Sehat  

8 Manfaat Jambu Biji Merah untuk Kesehatan

8 Manfaat Jambu Biji Merah untuk Kesehatan
liputan6.com

Seruni.id – Menjaga kesehatan tubuh, tak hanya bisa dilakukan dengan rutin berolahraga dan menerapkan pola hidup sehat saja, namun juga mengonsumsi makanan dengan nutrisi tinggi. Salah satunya dengan mengonsumsi buah jambu biji merah. Biasanya, buah yang satu ini bisa dinikmati secara langsung atau dijadikan berbagai sajian minuman pun makanan. Mulai dari jus, smoothies, hingga salad buah.

8 Manfaat Jambu Biji Merah untuk Kesehatan
dream.co.id

Buah jamu biji merah mengandung vitamin C di dalamnya yang baik dikonsumsi untuk meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu, jamu biji juga memiliki berbagai kandungan lain yang tak kalah bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Adapun manfaatnya sebagai berikut:

1. Menjaga Kesehatan Mata

Buah-buahan dengan warna cerah diketahui sangat baik untuk kesehatan mata karena terkandung vitamin A di dalamnya. Salah satunya terdapat pada buah jambu. Jika ingin menjaga kesehatan mata, jangan ragu untuk mengonsumsinya, ya.

2. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Sebagaimana yang telah dikatakan di atas, jambu biji merah memiliki sumber vitamin C yang lebih tinggi dibandingkan buah jeruk. Kandungan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem imunitas atau daya tahan tubuh. Manfaat jambu biji yang satu ini bisa melindungi dan menghindarkan tubuh dari serangan berbagai infeksi kuman, bakteri hingga virus penyebab penyakit. Bukan hanya itu, vitamin C yang terkandung dalam jambu biji merah juga baik untuk menjaga kesehatan tulang, gigi, gusi dan pembuluh darah.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Seperti yang sudah kita ketahui, tekanan darah tinggi atau hipertensi sangat berbahaya, karena dapat mengakibatkan stroke atau pecahnya pembuluh darah. Mengurangi tekanan darah, sebetulnya sangat simpel, yakni dengan mengonsumsi jambu biji. Sebab, di dalamnya terkandung potasium yang berperan penting menurunkan tekanan darah.

4. Melancarkan Pencernaan

Jambu biji juga tinggi akan serat yang sangat efektif untuk mencegah sembelit dan konstipasi sehingga pencernaan jadi lebih lancar. Penting diketahui jika sebuah jambu berukuran dapat mencukupi 36% kebutuhan serat tubuh dan membantu membersihkan sistem pembuangan usus.

5. Menyehatkan Kulit

Kandungan vitamin A di dalamnya sangat berguna untuk menjaga kesehatan kulit, baik itu wajah ataupun tubuh. Bukan hanya itu, kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah ini juga mampu mengeluarkan senyawa radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh serta mencegah terjadinya penuaan dini. Maka tak heran, dengan adanya kandungan ini, kamu akan mendapatkan kulit yang tampak segar sepanjang hari.

6. Mencegah Kanker

Buah jambu biji merah juga memiliki kandungan antioksidan yang mampu melawan kanker atau disebut likopen. Zat yang terdapat di dalam jambu biji lebih mudah diserap tubuh karena perbedaan struktur dengan bahan makanan lain.

7. Mencegah Demam Berdarah

Bukan rahasia lagi, jika buah jambu biji merah sangat bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi penyakit demam berdarah. Bukan tanpa alasan, penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun jambu biji memiliki kandungan yang mampu menghambat pertumbuhan virus dangue penyebab penyakit mematikan ini.

Bukan hanya itu, daun jambu biji juga dipercaya mampu meningkatkan kadar trombosit dalam tubuh serta dapat menurunkan risiko terjadinya pendarahan di berbagai organ vital pada penderita DBD. Maka tak jarang, pada orang yang sedang menderita penyakit ini biasanya banyak mengonsumsi jus jambu biji atau juga ekstrak daun jambu biji sebagai obat alternatif untuk membantu penyembuhan.

8. Mencegah dan Mengatasi Diabetes

Selain dapat mencegah dan mengobati penyakit demam berdarah, mengonsumsi jambu biji merah juga dapat mencegah dan mengatasi diabetes. Manfaat jambu biji yang satu ini memang didapatkan dari tingginya kandungan serat di dalamnya. Bahkan dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa buah ini dapat mencegah terjadinya lonjakan gula pada penderita diabetes.

Bukan hanya itu, dengan mengonsumsi buah jambu biji dapat mengurangi munculnya gejala diabetes, menurunkan risiko kerusakan akibat proses peradangan dan oksidasi pada penderita diabetes. Namun untuk hal ini, sebaiknya kamu dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Baca Juga: 8 Manfaat ini Bisa Kamu Dapatkan dari Daun Jambu Biji

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa mengonsumsi buah juga daunnya yang sama-sama mengandung zat antioksidan tinggi.