7 Bahasa Korea Terima Kasih Beserta Balasannya

  • Bagikan
7 Bahasa Korea Terima Kasih Beserta Balasannya

Seruni.id – Kecintaan terhadap drama Korea, membuat banyak orang mulai mempelajari bahasa dari Negeri Gingseng tersebut. Umumnya mereka akan mempelajari kata-kata yang digunakan sehari-hari, misalnya adalah bahasa Korea terima kasih. Seperti yang kita tahu, ucapakan terima kasih sering kali digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

"7

Terima kasih juga merupakan ungkapan rasa syukur seseorang terhadap orang lain atas pemberian barang ataupun bantuan. Di Korea ucapan terima kasih ada berbagai tingkatannya, loh. Misalnya, ketika berbicara dengan teman sebaya dan orang yang lebih tua, ada perbedaan tata bahasanya yang sesuai dengan adab kesopanan terhadap lawan bicara. Begitu pun juga dalam hal pengucapan bahasa Korea terima kasih.

Maka dari itu, bagi kamu yang tertarik untuk mempelajari bahasa Korea, kamu perlu tahu nih seperti apa bahasa Korea terima kasih yang patut diucapkan. Yuk, simak selengkapnya berikut ini:

 

Bahasa Korea Terima Kasih

 

1. Kamsa-kamsa (감사-감사)

Kamsa-kamsa atau yang ditulis dengan 감사-감사, memiliki arti terima kasih. Bahasa Korea terima kasih yang satu ini, cukup populer di kalangan anak muda. Bisa dibilang, kamsa-kamsa merupakan sebuah frasa gaul. Akan tetapi, bahasa Korea terima kasih ini, tidak diucapkan secara umum, melainkan hanya digunakan dalam chatting atau saat berkirim pesan. Tak heran kalau penggunaannya pun terbatas.

 

2. Kamsahae (감사해)

Ucapan terima kasih dalam bahasa Korea yang berikut ini adalah bentuk 반말 (banmal) alias penyederhanaan dari bentuk informal. Meski memiliki arti terima kasih, akan tetapi tidaklah sopan jika kamu mengucapkannya kepada orang yang lebih tua. Kamu bisa mengucapkannya kepada orang yang lebih muda atau teman akrab, ya.

 

3. Kamsahaeyo (감사해요)

Sama seperti kamsahae, ucapakan terima kasih bahasa Korea kamsahaeyo juga merupakan bentuk kaimat informal. Umumnya, ucapan ini kerap digunakan dalam situasi infromal, tapi tetap terkesan sopan. Jika kamsahae hanya boleh diucapkan pada mereka yang lebih muda, Kamsahaeyo justru dapat diucapkan saat berterima kasih kepada orang yang lebih tua, senior, dan orang-orang yang dihormati.

 

4. Kamsahamnida (캄사함니다)

Kamsahamnida adalah salah satu bahasa Korea terima kasih, yang mungkin tidak asing lagi bagi para pencinta drama Korea. Sebab, kata ini sering kali diucapkan. Penggunaan kata ini, ditujukkan kepada orang yang dihormati atau yang lebih tua. Situasinya pun harus diperhatikan, ya. Biasanya, orang Korea mengucapkan kata tersebut pada situasi formal, seperti berbicara dengan klien, rekan bisnis, atasan, orang yang dituakan, dan sebagainya.

 

5. Gomawo (고마워)

Gomawo atau dengan tulisan Korea 고마워, memiliki arti terima kasih. Kata ini juga sering kali digunakan dan cukup populer. Meski demikian, bahasa Korea terima kasih ini tergolong dalam bahasa informal, loh. Oleh karena itu, kamu tidak bisa mengucapkannya pada sembarang orang. Gomawo akan lebih tepat jika dipakai untuk mengucapkan rasa terima kasih kepada teman sebaya atau teman akrab, ketika berada di situasi kasual alias santai.

 

6. Gomawoyo (고마워요)

Hampir sama seperti gomwo, akan tetapi bahasa Korea terima kasih gomawoyo terkesan lebih sopan. Hal ini karena ada penambahan kata 요 (yo) di akhir kalimat. Namun, tetap saja kata gomwoyo termasuk ke dalam frasa yang informal. Yang membedakan hanyalah, kata gomowoyo kerap digunakan saat mengucapkan terima kasih kepada teman yang tidak terlalu akrab atau orang yang lebih muda.

