Cara Belajar Bahasa Korea dengan Mudah

  • Bagikan
Cara Belajar Bahasa Korea dengan Mudah

Seruni.id – Setelah menyebarnya virus Drakor dan K-Pop, terutama di Indonesia, membuat para penggemarnya ingin sekali belajar bahasa Korea. Tujuannya tak lain, agar mereka bisa mengerti apa yang disampaikan oleh idolanya tanpa perlu menggunakan translator. Barangkali kamu juga bercita-cita untuk berlibur atau bahan belajar di Korea Selatan. Oleh sebab itu, banyak orang yang tak segan-segan untuk mempelajari bahasa tersebut.

Cara Belajar Bahasa Korea dengan Mudah

Meski demikian, belajar bahasa Korea tidaklah semudah yang kita bayangkan. Bahkan, saking sulitnya, tidak sedikit dari mereka yang putus belajar di tengah jalan. Tapi kamu tak boleh menyerah, walaupun bahasa Kora bukan yang mudah dipelajari, setidaknya dengan cara berikut ini bisa membantumu.

Sejarah Bahasa Korea

Bahasa yang kerap digunakan oleh oerang Korea memiliki tulisan yang disebut dengan Hangeul. Nah, ternyata, bahasa Kora memiliki sejarah yang panjang, loh. Sebelum Hangeul diciptakan, bangsa Korea menggunakan aksara Tiongkok sebagai alat berkomunikasi sehari-hari. Namun, aksara Tiongkok dirasa sulit struktur hurufnya dan penggunaannya hanya didominasi oleh golongan kalangan atas saja. Berikut beberapa fakta menarik dari bahasa Korea:

1. Hangeul Diciptakan oleh Raja Sejong

Tulisan Korea yang disebut sebagai Hangeul pertama kali diciptakan oleh seorang Raja Korea bernama Sejong. Ia merupakan raja ke empat dari Dinasti Joseon. Pada saat itu, meskipun orang Korea sudah memiliki bahasa lisan sendiri, mereka masih harus menggunakan abjad atau sistem tulisan Cina. Namun, hal tersebut hanya berlaku untuk kerluarga kejaraan dan bangsawaan saja. Sehingga, masyarakat yang berada di luar golongan mengalami buta huruf.

Raja Sejong percaya jika semakin banyak orang Korea yang bisa baca tulis, maka rakyatnya akan semakin makmur. Hingga akhirnya pada tahun 1443, ia membuat 24 abjad sederhana yang terdiri dari 14 huruf konsonan dan 10 huruf vokal. Dulu Hangeul masih disebut sebagai Hunminjeongum atau artinya “bunyi yang tepat untuk orang-orang”. Pada masa itu, bahasa baru tersebut disebarkan melalui lagu anak-anak, sehingga mudah untuk dimengerti oleh anak-anak dan masyarakat kelas bawah.

2. Memiliki Sistem Honorifik

Hal terpenting dalam bahasa Korea adalah adanya sistem honorifik. Apa sih honorifik itu? Honorifik merupakan bentuk pernyatan yang lebih sopand an halus. Biasanya, ungkapan ini kerap digunakan untuk menunjukkan rasa hormat terhadap lawan bicara atau yang sedang dibicarakan. Dalam bahasa Korea, cara berbicara dan cara menyebut seseorang yang lebih tua atau dihormati akan berbeda dengan cara menyebut teman atau rekan sebaya.

Sistem honorifik bukanlah perkara mudah. Hal ini bisa kita lihat dari penggunaan kata kerja dan kosakata yang berbeda tergantun dengan orang yang terlibat atau yang diajak komunikasi. Teradapat tiga tingkatan yang paling utama dalam kesopanan berbahasa di Korea. Pertama yang berakhiran “nida”, menunjukkan rasa hormat yang paling formal dan paling sopan. Kedua yang berakhiran “a/o/yo”, menunjukkan rasa sopan dengan sedikit formal. Terakhir tipe ketiga yang tidak memiliki akhiran, dapat digunakan dalam percakapan santai.

