Masih Bermalas-malasan Membaca Alquran? Ini Kiatnya Agar Tetap Istiqomah

Wajibbaca.com

Seruni.id – Menata diri agar selalu istiqomah adalah hal yang lebih sulit, dibandingkan dengan memulai. Terlebih ketika beristiqomah untuk beribadah dan membaca Alquran. Sebab, di era modern ini banyak sekali godaan yang menghampiri diri kita, seperti adanya gadget, kita jadi lebih sering menunda membaca Quran ataupun ibadah lainnya, dan justru disibukkan dengan segala tipu daya duniawi.

republika.co.id

Padahal, di Alquran sendiri telah disebutkan, orang yang memuliakan Alquran dengan senantiasa membacanya akan mendapatkan kemuliaan. Nah, karena itu dalam artikel kali ini, Seruni akan membagikan kiat-kiat agar kita bisa konsisten dalam membaca Alquran setidaknya 1 juz per hari. Berikut tips-tipsnya:

Ketahui Keutamaan Membaca Alquran

“Barangsiapa membaca satu huruf dari kitab Allah, maka ia akan mendapatkan satu kebaikan dari huruf itu, dan satu kebaikan itu akan dilipatgandakan menjadi sepuluh. Aku tidaklah mengatakan alif-lam-mim itu satu huruf, tetapi alfi satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.” (HR. Turmudzi).

Telah disebutkan, bahwa siapa yang membaca Alquran kebaikannya akan dilipatgandakan. Bisa dibayangkan, jika kita berhasil menyelesaikan 1 juz per harinya, begitu luar biasa pahala yang kita dapatkan dari membaca Alquran. Sebenarnya, tidak ada alasan untuk kita bermalas-malasan membaca Alquran, apalagi keutamaan dan ganjarannya sudah snagat jelas. Tetapi perlu diingat ya, ketika membaca Quran, niatkan hanya kepada Allah SWT, ya.

Menyusun Jadwal

Waktu terbaik membaca Alquran adalah sebelum masuk waktu salat atau selepas salat. Namun, jika kamu memiliki kendala dengan waktu, kamu bisa membiasakan diri untuk membacanya selepas salat maghrib dan sebelum masuk salat Isya. Ini juga bisa menjadi pengisi waktu antara maghrib dan Isya.

Menentukan Target

Selain menyusun jadwal, kamu juga perlu menentukan target bacaan Alquran setiap harinya. Misalnya, membaca Quran sebanyak satu lembar dalam satu hari untuk setiap hari. Kamu juga boleh memulainya dengan beberapa potongan ayat. Jika sudah terbiasa dan lancar, tingkatkan kuantitas bacaanmu. Misalnya amalkan dua lembar dalam satu hari dan seterusnya. Akan lebih baik lagi, ketika membaca Alquran kita juga membaca terjemahannya. Hal ini akan mempermudah kita untuk memaknai dan mempelajari Alquran.

Letakkan Alquran di Tempat yang Mudah Dilihat

Selain sibuk, alasan lain seseorang jarang membaca Alquran adalah karena malas. Nah, langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan meletakkan Alquran di tempat yang mudah di jangkau mata. Hal ini akan bermanfaat agar kamu merasa diingatkan untuk membuka, membaca, serta mempelajari Alquran.

Buat Komitmen pada Diri Sendiri

Berjanjilah pada diri sendiri untuk selalu beristiqomah dalam membaca dan memperlajari Alquran. Tanamkan dalam hati, bahwa tidak ada yang bisa memisahkanmu dalam Alquran kecuali jika ajal sudah menjemput. Jadikanlah Alquran sebagai petunjuk hidup agar tidak tersesat. Yakinlah, Alquran akan menjadi kompas kehidupanmu ketika tersesat dan kehilangan arah.

Bergaul denngan Teman yang Satu Tujuan

Teman sangat berpengaruh untuk kehidupan kita. Nah, untuk itu, jika kamu ingin beristiqomah dalam membaca Alquran, bertemanlah dengan orang yang memiliki visi misi sama denganmu. Dengan begitu, secara langsung maupun tidak lansung, kamu akan senantiasa bersemangat dalam membaca Alquran. Apabila tidak mendapati kumpulan orang-orang yang sevisi dengan lingkunganmu karena beberapa alasan, maka kamu bisa ikut komunitas online, seperti komunitas ODOJ (One Day One Juz).

Mencintai Alquran dan Memiliki Hasrat untuk Terus Memepelajarinya

Agar bisa konsisten dan istiqomah membaca Alquran, penting sekali untuk memiliki rasa cinta kepada Alquran serta hasrat untuk selalu membacanya. Adakalanya kita merasa jenuh atau mungkin ada rasa malas yang menggoda. Sesungguhnya, saat itu Alquran sedang rindu dan ingin dibaca oleh kita. Maka, cintailah Alquran.

Sebaik-baiknya manusia adalah mereka yang senantiasa membaca Alquran dan mengamalkannya. Maka dari itu, mari kita perbanyak amalan dengan membaca Alquran. Semoaga beberapa kiat di atas dapat membantu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.