Bosan Ditanya Kapan Nikah? Ini Cara Cedas Mengatasinya!

Bosan Ditanya Kapan Nikah? Ini Cara Cedas Mengatasinya!
genpi.co

Seruni.id – Saat ditanya kapan nikah, apa sih yang kamu rasakan? Senang, bingung, atau justru merasa sebal? Masing-masing orang memiliki perasaan sendiri saat ditanya kapan nikah. Sebagian orang mungkin ada yang jengkel saat mendapatkan pertanyaan tersebut, apalagi jika pertanyaan yang dilontarkan sudah berulang kali didengar.

Bosan Ditanya Kapan Nikah? Ini Cara Cedas Mengatasinya!
halompito.wordpress.com

Nah, agar kamu tidak terlalu kesal saat ditanya kapan nikah, lebih baik hadapi saja pertanyaan tersebut dengan sikap eleganmu. Bagaimana caranya? Berikut ini Seruni berikan tipsnya, ya.

1. Carilah Seseorang yang Mendukungmu

Saat ditanya kapan nikah, biasanya kamu akan merasa terpojok akan pertanyaan tersebut. Namun sayangnya, dalam kasus ini, kamu mungkin tidak akan menemukan terlalu banyak orang yang mendukung status lajangmu. Tapi setidaknya, kamu akan menemukan orang yang dapat melihat sisi lain dari dirimu dan meyakinkan keluargamu, bahwa melajang bukanlah masalah besar.

2. Berikan Senyuman Terbaik

Senyum adalah solusi terbaik jika mendapati pertanyaan yang sulit dijawab. Apalagi saat ditanya kapan nikah. Kalau kamu tidak berniat untuk menjawabnya, maka berikanlah senyuman terbaikmu. Sebab, senyum saja sudah mewakili jawaban diplomasi yang elegan.

3. “Doakan Saja”

Selain senyum, kamu juga bisa memberikan jawaban “Doakan saja, ya”, meski terkesan basa-basi, tapi jawaban ini sangat baik, loh. Dan pastinya mereka tidak akan berlanjut menanyakan hal tersebut padamu. Bukankah semakin banyak yang mendoakan, semakin besar kemungkinan doa tersebut akan dikabulkan? Jadi, tak usah ragu untuk meminta doa pada mereka, ya.

4. Menetapkan Batasan

Menetapkan batasan itu penting, loh. Apalagi kepada meraka yang kerap menanyakan tentang hal pernikahan padamu. Kapan pun kamu merasa sedang menghadapi tekanan, entah dari orangtua, teman, keluarga, untuk menikah, katakan dengan jelas bahwa kamu akan melakukannya ketika kamu sudah menemukan orang yang tepat. Dan katakana juga, mereka tidak boleh terus menganggu masalah pribadimu. Selain itu, jangan lupa jelaskan tentang konsekuensi yang harus dihadapi saat menikah dengan seseorang yang salah hanya karena terburu-buru.

5. Bertanya Balik

Ketika ditanya kapan nikah, sebenarnya kamu bebas memilih menjawabnya atau tidak. Namun, kalau kamu sudah terlalu lelah dengan pertanyaan yang kamu pun belum tahu jawabannya, kamu bisa menanyakan balik kepada mereka, loh. Mungkin cara ini terbilang cukup ketus. Karena ini bersifat ‘menyerang balik’ sang penanya. Misalnya, orang yang bertanya sudah menikah, tetapi belum memiliki anak, kamu bisa bertanya, “Kapan punya anak?” Tapi Seruni tidak sepenuhnya membenarkan cara ini, ya. Kamu bisa menanyakan hal lain yang bisa mengalihkan pertanyaan kapan nikah tersebut.

6. Lemparkan Candaan

Sebetulnya kamu tidak perlu jengkel saat ditanya kapan nikah. Sebab, sering kali si penanya hanya basa-basi saja, mereka pun sebenarnya tidak perlu jawaban yang serius. Kalau begitu, kamu bisa melemparkan candaan, loh. Misalnya, “Nanti kalau aku nikah, banyak yang patah hati lagi.” Simpel, kan?

7. Menasihati

Kamu pasti tahu kan, kalau menikah itu bukan sekadar sah saja? Butuh persiapan serius untuk mewujudkannya. Maka tak ada salahnya kamu menasihati sang penanya meskipun tujuannya adalah basa-basi, tetapi katakan lah bahwa menikah adalah sesuatu yang sakral yang perlu persiapan matang.

8. Beri Jawaban Bijak

Poin selanjutnya saat ditanya kapan nikah, kamu harus bisa memberikan jawaban bijak. Terlebih soal pernikahan. Misalnya, “Menikah itu bukan perlombaan, bukan siapa cepat dia hebat. Tapi menikah itu masalah kesiapan, mulai dari kesiapan mental, finansial, ilmu, dan lainnya. Nanti saat waktunya sudah tepat, jodoh pun pasti akan datang dengan sendirinya. Jika kamu sudah menemukannya, bersyukur lah, tetapi jika belum bersabar lah dan terus berusaha.”

9. Jelaskan Alasanmu

Dalam kehidupan, tidak ada satu orang pun yang berhak memaksa kita melakukan sesuatu, apalagi saat kita belum siap. Semakin cepat kamu membuat keluarga dan teman-temanmu menyadarinya, semakin baik bagimu juga. Sebab, ketika mereka memahami sudut pandangmu tentang pernikahan, tuntutan dan drama seputar hidupmu juga akan turun drastis.

10. Abaikan Saja

Nah, kalau kesembilan poin di atas tidak bisa menyelesaikan masalahmu saat ditanya kapan nikah, cara terbaik mengatasinya adalah dengan mengabaikannya. Kadang-kadang, orang lain didorong oleh reaksi yang kamu ciptakan sendiri. Jika keluarga atau temanmu terlalu sering membicarakan topik pernikahan ini, kamu dapat menanggapi apa pun yang mereka katakan dengan senyuman tanpa terlalu tertarik pada percakapan. Mereka mungkin mundur saat melihat ketidakpedulianmu.

Baca Juga: 6 Cara Jitu Mengatasi Stres Menjelang Pernikahan

Demikianlah beberapa cara cerdas dan elegan yang bisa kamu lakukan saat ditanya kapan nikah. Semoga dengan tips ini, tak ada lagi yang mempermasalahkan status lajangmu, ya. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.