3. Setiap Tahun Diperingati Sebagai Hari Hangeul

Masyarakat Korea kerap menyambut hari Hangeul setiap tahunnya yang jatuh pada tanggal 15 Januari. Sedangkan di Korea Selatan hari Hangeul diperingati pada tanggal 9 Oktober. Hunminjeongeum Haeryebon (Buku Panduan Bahasa Korea) saat ini juga telah mendapatkan pengakuan dari UNESCO dalam Memory of the World Register pada Oktober 1997 karena telah memberikan kontribusi besar untuk mengurangi buta huruf di Korea. UNESCO juga memberikan penghargaan terhadap orang dan organisasi yang membantu menurunkan tingkat buta huruf, yaitu King Sejong Award.

4. Ada Beragam Dialek Daerah

Sama seperi di Indonesia, sejumlah wilayah di Kora Selatan juga memiliki beragam dialek yang berbeda-beda dengan bahasa nasional Korea. Bahasa yang digunakan oleh masyarakat di kota Seoul dianggap sebagai bahasa standar Korea. Meski demikian, wilayah lain seperti Busan, Daegu, Jeju, dan lainnya menggunakan bahasa dan dialek masing-masing.

5. Terdapat Dua Sistem Perhitungan

Hal unik lainnya dari bahasa Korea adalah adanya dua cara sistem perhitungan. Hal ini masih berhubungan sama pengaruh budaya Tiongkok dalam pembendaharaan kata bahasa Korea. Lantas, apa sih perbedaannya? Satu cara digunakan untuk menyebutkan angka dan satu lagi untuk menghitung.

Cara Belajar Bahasa Korea

1. Pelajari Hangeul

Cara belajar bahasa Korea yang pertama yakni kamu harus mempelajari huruf-hurufnya yang disebut Hangeul. Sebagaimana belajar bahasa asing lainnya, pada tahap awal tentu kita harus menguasai alfabet bahasa tersebut (jika ada). Dengan kamu menguasainya, ini akan menjadi hal yang baik dalam belajar bahasa Korea.

Hangeul merupakan bahasa yang sepenuhnya fonetik. Atau hampir selalu terdengar seperti yang tertulis. Namun, tetap dengan pengecualian beberapa aturan pelafalan, tetapi aturan tersebut dapat dipelajari dengan sangat cepat, yakni hanya dalam dua jam.

Contohnya, di dalam bahasa Inggris terdapat lebih dari 60% kata yang birisi huruf yang tidak perlu dibaca alias dihilangkan, seperti knee, wrist, daughter, island, dan lainnya. Dalam hal ini, Hangeul lebih sederhana dan lebih mudah untuk kamu kuasai dalam belajar bahasa Koera. Tergantung pada status lawan biacara, kamu perlu memilih gaya bicara. Kalau kamu adalah seorang pemula, maka mulailah dengan gaya yang resmi dan sopan.

2. Kembangkan Kosakata

Cara belajar bahasa Korea berikutnya yang tak kalah penting adalah memperkaya kosakata yang kamu miliki. Setelah Hangeul sudah kamu kuasai, kamu bisa mulai membentuk kosakata. Agar belajar bahasa Korea lebih maksimal, lebih baik mulailah dengan angka, baik angka Korea dan China, karena keduanya digunakan di negara Kora, kemudian melanjutkan dengan nama-nama hari, hingga frasa percakapan sederhana.

Selain itu, penting juga untuk menambahkan kata-kata yang berhubungan dengan alasanmu belajar bahasa Korea. Jika kamu memutuskan untuk belajar bahasa Korea karena ingin berlibur, maka pelajari lebih dalam kata-kata yang berhubungan dengan arah transportasi. Nah, kalau kamu ingin berkuliner, maka pelajari kata-kata yang memang berhubungan dengan makanan.

Agar kamu lebih mudah memahami dan mempelajarinya, jangan lupa menuliskannya di dalam buku catatan. Cara ini akan membantumu dalam melatih menulis dan menangkap kata-kata dalam ingatan. Namun, akan lebih baik kalau kamu membayangkan gambar atau cerita lucu, hal tersebut akan lebih mudah untuk membuatmu hafal.