 

7. Gomapseumninda (고맵숨린다)

Sama halnya seperti bahasa Korea terima kasih kamsahamnida, gomapseumnida adalah ucapan terima kasih dalam bentuk formal atau sopan. Walaupun sama-sama dikategorikan sebagai bentuk formal, tapi banyak orang yang menganggap bahwa kamsahamnida jauh lebih sopan daripada gomapseumnida. Sehingga, kamu perlu berhati-hati saat menggunakannya.

 

Ucapan Balasan Terima Kasih

Jadi, sebelumnya Seruni telah memberikan beberapa bahasa Korea terima kasih yang bisa kamu pelajari. Seperti yang kita tahu, Korea memiliki beberapa pilihan frasa yang dapat digunakan unutk mengungkapkan terima kasih.

Namun, tidak cukup hanya dengan berterima kasih saja, kamu juga harus tahu frasa untuk membalas ucapan tersebut. Jika di dalam bahasa Indonesia kita biasanya membalas dengan ucapan sama-sama atau kembali kasih, lantas bagaimana dengan bahasa Korea?

Ternyata ada beberapa frasa Korea yang bisa kita gunakan untuk membalas ucapan terima kasih. Yuk simak berikut ini:

 

1. Gwaenchana (그웬차나)

Balasan dari bahasa Kora terima kasih yang paling umum digunakan adalah gwaencahana. Frasa ini memiliki arti ‘’tidak masalah’’ atau tidak ‘’apa-apa’’. Umumnya, kata ini digunakan di kalangan teman sebaya, teman akrab, atau orang yang lebih muda, karena termasuk ke dalam kelompok informal.

Meski demikian, frasa ini ternyata juga memiliki bentuk yang lebih formal, loh. Kamu bisa menggunakan kata gwaencahanaseummida, penggunaan kata ini ditujukkan kepada orang yang tidak dikenal atau yang lebih dihormati.

 

2. Cheonmanneyo (천만네요)

Ketika kamu ingin mengucapkan balasan atas terima kasih yang diberikan dari orang yang lebih tua, kamu bisa menggunakan kata cheonmanneyo, yang berarti ‘’sama-sama’’. Frasa ini bisa ditujukkan kepada orang yang lebih tua sebagai rasa hormat. Namun, frasa tersebut cukup jarang digunakan untuk obrolan. Justru lebih sering terlihat dalam bahasa tertulis saja.

 

3. Byeol Malsseumeuryo (별말쓰려)

Untuk jawaban yang lebih sopan, kamu bisa menggunakan kata byeol malsseumeuryo sebagai balasa dari ucapan terima kasih seseorang kepadamu. Kata tersebut memiliki arti ‘’tidak perlu berterima kasih (sungkan)’’. Kata ini merupakan bentuk sopan, sehingga kamu bisa menggunakannya kepada orang yang lebih tua atau orang yang dihormati.

 

4. Ne/ye (네/네)

Ne/ye adalah balasan terima kasih yang paling singkat daripada frasa sebelumnya. Meski demikian, kata yang memiliki arti “ya” ini, masih tergolong balasan yang cukup halus. Sebab, bermakna bahwa ucapan terima kasih sudah mereka terima.

 

5. Cheonmaneyo (천만에요)

Frasa yang satu ini, memiliki arti ‘’sama-sama’’. Namun, kata ini kurang familier digunakan oleh orang Korea dalam bahasa lisan.

 

6. Anieyo (아니에요) atau Animmida (아닙니다)

Kedua frasa ini bisa kamu gunakan untuk menanggapi orang yang mengucapkan terima kasih kepadamu. Meski secara bahasa memiliki arti “tidak”, tapi frasa ini memiliki makna yang serupa seperti “tidak apa-apa” atau “tidak masalah”. Menariknya, frasa ini bisa kamu gunakan dalam berbagai situasi. Namun, saat harus menanggapi orang yang lebih tua atau berwenang, kita bisa menggunakan frasa 아닙니다 (animmida) sebab akan terkesan lebih formal dan sopan.

 

Baca Juga:

Cara Belajar Bahasa Korea dengan Mudah

8 Panggilan Sayang dalam Bahasa Korea dengan Contoh Kalimat

20 Ucapan Bahasa Korea Selamat Ulang Tahun

 

Jadi, itulah beberapa contoh bahasa Korea terima kasih beserta tulisannya. Bukan hanya berterima kasih, Seruni juga telah mengulas bagaimana cara menjawaba tau meresponsnya.

Semoga artikel ini mempermudahmu dalam mempelajari bahasa Korea. Namun, perlu kamu ingat, pelajarilah dari yang simpel dulu, ya.

  • Bagikan
seruni.id