8 Hotel Ramah Lingkungan di Indonesia yang Harus Kamu Coba

8 Hotel Ramah Lingkungan di Indonesia yang Harus Kamu Coba
agoda.com

Seruni.id – Pemanasan global menjadi masalah serius yang tak bisa kita anggap remeh. Sebab, setiap detiknya ada glester atau bongkahan es yang mencair di sejumlah titik. Untuk mencegah hal tersebut agar tidak berkelanjutan, kita harus segera menyelamatkan dengan cara mejaga kelestarian lingkungan. Berbicara tentang lingkungan yang asri, beberapa penginapan di Indonesia memiliki tempat yang sangat ramah lingkungan, loh. Di mana saja, ya?

1. Alila Villas Uluwatu

google.com

Salah satu hotel ramah lingkungan di Indonesia adalah Alila Villas Uluwatu. Resor ini menjadi yang pertama menyandang sertifikat dari Green Globe dalam kategori Enivormentaly Sustainable Design. Alila Villas Uluwatu bersama hotel jaringan Alila lainnya menerapkan konsep Alila Zero Waste to Landfill. Hotel tersebut berusaha semaksimal mungking untuk mengolah limbah sehingga tidak merusak lingkungan sekitarnya.

Limbah organik dari resor nantinya dimanfaatkan sebagai pupuk untuk kebun milik Alila. Hasil kebun sepeti sayur dan buah segar dan terjaga kualitasnya akan dijadikan sebagai bahan makanan di setiap resor. Jika dilihat, design Alila dirancang khusus yang mengusung konsep modern, namun tetap peduli pada kelancaran sirkulasi udara dan cahaya untuk menghemat penggunaan tenaga listrik. Di sana, kamu bisa memesan kamar dengan kolam pribadi dan menikmati pemandangan yang menyatu dengan perairan luas serta desir angin pantai yang menyejukkan.

2. Greenhost Boutique Prawirotaman, Yogyakrta

google.com

Jika dilihat, hotel ramah lingkungan satu ini begitu asri. Mereke mengusung konsep agricrafture. Sebua kombinasi antara pertanian dengan keterampilan dalam sebuah bangunan yang jadi satu. Yang lebih menarik, Green Boutique Prawirotaman memililki kebun hidroponik yang berada di dalam hotel, loh. Di kebun tersebut kamu akan disuguhkan dengan beragam jenis tanaman yang dipanen secara berkala. Selain asri, udaranya juga bersih kok. Dijamin kamu akan betah menginap di sana.

3. Soori, Bali

google.com

Hotel yang satu ini memiliki pamandangan yang sangat memukau, karena diapit area persawahan dan juga pantai. Penginapan asri yang terletak di kawasan Tabanan Bali ini memiliki C3 Global Earthcheck Standard dalam kategori design, perencanaan dan bangunan. Ternyata dari segi rancangan, hotel ini menggunakan bahan material yang tidak akan merusak lingkungan. Tak hanya itu, di Soori, juga mengajak para warga setempat untuk bersama-sama menjaga kelestarian pada alam.

Tak seperti hotel pada umumnya, Soori Bali tidak menggunakan AC, loh. Mereka lebih mengandalkan bantuan akam dan beragam ventilasi yang terpasang disetiap sudut ruangan. Jangan takut merasa gerah, justru kamu akan merasakan sensasi sejuk akibat lingkungan yang bersih dan terawat di sekitar hotel. Belum cukup sampai di situ, Soori Bali juga menggunakan peralatan mandi seefisien mungkin agar air tidak terbuang percuma. Bila menginap di sini, kalian bisa merasakan pengalaman luar biasa dalam menyelematkan bumi.

4. The Dharmawangsa, Jakarta

eatvacation.com

Udara di kota Jakarta memang sudah tercemar. Tapi jangan salah, kamu tetap bisa merasakan suasana asri di tengah kota di hotel The Dharmawangsa. Ketika menginap di sana, kamu akan lupa bahwa kamu berada di Jakarta. Jika kamu berkesempatan berkunung ke sini, kamu akan disuguhi pemandangan kolam renang yang ditumbuhi banyak tanaman dan pepohonan yang begitu rindang. Tentunya dengan adanya banyak area penghijauan di hotel ini. Hotel The Dharmawangsa juga berkontribusi dalam penyerapan air hujan.