3. Mengetahui Kata-kata Pinjaman atau Konglish

Perlu kita ketahui, bahwa bahasa Korea memiliki banyak kata pinjaman dan kata berbahasa Inggris gaya Korea yang disebut “Konglish”, alias gabungan bahasa Inggris dan Korea. Kata-kata ini menjadi bagian penting dalam belajar bahasa Korea. Kata pinjaman sendiri merupakan kata-kata bersuara dan memiliki arti yang sama dengan kata-kata berbahasa Inggris. Selain itu, kata tersebut juga mudah diingat, karena terdengar seperti bahasa Inggris meski beraksen Korea. Contohnya sebagai berikut:

  • 컵 (keop) = cangkir
  • 카페 (ka-pe) = kafe
  • 초콜릿 (cho-kol-lit) = cokelat
  • 카메라 (ka-me-ra) = kamera
  • 택시 (taek-si) = taksi
  • 인터넷 (in-teo-net) = internet

Kata konglish lainnya terngar seperti kata bahasa Inggris, tapi dengan arti yang berebda. Biasanya orang Korea sering mempersingkat beberapa kata bahasa Inggris untuk membuat kata konglish baru, contohnya:

  • 에어컨 (AC) = Air Conditioner
  • 노트 (note) = buku catatan

Selain itu, untuk belajar bahasa Korea, maka carilah kata dasar konglish secara online dan kamu akan terkejut karena menemukan banyak kata Korea yang sebenarnya sudah kamu ketahui.

4. Kelilingi Diri dengan Bahasa Korea

Cara belajar bahasa Korea selanjutnya adalah mengelilingi dirimu dengan bahasa Korea, terutama dalam kehidupan sehari-hari. Ini merupakan salah satu metode terbaik untuk menyimpan informasi di kepala mengenai bahasa Korea yang kamu pelajari. Selain itu, kamu juga bisa mengubah pengaturan bahasa di ponsel menjadi bahasa Korea atau sekdar menulis catatan pengingat untuk aktivitas harian terjadwal dengan bahasa Koraea.

Mengelilingi diri sendiri dengan bahasa Korea, bukan berarti membebanimu untuk belajar seitap hari dan jam. Namun, kamu dapat menghabiskan waktu luang secara wajar. Untuk berlatih bahasa Korea, kamu dapat menggunakan waktu saat berangkat kerja atau istirahat makan siang di kantor atau kampus. Uji dirimu dengan bantuan kartu kosa kata atau unduh beberapa game pendidikan berbahasa Korea yang menarik di ponsel. Jika kamu sering mengemudi dan menggunakan handsfree, maka dengarkan buku audio dan podcast kesukaanmu yang berbahasa Korea.

5. Tentukan Jenis Pembelajaran

Berikutnya adalah dengan menentukan jenis pemebelajaran apa yang ingin kamu terapkan. Ada satu metode yang terbilang sederhana, tapi sangat penting untuk mempelajari bahasa secara cepat, yaitu dengan menentukan jenis pembelajaran individual. Terdapat tiga tipe pembelajaran utama, di antaranya sebagai berikut:

  • Visual (memori visual bekerja dengan baik),
  • Auditori (informasi lebih mudah diserap dan disimpan oleh telinga),
  • Kinetik (menghafal dengan gerakan).

Biasanya orang yang sedang belajar bahasa Korea akan menerapkan ketiganya, tapi kalau kamu masih pemula kamu bisa memilih yang sesuai denagn prefensi dirimu. Dengan metode ini dipercaya dapat membantu memaksimalkan keefektifan belajar. Ketika kamu sudah memahami, maka akan lebih mudah untuk menghafalkan kata-kata baru.

6. Menonton Drakor

Cara belajar bahasa Korea yang berikut ini bisa kamu lakukan dengan mudah. Kamu bisa menyaksikan drama kesayanganmu atau drama yang sedang on going. Dengan menonton, akan membuat kosakatamu semakin bertambah dan meningkat ke level yang lebih tinggi. Saat menonton, kamu biasa menyiapkan catatan kecil yang bisa kamu isi ketika menemukan kata yang tidak dikenal. Setelah beberapa waktu, kamu akan terkejut dengan kemampuan otak untuk membandingkan kata dan frasa dengan artinya, bahkan ketika kamu tidak punya waktu untuk mempelajarinya secara menyeluruh.

