Bacaan Ayat Kursi Latin dan Artinya yang Bisa Kamu Hafalkan

  • Bagikan
Bacaan Ayat Kursi Latin dan Artinya yang Bisa Kamu Hafalkan
detik.com

Seruni.id – Sudahkah kamu hafal bacaan ayat kursi latin dan artinya? Untuk menambah ilmu dan ketawaan kita, yuk sama-sama kita belajar tentang ayat kursi latin dan artinya pada artikel berikut ini.

Bacaan Ayat Kursi Latin dan Artinya yang Bisa Kamu Hafalkan
depositphotos.com

Ayat kursi adalah salah satu ayat di dalam Al-Qur’an yang terdapat pada surat Al Baqarah ayat 255. Ayat tersebut memiliki banyak keutamaan yang luar biasa. Bahkan, ayat kursi disebut memiliki kedudukan yang besar. Dalam sebuah hadis sahih, disebutkan ayat kursi merupakan ayat yang sangat agung melebihi langit dan bumi.

ي تَفْسِيرِ حَدِيثِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ قَالَ مَا خَلَقَ اللَّهُ مِنْ سَمَاءٍ وَلاَ أَرْضٍ أَعْظَمَ مِنْ آيَةِ الْكُرْسِيِّ ‏.‏ قَالَ سُفْيَانُ لأَنَّ آيَةَ الْكُرْسِيِّ هُوَ كَلاَمُ اللَّهِ وَكَلاَمُ اللَّهِ أَعْظَمُ مِنْ خَلْقِ اللَّهِ مِنَ السَّمَاءِ وَالأَرْضِ

Artinya: “Seperti diceritakan Abdullah bin Mas’ud: ‘Tidaklah Allah menciptakan langit dan bumi melebihi angungnya ayat kursi (karena di dalam ayat tersebut telah mencakup nama dan sifat Allah)’. Sufyan ats-Tsauri berkata: ‘Sebab, ayat kursi merupakan (salah satu) kalamullah (perkataan Allah), sedangkan kalamullah itu lebih agung dari ciptaan Allah yang berupa langit dan bumi.” (HR. Tirmidzi).

 

Sejarah Diturunkannya Ayat Kursi

Di antara banyaknya umat muslim, mungkin mayoritas sudah hafal betul dengan bacaan ayat kursi latin dan artinya. Namun, belum banyak yang tahu mengenai sejarah diturunkannya ayat tersebut. Ayat kursi merupakan ayat yang terdiri dari 10 kalimat yang di dalamnya menyebutkan nama-nama Allah yang Maha Mulia. Lalu, bagaimanakah sejarah diturunkannya ayat kursi?

Allah menurunkan ayat kursi ke bumi pada suatu malam, ketika Rasulullah hijrah dari Makkah ke Madinah. Ayat tersebut diturunkan melalui perantara malaikat Jibril dengan didampingi oleh 70 ribu malaikat kepada Nabi Muhhamad SAW. Turunnya bacaan ayat kursi latin dan artinya disambut oleh alam dan sesisinya dengan hormat dan tunduk.

Konon, saat ayat kursi diturunkan, terjadilah gempa bumi di mana-mana yang disertai dengan gemuruh yang besar. Bahkan, hingga membuat mahkota para raja terlepas dan terjatuh dari kepalanya. Ketakutan akan gempa dan gemuruh tidak hanya dirasakan oleh manusia. Bangsa jin dan setan pun merasakan demikian. Mereka pun kocar-kacir berlairan menuju pimpinannya, yakni iblis. Raja iblis pun memerintahkan setan untuk menelusuri asal suara tersebut. Tak disangka, gempa dan gemuruh itu ternyata berasal dari kedatangan puluhan ribu malaikat yang membawa ayat kursi latin dan artinya kepada Rasulullah SAW.

Ayat kursi menjadi ayat yang paling ditakuti oleh bangsa jin dan setan. Sebab, ayat tersebut akan membuat mereka terhalangi untuk menjerumuskan manusia. Tak heran, jika ayat kursi memiliki banyak manfaat yang biasa bagi umat Islam.

 

Bacaan Ayat Kursi Arab, Latin, dan Artinya

Untuk memahami bacaan ayat kursi, maka lakukanlah sambil membaca artinya. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ayat kursi berisikan tentang keagungan Allah SWT dan kekuasaan-Nya yang mutlak. Adapun bacaan ayat kursi latin dan artinya yang bisa dihafalkan dan dipahami adalah sebagai berikut:

ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْحَىُّ ٱلْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُۥ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَّهُۥ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ۗ مَن ذَا ٱلَّذِى يَشْفَعُ عِندَهُۥٓ إِلَّا بِإِذْنِهِۦ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَىْءٍ مِّنْ عِلْمِهِۦٓ إِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ ۖ وَلَا يَـُٔودُهُۥ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ ٱلْعَلِىُّ ٱلْعَظِيمُ

“Allaahu la ilaha illa huw, al-hayyul-qayyum, la ta’khuzuhu sinatuw wa la na ‘um, lahu ma fis-samawati wa ma fil-ard, man zallazi yasyfa’u ‘indahu illa bi’ iznih, ya’lamu ma baina aidihim wa ma khalfahum, wa la yuhituna bisya’im min ‘ilmihi illa bimsa sya, wasi’a kursiyyuhus-samawati wal-ard, wa la ya’uduhu hifzuhuma, wa huwal-aliyyul-azim”