5. Mercure Resort Sanur, Bali

holidayfactory.co.za

Sama seperti Soori, Mercure Resort Sanur juga berada di Bali dan merupakan hotel yang ramah lingkungan. Hotel ini memiliki area tembakau hijau yang begitu luas. Begitu pula dengan lokasi restoran yang berada di area luar. Sehingga hotel ini lebih hemat energi. Karena lebih mengandalkan pencahayaan alami ketimbang penerangan dengan lampu di area restorannya. Suhu di dalam hotel juga sejuk banget lo. Karena atapnya terbuat dari alang-alang.

6. Kamojang Green Hotel Garut

google.com

Konsep akomondasi dengan pemandangan dan nuansa pedesaan saat ini banyak dicari oleh para traveler. Kamu bisa mengunjungi Kamojang Green Hotel Garut, salah satu hotel di Jawa Barat yang memiliki nuansa asri. Hotel ini disebut-sebut sebagai Ubud-nya Jawa Barat. Di sini kamu bisa menginap di cottage yang berada di tengah danau dengan latar pegunungan, asyik banget, kan?

Bangunan di sana juga dibuat dengan material kayu yang dipoles cantik sehingga tampak elegan sekaligus hangat saat malam dan sejuk saat siang. Jika kamu berkunjung ke sana, jangan lupa untuk menikmati hidangan khas dari Kamojang Green Hotel Garut yang dibuat dari bahan ikan dengan bumbu lezat khas Jawa Barat. Saat bersantap kamu akan disuguhi pemandangan area persawahan dan pegunungan benar-benar akan memanjakan matamu.

7. Hilton, Bandung

misteraladin.com

Jika ditanya tentang seberapa besar upayamu menjaga lingkungan, Hilton Bandung bisa dengan percaya diri menjawab bahwa mereka telah berkomitmen pada konsep Zero Waste sejak lama. Kamu tak akan menemukan alat makan berbahan plastik di hotel ini. Peralatan makan dari plastik telah diganti ke kertas atau material lain yang ramah lingkungan. Termasuk di ruangan meeting, minuman untuk peserta tidak akan dibungkus dalam wadah plastik, tapi botol kaca atau dispenser.

Selain itu, pola hemat energi lainnya juga diterapkan dengan cara mengurangi penggunaan air dan listrik berlebih. Saat berencana menginap dalam waktu yang lama, Hilton Bandung akan menyarankanmu untuk memperpanjang waktu penggunaan handuk dan tidak minta diganti setiap hari. Hal ini dilakukan untuk mengurangi limbah sabun cuci. Laundry bag juga menggunakan bahan kain alih-alih plastik yang berdampak buruk pada lingkungan kita.

8. Alila, Solo

google.com

Jika dilihat dari luar, hotel ini emang tampak sama dengan hotel modern pada umumnya. Namun, ternyata hotel Alila Solo ini merupakan salah satu penginapan yang mengusung konsep ramah lingkungan. Bahkan, hotel yang berada di tengah-tengah kota ini telah mendapatkan sertifikat dari Bronze Benchmarked dan Earthcheked pada 2017 lalu. Tak hanya itu, Hotel Alila Solo juga telah menerima sejumlah penghargaan nasional dalam upayanya menjaga kelestarian lingkungan alam sekitar.

Hal itu karena hotel ini menggunakan beberapa desain dan sistem yang dirancang khusus dengan konsep eco-friendly. Misalnya seperti merancang konstruksi bangunan yang sejuk agar bisa meminimalkan penggunaan AC. Tak hanya itu, sistem pencahayaan di Hotel Alila Solo ini juga tidak menggunakan tenaga listrik secara keseluruhan. Menariknya lagi, hotel ini memberlakukan Sewage Treatment Plant yaitu sistem pengolahan limbah air secara maksimal. Limbah air ini nantinya akan digunakan kembali untuk menyiram sejumlah tanaman yang ada di sekitar hotel.

Baca Juga: Inilah 5 Hotel Muslim Terbaik di Jepang

Itulah delapan hotel ramah lingkungan terbaik yang ada di Indonesia. Delapan hotel unik di atas tidak hanya memiliki pemandangan hijau dan nyaman untuk beristirahat, tapi juga menawarkan pengalaman berbeda saat traveling. Jadi, kamu mau berkunjung ke mana dulu nih?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.