Kurangi Sampah Plastik dengan Cara ini!

lifestyle.okezone.com

Seruni.id – Hampir setiap hari kita pasti bersinggungan dengan plastik, mulai dari botol plastik, kantong plastik, sedotan, makanan/minuman kemasan ataupun barang-barang yang ada disekitar kita yang berbahan dasar plastik. Plastik memang telah menjadi komponen penting dalam kehidupan modern manusia. Namun, peningkatan penggunaan plastik cukup sulit kita batasi. Diperlukan upaya untuk menghindari tumpukan sampah plastik yang semakin menggunung. Bagaimana caranya? Berikut langkah yang bisa kita lakukan:

Membawa Tas Belanja Sendiri

Gambar terkait
campaign.com

 

Salah satu tindakan untuk mengurangi sampah plastik adalah dengan membawa 1 totebag atau ecobag yang bisa dibawa kemana-mana. Terutama jika kamu ingin berbelanja. Dengan cara ini, maka tidak akan ada lagi tumpukan plastik menumpuk di rumah dan dibuang begitu saja karena tidak terpakai. Kelebihan tas belanja berbahan kain ini, bisa digunakan berkali-kali, tanpa harus menggantinya.

Hindari Penggunaan Sedotan

Hasil gambar untuk Hindari Penggunaan Sedotan
lifestyle.okezone.com

Untuk mengurangi sampah plastik, salah satunya dengan mengganti sedotan plastik menggunakan sedotan berbahan alumunium. Karena sedotan alumunium lebih efektif, aman, serta bisa digunakan berkali-kali. Saat ini banyak restoran, terutama restoran cepat saji atau kedai minuman yang tidak menyediakan sedotan. Mereka melayani pembelian minuman yang dituang ke botol minum sendiri karena kebijakan dan peraturan perusahaan.

Jangan Lupa Membawa Botol Minuman Sendiri

Hasil gambar untuk Jangan Lupa Membawa Botol Minuman Sendiri
blog.airyromms.com

Saat makan siang di luar rumah, biasanya air minum dalam kemasan merupakan hal wajib untuk melengkapi makan siang. Namun, bayangkan jika setiap hari kita harus membeli air minuman kemasan, berapa banyak botol yang kita buang? Mulai sekarang, cobalah untuk membiasakan membawa botol minum sendiri, terlebih saat ini di setiap kantor ataupun kampus sudah menyiapkan air galon gratis, selain lebih hemat, membawa botol minum sendiri tentu akan memudahkan dalam berbagai aktivitas.

Belajar Cara Mendaur Ulang Sampah Plastik

Hasil gambar untuk Belajar Cara Mendaur Ulang Sampah Plastik
amaliazatiatsari.blogspot.com

Kurangi sampah plastik dengan cara mendaur ulang agar menjadi lebih bermanfaat. Tidak hanya bisa mengurangi volume sampah plastik di lingkungan tempat tinggal. Tapi, juga bisa dijadian sebagai lahan bisnis baru. Saat ini, banyak produk barang pakai seperti tas bahkan keranjang pakaian yang dibuat dari sampah plastik. Lumayan, kan? Kamu bukan hanya menjaga lingkungan tapi juga menjaga dompet agar tetap penuh.

Lingkungan yang kurang bersih, akan menyebabkan banjir dan berbagai penyakit lainnya. Hal ini bukan karena kesalahan individu ataupun pemerintah. Tapi, kita semualah yang lalai menjaganya. Jika ingin lingkungan bersih, mulailah menjadi pribadi yang bersih terlebih dahulu. Belajar cintai lingkungan dan hindari aktivias-aktivitas yang bisa merusak lingkungan, seperti membuang sampah sembarangan dan mengurangi penggunaan produk dengan bahan plastik.

Berikan Dukungan Kepada Kami Dengan Memberikan Rating

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.