Artinya: “Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup Kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tiadk mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang ada di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”

 

Makna Bacaan Ayat Kursi Latin dan Artinya

Melansir dari laman Detik, Jalalain dalam tafsirnya menyebutkan, bahwa makna kursi yang meliputi langit dan bumi adalah ilmu-Nya. Sedangkan pendapat lain memaknainya sebagai kekuasaan-Nya dan kursi yang meliputi langit dan bumi itu ada, karena kebesarann-Nya. Pendapat tersebut merujuk pada sebuah hadis yang artinya:

“Tidaklah langit yang tujuh pada kursi itu, kecuali seperti tujuh buah uang dirham yang dicampakkan ke dalam sebuah pasukan besar.”

 

Keutamaan Membaca Ayat Kursi Latin dan Artinya

Selain sebagai bentuk permohonan agar Allah SWT melindungi dari gangguan setan yang terkutuk, membaca ayat kursi latin dan artinya juga memiliki keutamaan yang sangat luar biasa. Berikut sejumlah keutamaan yang harus kamu ketahui.

 

1. Doa Mustajab

Ayat kursi termasuk ke dalam salah satu doa yang mustajab. Barang siapa yang membaca ayat tersebut dan kemudian berdoa, maka doanya Insya Allah akan dikabulkan. Sebab, di dalam ayat ini, juga terdapat asma Allah yang paling agung, yakni al hayyu al qayyum. Seperti yang disebutkan dalam hadis berikut yang artinya:

“Asma Allah yang paling Agung yang apabila dibaca dalam doa pasti dikabulkan ada dalam tiga tempat. Yaitu surat Al-Baqarah, Al-Imran, dan surat Thaha.” (HR. Ibnu Majah)

 

2. Perlindungan dari Gangguan Jin dan Sihir

Membaca ayat kursi, juga bisa menjadi sebuah permohonan untuk meminta perlindungan Allah SWT dari gangguan jin dan sihir. Hal ini pun berdasarkan hadis Ubay bin Ka’ab, Rasulullah SAW bersabda:

“Siapa yang membacanya ketika pagi, maka ia akan dilindungi (oleh Allah dari berbagai gangguan) hingga petang. Siapa yang membacanya ketika petang, maka ia akan dilingungi hingga pagi.” (HR. Al Hakim 1: 562)

 

3. Ayat yang Paling Agung di dalam Al-Qur’an

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ayat ke 255 dari surah Al-Baqarah ini merupakan salah satu ayat yang paling mulia di dalam Al-Qur’an. Bagi muslim yang membaca dan mengamalkannya akan mendapatkan manfaat yang luar biasa.

Seperti dalam riwayat Rasulullah SAW yang bertanya kepada Ubay bin Ka’ab tentang ayat yang paling utama dalam Al-Qur’an. Rasulullah bertanya kepada Ubay bin Ka’ab, “Ayat apa yang paling utama di dalam Al-Qur’an?”

Ubay bin Ka’ab menjawab, “Ayat paling utama dalam kitabullah adalah ayat kursi.”

Dan Rasulullah SAW menepuk dada Ubay dengan pelan sambil berkata, “Wahai Abu Mundzir semoga engkau selalu bahagia dengan ilmu yang engkau miliki.” (HR Muslim).

Ayat kursi sebagai ayat yang paling agung di dalam Al-Qur’an karena di dalamnya terdapat nama Allah SWT yang paling agung, yaitu pada bait Al Hayyu dan Al Qayyum.

 

4. Perantara Masuk Surga

Rasulullah SAW bersabda, yang artinya:

“Barangsiapa yang membaca ayat kursi setelah selesai sholat, maka tidak akan ada yang menghalanginya masuk ke surga kecuali kematian.” (HR. An-Nassai dinilai shahih oleh Syaikh Al-Abani)

Berdasarkan sabda di atas, diterangkan bahwa arti ayat kursi merupakan perantara yang dapat mengantarkan setiap umat Islam ke dalam surga. Selama seorang muslim hidup dan membaca ayat kursi setelah sholat, maka ia akan selalu mendapatkan kemuliaan untuk masuk surga.

 

5. Salah Satu Kunci Rezeki dan Jodoh

Ketika seorang sahabat mengatakan belum menikah karena alasan tidak memiliki biaya, Rasulullah menyuruhkan untuk membaca surat Al Ikhlas, surat Al Kafirun, surat Al Zalzalah, surat An Nashr, dan ayat kursi.

Baca Juga: Kumpulan Doa Pembuka Rezeki dalam Rumah Tangga Agar Mengalir Deras

Itulah bacaan ayat kursi dalam bahasa Arab, latin, terjemahan, serta keutamannya. Dapat dikatakan, ayat kursi bukan sekadar doa untuk memohon perlindungan dari jin saja. Melainkan banyak keutamaan yang dapat kita peroleh. Maka, jangan lupa untuk mengamalkannya setiap hari, ya.

  • Bagikan