7. Mempelajari Grammar Bahasa Korea

Mempelajari tata basaha memang ada tantangannya tersendiri. Dalam menyusun sebuah kalimat, tentunya ada aturan-aturan paten yang wajib kamu penuhi. Seperti dalam bahasa Indonesia yang terdapat subjek, predikat, dan objek. Sama halnya dengan bahasa Korea. Meski memiliki susunan yang berbeda, kamu harus telaten untuk menyusunnya. Jangan mudah menyerah, kamu pasti bisa menemukan solusinya. Kamu bisa browsing materi-materi grammar untuk pemula yang bisa membantumu.

8. Mengasah Percapakan Bahasa Korea

Kalau kamu punya teman yang jago bahasa Korea kamu bisa mulai untuk belajar bahasa Korea percakapan bersamanya. Sebagaimana kamu mempelajari bahasa-bahasa lainnya, kamu harus percaya diri untuk mempraktikan ilmu yang dimiliki. Selain untuk mengasah kemampuan percakapan dan nyali, kosakata yang kamu pelajari menjadi tidak akan sia-sia.

Belajar Bahasa Korea Dasar

Hal paling dasar yang perlu kamu pahami ketika ingin belajar bahasa Koera adalah dimulai dengan kosakata yang paling dasar. Misalnya, kosakata kerap diucapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut contoh kosakata bahasa Korea sehari-hari:

Kosakata Bahasa Korea untuk Menyapa

Para pencinta drakor mungkin sudah tidak asing lagi dengan kata “Annyeoengsaheyo”, selain kata sapaan ini, masih banyak kata sapaan yang bisa kamu pelajari di bawah ini:

  • 안녕하세요 (An-nyeong-ha-se-yo): Hallo
  • 안녕히 주무세요 (An-nyeong-hi-ju-mu-se-yo): Selamat malam
  • 안녕히 가세요 (An-nyeong-hi-ga-se-yo): Selamat tinggal (dicupakan kepada seseorang yang akan pergi)
  • 안녕히계세요 (An-nyeong-hi-gye-se-yo): Selamat tinggal (kepada orang yang tinggal)
  • 조흔 하루 보내세요 (Jo-heun-ha-ru-bo-nae-se-yo): Semoga harimu menyenangkan
  • 뭐? (Mwo): Apa?
  • 왜? (Wae): Kenapa?
  • 환영합니다 (Hwan-yeong-ham-ni-da) : Selamat datang
  • 어떻게 지내세요? (Eo-tetto-ke-ji-nae-se-yo): Apa kabar?
  • 잘 지내요 (Jal-ji-nae-yo): Aku baik-baik saja
  • 잘 못지내요 (Jal-mot-ji-nae-yo): Aku tidak baik-baik saja
  • 감사합니다 (Kam-sa-ham-ni-da): Terima kasih
  • 한국말을 할 수 있어요? (Han-guk-mal-eul-hal-su-iss-eo-yo): Apakah kamu bisa berbicara bahasa Korea?

Kosakata untuk Memperkenalkan Diri

Sebelum kamu mempelajari lebih lanjut, memperkenalkan diri merupakan hal penting yang harus kamu pelajari.

  • 제 이름은 _______이에요 (Je-ireum-eun____i-e-yo): Nama saya (isi dengan namamu)
  • 저는 _______에서 왔어요 (Jeo-neun-____e-seo-wass-eo-yo) : Saya berasal dari (isi daerah asalmu)
  • 저는 _______살이에요 (Jeo-neun-_____sal-i-e-yo): Saya berusia (isi usiamu)
  • 제 직업은 _______이에요 (Je-jik-eob-eun____i-e-yo): Pekerjaan saya (isi dengan pekerjaanmu)
  • 한국말 잘 못해요 (Han-guk-mal-jal-mot-hae-yo): Saya tidak lancar berbahasa Korea

Kosakata Ketika Bertemu Teman

Gemar menonton drama Korea bersama teman? Kalau iya, Seruni sarankan untuk belajar bersama temanmu nih, selain lebih asyik belajar bersama teman tentu akan lebih mudah.

