belum, yuk mulai sekarang segera dikurangi. Sebab, banyak sekali bahaya yang mengintai setiap harinya.

Plastik menjadi salah satu penyebab terbesar kerusakan lingkungan, apalagi Indonesia menjadi salah satu penyumbang sampah plastik kedua di dunia. Kita tidak boleh tutup mata soal ini.

Sudah saatnya kita melakukan aksi akan dampak bahayanya yang semakin nyata. Bagi kalian yang masih bingung dalam memilih kantong belanja yang ramah lingkungan dan cocok digunakan, berikut ini Seruni akan merekomendasikan 8 alternatif tas pengganti kantong plastik untuk belanja sehari-hari.

1. Paper Bag

8 Alternatif Kantong Belanja yang Ramah Lingkungan
tirto.id

Paper bag bisa menjadi salah satu alternatif kantong belanja yang bisa kamu gunakan. Paper bag sendiri terbilang lebih ramah dari tas plastik, karena bisa dijadikan kompos. Meski masa pakainya tidak terlalu lama, tapi setidaknya masih bisa digunakan beberapa kali. Selain itu, pilihlah paper bag yang terbuat dari bahan yang bisa didaur ulang, ya.

2. Tas Karung Goni

8 Alternatif Kantong Belanja yang Ramah Lingkungan
popmama.com

Berbeda dengan paper bag, tas dari karung goni ini memiliki masa pakai yang lebih lama. Karena kantong yang satu ini terbuat dari serat nabai yang alami. Terlebih, rami yang digunakan pun berasal dari tanaman yang dapat menyerap karbon dan yang tak kalah pentingnya lagi, bahan ini merupakan sumber daya yang terbarukan. Karena terbuat dari bahan alami, tas karung goni ketika tak bisa lagi digunakan bisa dimasukkan dalam kompos hingga terurai. Atau kamu bisa mendaur ulang menjadi bahan tekstil.

3. Tas Parasut

8 Alternatif Kantong Belanja yang Ramah Lingkungan
tokopedia.com

Kalau kamu ingin memiliki kantong belanja yang ramah lingkungan dan tahan air, pilihannya adalah tas parasut. Tas yang satu ini memang terkenal dengan kelebihannya, bukan hanya tahan air saja, namun juga kuat menahan belanjaan dengan jumlah yang cukup banyak. Selain itu tas parasut juga bisa digunakan berkali-kali dan dicuci, loh.

4. Plastik Susu Sapi

8 Alternatif Kantong Belanja yang Ramah Lingkungan
id.aliexpres.com

Siapa sangka, kantong belanja yang ramah lingkungan ternyata bisa dibuat dari bahan minuman, loh. Salah satunya plastic susu sapi yang satu ini. Daripada kamu terus menerus menggunakan plastik yang akan merusak lingkungan, lebih baik ganti dengan kantong yang satu ini.

5. Tas Hijau Polypropylene

8 Alternatif Kantong Belanja yang Ramah Lingkungan
today.line.me

Alternatif kantong belanja yang berikut ini terbuat dari bahan polupropylene, yaitu produk dari hasil penyulingan minyak. Banyak yang mengira bahwa tas yang satu ini rapuh, padahal sangat awet sekali, kamu bisa menggunakannya selama dua tahuh. Ketika sudah mulai menunjukkan kerusakan, tas ini dapat dibuang dengan sampah lainnya untuk di daur ulang.

6. Tas Ransel

8 Alternatif Kantong Belanja yang Ramah Lingkungan
bp-guide.id

Kalau kamu ingin membeli barang dengan jumlah yang banyak, kamu bisa loh menggunakan tas ransel. Apalagi, tas ransel memiliki banyak tempat dan pratisi dimana kamu bisa mengatur semua barang belanjaan di dalam satu tas. Ini juga berguna jika kamu ingin travelling sehingga tidak membawa banyak tas.

7. Tas Gantungan Kunci

8 Alternatif Kantong Belanja yang Ramah Lingkungan
tokpedia.com

Meski tampak sederhana, namun kamu akan terbiasa ketika sudah sering menggunakannya. Jika kamu lupa membawa tas belanja, gunakan opsi untuk membeli tas gantungan kunci. Tas gantungan kunci ini memiliki bahan yang tipis, sehingga dapat mudah dilipat. Kamu dapat menggantungkan tas ini di kunci rumah dan juga kunci kendaraan, sehingga memiliki cadangan jika lupa membawa tas belanja.

8. Tas dari Daur Ulang Kaus

8 Alternatif Kantong Belanja yang Ramah Lingkungan
hipwee.com

Kalau kamu memiliki banyak kaus yang tidak terpakai, kamu bisa memanfaatnnya untuk dijadikan sebagai kantong belanja ramah lingkungan. Cara membuatnya pun cukup mudah, cari kaus yang sudah tidak digunakan. Jika kausnya tanpa lengan, balik bagian dalam kaus dan jahit bagian bawahnya. Balik bagian dalam kaus dan selesai. Namun, jika kaus tersebut berlengan, gulung bagian lengan ke bagian dalam terlebih dulu kemudian baru dijahit agar gulungan terlihat lebih rapi. Sama seperti kaus tanpa lengan, balik bagian dalam kaus dan jahit bagian bawahnya. Lalu balik bagian dalam kaus. Mudah bukan?

Baca Juga: 5 Inovasi Dalam Mengurangi Sampah Plastik Di Dunia

Agar bisa mengurangi penggunaan kantong plastik, pastikan kamu sudah membuat cacatatan seperti pengingat untuk membawa tas belanja. Jangan lupa, mulai biasakan untuk mulai mengatakan “tidak perlu pakai plastik, terima kasih” ketika kamu berbelanja di toko.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.