9 Fitur WhatsApp Terbaru yang Akan Segera Rilis

9 Fitur WhatsApp Terbaru yang Akan Segera Rilis

Seruni.id – Aplikasi WhatsApp cukup rajin dalam menggulirkan fitur untuk memanjakan penggunannya. Dalam waktu dekat ini, ada beberapa fitur WhatsApp yang akan segera hadir.

9 Fitur WhatsApp Terbaru yang Akan Segera Rilis

Aplikasi pesan untuk ponsel cerdas ini banyak digunakan orang dari berbagai kalangan. Untuk menggunakannya, kita tak perlu menggunakan pulsa, melainkan harus menggunakan paket data internet. Terlebih di masa pandemik saat ini, aplikasi ini lebih sering digunakan, entah untuk berlajar online atau mereka yang masih menjalani work from home. Mengenai fitur WhatsApp, apa saja sih yang akan diliris dalam waktu dekat ini?

1. Always Mute

Sebelumnya WhatsApp memang telah memiliki fitur mute alias bisukan pemberitahuan pesan. Namun, hanya dalam tiga waktu saja, yakni 8 jam, 1 minggu, dan 1 tahun. Untuk merealisasikan keinginan pengguna, WhatsApp memberikan fitur terbarunya, yakni “Always Mute”. Opsi ini diketahui menggantikan opsi 1 tahun. Sehingga kamu bisa membisukan obrolan tanpa batas waktu tertentu. Fitur WhasApp ini pertama kali terlihat sekitar tiga bulan lalu, pada versi 2.20.197.3. Sementara itu, untuk saat ini pengguna hanya bisa membisukan obrolan paling lama selama 1 tahun.

2. Bagian Pengelola Penyimpanan yang Didesain Ulang

Salah satu fitur ini merupakan yang terbaik dari WhatsApp, karena pada bagian pengelola penyimpanan memungkinan setiap pengguna untuk mengetahui jumlah penyimpanan yang telah terpakai. Fitur terbaru ini sempat terlihat pada WhatsApp beta versi v2.20.201.9 di mana desainnya terlihat baru dan segar. Peningkatan di sektor UI ini menawarkan lebih banyak detail visual yang diharapkan dapat membantu pengguna melakukan pengelolaan penyimpanan dengan lebih mudah dan intuitif dari biasanya.

3. Expiring Media

Berikutnya ada expiring media yang dikabarkan akan segera rilis pada WhatsApp versi baru. Sesuai dengan namanya, expiring media akan membuat pesan dengan media, mulai dari gambar, video, maupun GIF, akan segera terhapus secara otomatis ketika penerima pesan keluar dari obrolan. Fitur ini pun tidak meninggalkan jejak layaknya “Pesan ini telah dihapus”, hanya saja pesan akan hilang seakan tidak pernah masuk. Dan tentunya tak membuatmu penasaran apa isi pesan tersebut.

4. Dukungan Lebih dari Satu Perangkat

Sama seperti expiring media, dukungan lebih dari satu perangkat merupakan salah satu fitur WhatsApp yang sedang dinanti-nantikan. Fitur ini pertama kali terlihat di WhatsApp beta versi 2.20.143. Bagi kamu yang belum tahu, fitur ini akan memudahkan pengguna untuk mengoperasikan akun yang sama, namun pada perangkat berbeda di waktu yang sama. Atau dengan kata lain, pengguna tidak perlu memiliki banyak akun atau nomor, ketika memiliki lebih dari satu perangkat.

5. Panggilan untuk WhatsApp Web

Bagi kamu para pengguna WhatsApp versi web, kamu harus tahu nih. Menurut laporan terbaru yang datang dari WABetaInfo mengungkapkan bahwa fitur panggilan dan panggilan video akan hadir ke WhatsApp Web dalam waktu dekat. WhatsApp sendiri sejauh ini belum mengonfirmasi kehadiran fitur ini pada platform web mereka, namun dipercaya jika WhatsApp saat ini sedang mengujinya.

6. Sinkronasi Riwayat

Fitur lain yang sedang dalam tahap pengujian berikutnya adalah sinkronasi riwayat. Ini merupakan salah satu fitur yang dapat dengan mudah membantu pengguna untuk menyalin pesan dan obrolan lain dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Sebagai tambahan sekaligus penyempurna fitur ini, WhatsApp juga akan memungkinkan penggunanya untuk menyalin pesan-pesan mereka dari perangkat Android ke perangkat iOS dan sebaliknya.

7. Fitur Wallpaper Terbaru

Layanan terbaru dari WhatsApp yang akan segera hadir berikutnya adalah fitur wallpaper. Fitur ini pertama kali muncul pada WA beta versi 2.20.199.5. Fitur ini memberikan kebebasan kepada pengguna untuk memiliki wallpaper yang berbeda berdasarkan tema yang mereka gunakan di aplikasi. Menurut WABetaInfo, ketika pengguna memilih wallpaper default, WhatsApp akan menawarkan pengguna untuk menginstal aplikasi WhatsApp Wallpaper, yang notabene adalah aplikasi resmi dari WhatsApp yang menyediakan wallpaper.

8. Mute Video

Terdapat rangkaian kode API WhatsApp beta versi 2.20.207.2 (Android) yang mengindikasikan bahwa WhatsApp tengah mempersiapkan fitur untuk membisukan (mute) suara video secara otomatis. Dengan fitur yang satu ini, memungkinkan para pengguna untuk membisukan suara pada video yang hendak kamu kirim lewat chat maupun story. Meski tampak sederhana, namun fitur ini sangat berguna. Sebab, mungkin saja video yang ingin kita kirim memiliki kualitas audio yang kurang baik atau mengganggu. Untuk memperoleh fitur Mute Video, tentunya pengguna harus memperbarui versi WhatsApp lebih dulu melalui Google Play Store (Android) dan App Store (iOS).

9. Read Later

Bagi kamu yang kerap mengarsipkan chat, kini hadir fitur terbaru yang menggantikan fitur arsip, yakni Read Later. Kabarnya WhatsApp memang telah mengembangkan fitur terbarunya ini, loh. Dengan adanya fitur ini, akan memungkinkan para penggunanya untuk menyimpan dan memfilter pesan untuk dibaca kemudian hari. Pada dasarnya, fitur ini mirip seperti “Archived Chats”. Hanya saja, Read Later tidak akan memunculkan pemberitahuan pesan masuk.

Melalui fitur ini, pengguna bisa menyortir pesan masuk dari siapa pun untuk dibaca nanti. Pemberitahuan (notifikasi) chat tidak akan tampak ketika ada pesan masuk dari obrolan yang sebelumnya telah kamu arsipkan. Dengan demikian, pengguna tidak akan terganggu dengan obrolan dan tetap bisa mengikuti pembicaraan, saat sudah kembali ke aktivitas sehari-hari. Namun, Seruni pun belum tahu kapan WhatsApp akan menggulirkan fitur ini, bahkan dalam versi betanya.

Baca Juga: Agar Data WhatsApp Tak Bisa ‘Dicuri’ Facebook

Itulah tadi sedikit ulasan mengenai sejumlah fitur baru WhatsApp yang bakal segera hadir. Dari 9 fitur di atas, ada yang paling kamu nantikan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.