  • 오랜만이에요 (O-raen-man-i-e-yo): Lama tak jumpa
  • 바빠요? (Ba-ppa-yo): Apakah kamu sedang sibuk?
  • 어디로 갈까요? (Eo-di-ro-kal-kka-yo): Mau kemana kita?
  • 밥 먹었어요? (Bab-meok-eos-eo-yo): Sudah makan?
  • 집에 잘 들어가 (Jib-e-jal-deur-eo-ga-yo): Semoga selamat sampai di rumah
  • ____ 를 좋아해요? (___ reul-joh-a-hae-yo) Apakah kamu suka (isi dengan pertanyaanmu)?
  • ____ 를 좋아해요 (___ reul-joh-a-hae-yo) Aku suka (isi sesuai dengan apa yang kamu sukai)
  • 알아요 (Ar-a-yo): Aku tahu

Kosakata Bahasa Korea Nama Hari

Selain kosakata di atas, mempelajari nama-nama hari dalam bahasa Korea tak kalah pentingnya, loh. Kamu bisa mempelajarinya berikut ini:

  • 월요일 (Wol-yo-il): Senin
  • 화요일 (Hwa-yo-il): Selasa
  • 수요일 (Su-yo-il): Rabu
  • 목요일 (Mok-yo-il): Kamis
  • 금요일 (Geum-yo-il): Jumat
  • 토요일 (To-yo-il): Sabtu
  • 일요일 (Il-yo-il): Minggu

Kosakata Bahasa Korea untuk Waktu

Dalam belajar bahasa Korea, kurang lengkap rasanya kalau percakapan sehari-hari tidak membicarakan waktu. Kalau kamu sudah hafal nama-nama hari, selanjutnya kamu perlu hafal bahasa Korea untuk bulan dan tahunnya.

  • 주 (Ju): Minggu
  • 년 (Nyeon): Tahun
  • 월 (Wol): Bulan
  • 일/하루 (Il/ha-ru): Hari
  • 오늘 (O-neul): Hari ini
  • 내일 (Nae-il): Besok
  • 어제 (Eo-je): Kemarin
  • 시 (Si): Jam
  • 초 (Cho): Detik
  • 분 (Bun): Menit

Kosakata Bahasa Korea Angka

Dalam bahasa Korea, angkat terbagi menjadi dua bagian, di antaranya Sino-Korean dan Native Korean. Sino-Korean digunakan untuk menyebutkan tanggal, uang, dan alamat. Sedangkan Native Korean digunakan untuk usia dan jumlah barang.

  • 일/하나 (Il/Ha-na): Satu
  • 이/둘 (I/dul): Dua
  • 삼/셋 (Sam/set): Tiga
  • 사/넷 (Sa/net): Empat
  • 오/다섯 (O/da-seot): Lima
  • 육/여섯 (Yuk/yeo-seot): Enam
  • 칠/일곱 (Chil/il-gob): Tujuh
  • 팔/여덟 (Pal/yeo-deol): Delapan
  • 구/아홉 (Gu/a-hop): Sembilan
  • 십/열 (Sib/yeol): Sepuluh
  • 이십/스물 (I-sib/seu-mul): Dua puluh
  • 삼십/서른 (Sam-sib/seo-reun): Tiga puluh
  • 사십/마흔 (Sa-sib/ma-heun): Empat puluh
    오십/쉰 (O-sib/swin): Lima puluh
  • 육십/예순 (Yuk-sib/ye-sun): Enam puluh
  • 칠십/일흔 (Chil-sib/il-heun): Tujuh puluh
  • 팔십/여든 (Pal-sib/yeo-deun): Delapan puluh
  • 구십/아흔 (Gu-sib/a-heun): Sembilan puluh
  • 백 (Baek): Seratus
  • 천 (Cheon): Seribu
  • 백만 (Baek-man): Satu juta

Aplikasi Belajar Bahasa Korea

Buat kamu yang ingin belajar bahasa Korea, tapi tidak memungkinkan untuk mengikuti les private, kamu bisa belajar di rumah dengan menggunakan aplikasi, loh. Dengan menggunakan aplikasi, akan mempermudah kamu dalam berbahasa Korea, apalagi kamu bisa melakukannya kapan saja. Apa saja sih aplikasi tersebut?

