8 Cara Menghilangkan Mata Ikan dengan Bahan Alami

8 Cara Menghilangkan Mata Ikan dengan Bahan Alami

Seruni.id – Ada banyak cara menghilangkan mata ikan yang bisa dilakukan tanpa proses operasi, loh. Yaitu hanya dengan menggunakan bahan-bahan alami saja.

8 Cara Menghilangkan Mata Ikan dengan Bahan Alami

Mata ikan sendiri merupakan salah satu penyakit kulit dengan bentuk yang kecil, tapi sangat menganggu sekali. Biasanya kondisi ini terjadi pada bagian kaki, telapak tangan, hingga ke jari-jari tangan. Masalah yang sering disepelekan ini, ternyata bisa menular, loh. Bisa menular pada orang lain atau menyebar ke area tubuh lainnya. Pada umumnya, mata ikan di kaki lebih sering terjadi dibandingkan pada bagian tubuh lain seperti di tangan atau jari jemari.

Penyakit ini dibagi menjadi beberapa tingkatan. Mulai dari yang ringan hingga keras, tergantung dari gejala yang timbul. Nah, seringkali kita bingung, apakah mata ikan berbahaya, dan apa obatnya. Bahkan, banyak orang memutuskan untuk memilih melakukan tindakan operasi mata ikan. Padahal, mata ikan sendiri bisa diobati dengan cara-cara yang alami, murah, mudah, dan tentunya nggak ribet. Berikut ini adalah beberapa cara mengobati mata ikan dengan bahan alami.

1. Bawang Putih

8 Cara Menghilangkan Mata Ikan dengan Bahan Alami

Cara menghilangkan mata ikan dengan bawang putih adalah solusi yang terbaik. Karena bawang putih dipercaya dapat menyebabkan pembuangan efektif terhadap jaringan mata ikan dari kulit dan tubuh. Caranya, dengan menggosokkan bawang putih yang sudah kamu potong pada kulit selama kurang lebih satu menit. Biarkan selama satu menit, kemudian barulah bilas dengan air bersih.

2. Cuka Apel dan Batu Halus

8 Cara Menghilangkan Mata Ikan dengan Bahan Alami

Siapa sangka kalau cuka apel menjadi salah satu obat mata ikan alami paling ampuh. Apalagi, cara menghilangkan mata ikan dengan bahan alami yang satu ini pun cukup mudah dan tak perlu banyak biaya. Yaitu cukup dengan merendam kaki yang terdapat mata ikan pada cairan berisi cuka apel tersebut selama kurang lebih 15-25 menit. Setelah itu, gosok bagian mata ikan menggunakan batu halus. Jika sudah, balut kakimu dengan perban yang telah dibasahi dengan cuka apel. Lakukan cara ini selama kurang lebih satu minggu, hingga mata ikan benar-benar menghilang.

3. Pepaya

8 Cara Menghilangkan Mata Ikan dengan Bahan Alami

Buah yang satu ini ternyata bisa kamu jadikan sebagai obat mata ikan di kaki paling ampuh. Hal ini karena kandungan enzim papain di dalamnya memiliki khasiat untuk menghilangkan kulit mati. Cara menghilangkan mata ikan dengan pepaya ini sangat mudah, cukup oleskan setengah sendok teh pepaya yang sudah dihancurkan dengan kapas dan biarkan semalaman. Kemudian, bilas dengan air bersih pada keesokan harinya. Lakukan secara rutin tiap malam sampai mata ikan benar-benar menghilang.

4. Lemon atau Jeruk Nipis

8 Cara Menghilangkan Mata Ikan dengan Bahan Alami

Cara menghilangkan mata ikan berikutnya bisa dengan memanfaatkan buah lemon atau jeruk nipis. Tak berbeda jauh dengan cuka apel, kedua bahan alami ini memiliki kegunaan untuk melembutkan bagian yang terkena maa ikan. Caranya, ambil air perasan lemon dan jeruk nipis, kemudian gunakan untuk mengompres dan oleskan secara rutin pada bagian yang terdampak. Jangan lupa juga untuk menggosoknya dengan batu apung halus setelah diolesi dengan air lemon atau jeruk nipis. Lakukan cara ini secara berkala untuk memperoleh hasil maksimal.

5. Baking Soda

8 Cara Menghilangkan Mata Ikan dengan Bahan Alami

Bahan alami ini memang sangat terkenal dengan segudang manfaatnya, salah satunya untuk menghilangkan mata ikan. Untuk menggunakannya, campurkan baking soda dengan air hingga menjadi pasta dan tabahkan perasan jeruk nipis. Kemudian oleskan campuran tersebut pada kulit yang terkena mata ikan dan biarkan semalaman. Selain mengelupas sel-sel kulit mati di area mata ikan, bahan tersebut juga dapat mencegah terjadinya infeksi karena masalah mata ikan yang sudah kronis.

6. Minyak Kelapa

8 Cara Menghilangkan Mata Ikan dengan Bahan Alami

Kalau kamu berpikir cara menghilangkan mata ikan hanya bisa menggunakan obat-obatan keras atau melakukan tindak operasi, maka kamu salah besar. Buktinya, hanya dengan minyak kelapa pun kamu bisa mengobati mata ikan, loh. Cara menggunakannya pun cukup mudah, kamu hanya perlu mengoleskannya pada mata ikan secara rutin tiga kali sehari. Jangan lupa memijatnya perlahan dan mengikis mata ikannya agar cepat hilang.

7. Minyak Jarak

8 Cara Menghilangkan Mata Ikan dengan Bahan Alami

Cara menghilangkan mata ikan dengan minyak jarak secara rutin pun telah lama terbukti sebagai obat yang sangat ampuh. Hanya dengan mengoleskan minyak jarak pada bagian mata ikan sebanyak tiga kali sehari, dalam beberapa waktu mata ikan bisa hilang. Bahkan, menurut sebagian orang, kamu bisa menghilangkan mata ikan hanya dalam empat hari saja bisa menggunakan minyak jarak.

8. Air Perasan Lemon dan Aspirin

8 Cara Menghilangkan Mata Ikan dengan Bahan Alami

Untuk beberapa jenis mata ikan di kaki atau telapak tangan yang sedikit membandel, biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama dalam proses pengobatannya. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa mengombinasikan air perasan lemon atau jeruk nipis dan aspirin. Namun, sebelum mencampurkannya, pastikan kamu telah menghaluskan aspirin terlebih dahulu, ya. Setelah itu, barulah tambahkan air setelah mencampurkannya dengan perasan lemon. Jika sudah, cukup oleskan aja ramuan yang telah kamu buat tersebut dan jangan lupa untuk membungkus kakimu dengan handuk hangat.

Baca Juga: 10 Cara Menghilangkan Kutil yang Bisa Dilakukan di Rumah

Itulah 8 cara menghilangkan mata ikan secara alami yang bisa kamu terapkan di rumah, tanpa perlu melakukan operasi. Dengan memanfaatkan bahan-bahan alami ini, tentunya akan lebih aman dan ekonomis.

Namun, apabila hal-hal tersebut tidak berhasil, cobalah pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat. Sebab, kondisi tersebut dapat berbeda satu sama lain tergantung dari penyebab dan tingkat penyakitnya.

Ingat, jangan lupa untuk menjaga kebersihan diri sendiri dan juga lingkungan agar terhindar dari penyakit mata ikan. Kamu bisa memulainya dengan cara menerapkan cara hidup yang sehat dan bersih sejak dini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.