Solusi Mengatasi Sertifikat Vaksin Tidak Muncul di PeduliLindungi

  • Bagikan
Solusi Mengatasi Sertifikat Vaksin Tidak Muncul di PeduliLindungi
halodoc.com

Seruni.id – Sudah melakukan vaksin Covid-19, tapi sertifikat vaksin tidak muncul di aplikasi PeduliLindungi? Berikut Seruni akan memberikan solusinya.

Solusi Mengatasi Sertifikat Vaksin Tidak Muncul di PeduliLindungi
halodoc.com

Vaksinasi Covid-19 kini tengah gencar dilakukan di berbagai daerah. Tujuannya tak lain adalah untuk menciptakan kekebalan kelompok, agar masyarakat lebih produktif dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Mereka akan mendapatkan vaksin sebanyak dua kali dalam rentang waktu yang ditentukan. Ketika sudah mendapatkan dosis vaksin lengkap, biasanya kita akan mendapatkan sertifikat yang menjadi bukti bahwa kita sudah divaksin.

Sertifikat tersebut juga menjadi salah satu syarat untuk melakukan berbagai aktivitas, seperti pergi ke mall atau saat menggunakan transportasi umum. Untuk mendapatkannya, kamu hanya perlu mengunduh melalui aplikasi PeduliLindungi. Namun sayangnya, sejumlah orang mengalami kendala ketika ingin melihat atau mengunduh sertifikat tersebut, di mana sertifikat tersebut tidak muncul.

Masalah umum yang mengakibatkan sertifikat vaksin tidak muncul adalah karena salah menginput data diri dan tidak ada keterangan tanggal vaksinasi. Namun, bagaimana jika yang data yang kamu input sudah benar, tetapi tetap tidak muncul? Lakukan beberapa langkah berikut ini, yuk!

Cara Mengatasi Sertifikat Vaksin Tidak Muncul

Untuk mengatasi masalah sertifikat vaksin tidak muncul, maka kamu bisa memasukkan data diri secara lengkap. Mulai dari nama, NIK, nomor HP, email aktif, dan tanggal lahir dengan benar di website atau aplikasi PeduliLindungi. Kemudian, cek status vaksinasi. Selanjutnya kamu juga akan diminta untuk mengisi tanggal saat melakukan vaksinasi serta jenis vaksin yang digunakan.

Namun, jika masih mengalami kendala, segera hubungi saluran resmi PeduliLindungi melalui call center 119 ext 9 atau bisa melalui email di [email protected] dengan format:

  • Nama lengkap
  • NIK
  • Lokasi dan tanggal vaksinasi
  • Jenis vaksin
  • No batch vaksin
  • Nomor hp aktif
  • Foto selfie dengan KTP
  • Tangkapan layar status sertifikat vaksin di PeduliLindungi
  • Foto kartu vaksin
  • Status pemberian vaksinasi

Sertifikat Memang Tidak Langsung Muncul

Kamu perlu tahu nih, bahwa sertifikat vaksin yang tidak langsung muncul setelah mendapatkan vaksin. Misalnya, kamu baru divaksin hari ini, kemudian mengecek aplikasi PeduliLindungi, maka kemungkinan sertifikat vaksin belum ada.

Menurut keterangan dari Juru Biacara Kementerian Kesehatan, dr Nadia Tarimizi, umumnya sertifikat akan muncul muncul dalam rentang waktu 7-10 hari setelah menerima dosis. Barulah setelah lewat dari rentang waktu itu, kamu bisa mencoba langkah-langkah yang telah disebutkan di atas.

Baca Juga: Cara Aman Cetak Sertifikat Vaksin Tanpa Takut Disalahgunakan

Jadi, itulah solusi yang dapat kamu lakukan ketika sertifikat vaksin tidak muncul di aplikasi PeduliLindungi. Selamat mencoba!

  • Bagikan
seruni.id