1. Duolingo

Aplikasi belajar bahasa Korea yang pertama adalah Duolingo. Ini merupakan satu aplikasi terbaik untuk kamu yang ingin belajar bahasa asing, tentunya termasuk bahasa Korea. Maka aplikasi ini wajib kamu coba. Dalam aplikasi ini, tersedia kursus untuk lebih dari 20 bahasa, serta lengkap dengan fitur dan permainan yang akan mengajak kamu mengenal dasar (kosakata), mengasah kemampuan baca tulis hingga latihan pelafalan bahasa Korea.

2. Drops: Lern Korean

Aplikasi yang berikut ini menyediakan pembelajaran 33 bahasa sekaligus, termasuk bahasa Korea. Fokus belajar yang ada dalam aplikasi Drops adalah tentang kosakata dan frasa. Selain itu, aplikasi belajar bahasa Korea ini juga menyediakan berbagai games dan kuis dengan grafis, loh. Game tersebut sengaja dibuat agar tidak memboasankan saat belajar. Meski di versi gratisnya Drops hanya memberi waktu lima menit per hari buat belajar bahasa Korea, tapi cukup untuk menambah wawasan penggunanya tentang bahasa Korea secara lambat laun.

3. Naver Korean Dictionary

Dengan aplikasi bernama Naver Koeran Dictionary ini, kamu bisa belajar bagaimana cara menggunakan kosakata, idiom populer, dan struktur tata bahasa Korea. Selain itu, dalam aplikasi belajar bahasa Korea yang satu ini, juga tersedia rekaman audio, sehingga kamu dapat mengecek sendiri bagaimana pengucapan kata yang tepat dalam bahasa Korea.

Bukan hanya itu, seperti namanya Naver Korean Dictionary juga memungkinkan kamu untuk menerjemahkan dari bahasa Korea ke bahasa lain, pun sebaliknya. Belajar bahasa bisa kita lakukan kapan saja dan di mana saja lewat aplikasi smartphone. Biar kata masih pemula, tujuh aplikasi belajar bahasa Korea terbaik di atas bisa membantu kamu belajar bahasa Korea ke level yang lebih tinggi.

4. Rosetta Stone

Aplikasi belajar bahasa Korea berikutnya ada Rosetta Stone. Dengan menggunakan aplikasi ini memungkinkanmu untuk menguasai bahasa Korea dengan sangat mudah dan cepat, loh. Menurut fluentu, Rosetta Stone dibantu para pengajar dari seluruh penjuru dunia yang telah memiliki pengalaman hingga dua puluh tahun belajar dan mengajar bahasa Korea.

Untuk mempermudah penggunanya mengingat banyak kosakata dan kalimat, Rosetta Stone menggunakan stimulasi audio visual. Karenanya kamu dapat mendapatkan feedback secara real-time agar dapat mengetahui letak kesalahan pengucapan saat belajar. Dengan Rosetta Stone, kamu juga dapat mengikuti sesi pembelajaran secara live melalui internet dengan tutor yang merupakan penutur asli bahasa Korea.

5. Hello Talk-Lern Languages Free

Dan yang terakhir ada aplikasi Hello Talk-Lern Laguages Free. Bukan hanya belajar, aplikasi ini juga memungkinkan kamu ntuk berkomunikasi langsung dengan orang asing. Jadi, bagi kamu yang belajar bahasa Korea, kamu bisa melatih kemampuan kamu dengan berbincang langsung bersama orang Korea asli. Hal itu ada pada fitur pertukaran pelajar di mana kamu yang belajar bahasa Korea akan saling berkomunikasi dengan warga Korea yang belajar bahasa kita.

Baca Juga: 16 Keuntungan Mempelajari Bahasa Asing

Ternyata untuk belajar bahasa Korea tidak sesulit yang kita bayangkan, ya? Semoga dengan adanya artikel ini akan lebih memudahkanmu dalam belajar bahasa Korea. Semoga bermanfaat.

  • Bagikan
seruni.id