Siswa MAN 2 Banyumas Raih Juara Pertama dalam Ajang Robotik Internasional Malaysia

Siswa MAN 2 Banyumas Raih Juara Pertama dalam Ajang Robotik Internasional Malaysia
sindonews.com

Seruni.id – Prestasi demi prestasi berhasil diraih oleh para generasi muda. Kali ini, giliran siswa MAN 2 Banyumas yang menyabet prestasi di bidang robotik.

Tim Robotika Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Banyumas, berhasil meraih juara I pada 11th World Robotic for Pease (WRP) 2022. Kompetisi bergengsi ini diselenggarakan oleh IRTC (International Robotic Training and Competition) di Universitas Teknologi Malaysia.

Meraih Prestasi dalam Dua Kategori

Ajang yang digelar sejak 29 November hingga 3 Desember 2022, kurang lebih diikuti oleh 15 negara. Hal yang patut kita banggakan yaitu diketahui Tim MAN 2 Banyumas itu menggondol prestasi dalam dua kategori.

Tim yang terdiri atas Faiz Khoirul Fuadi XI MIPA 2 dan Eka Erlangga Putra Syariful Hanan XI MIPA ini, berhasil menjadi juara pertama The Best Point pada Robot Line Follower Analog.

Sedangkan tim yang terdiri atas Adan Syahrul Junior XI MIPA 4, Gitara Parasdya Abimanyu XI MIPA 6 meraih juara pertama pada Robot Soccer loT. Kedua tim ini berlomba di bawah bimbingan Toto Prasetyo dan Singgih Hutomo Aji.

Tentu, ini menjadi kebanggan tersendiri bagi Kepala MAN 2 Banyumas, Muhamad Siswanto. Ia begitu bersyukur atas prestasi yang berhasil diraih oleh tim robotik MAN 2 Banyumas itu.

Menjadi yang Pertama

Apalagi, ini merupakan yang pertama kalinya madrasah tersebut meraih prestasi di kancah internasional. Menurutnya, saat ini, madrasah harus memiliki daya dorong dan melakukan loncatan dalam kemajuan melalui prestasi-prestasi yang dicapai. Lembaga pendidikan harus senantiasa berlomba-lomba dalam kebaikan.

“Agar memiliki daya ungkit atau daya dorong yang kuat, madrasah harus mengubah mindset. Sehingga yang tadinya berjalan biasa-biasa saja, maka dengan percepatan loncatan prestasi yang diraih siswa, menjadi madrasah yang luar biasa,” ucapnya, Jumat (2/12/2022).

Di dunia yang semakin tidak terbatas, menurutnya, para siswa perlu dilatih untuk memperluas jangkauan, tidak hanya dalam skala regional dan nasional, tapi juga internasional. Hal itu telah dibuktikan empat siswa tersebut di ajang internasional WRP 2022. Siswanto, panggilan akrabnya, berharap semua civitas akademika bergerak bersatu untuk mencapai itu.

“Momentum kali ini jadikan sebagai momentum bangkitnya madrasah,” tegasnya.

Hal senada disampaikan Wakil kepala bidang Akademik MAN 2 Banyumas Sujono. Ia merasa begitu senang dan bersyukur atas capaian prestasi siswanya pada ajang internasional.

“Alhamdulillah, saya mewakili seluruh warga madrasah sangat bersyukur atas capaian prestasi siswa pada ajang internasional WRP 2022 di Kuala Lumpur Malaysia. Tentu saja, hal ini menjadi catatan sejarah yang sangat membanggakan bagi MAN 2 Banyumas,” tuturnya.

“Semoga perjuangan guru pembimbing serta para siswa akan menjadi berkah bagi kita semua, menjadi madrasah yang mandiri berprestasi dan semakin dicintai oleh masyarakat,” tutupnya.

Baca Juga: 7 Anak Artis yang Berprestasi, Bikin Bangga dan Menginspirasi