10 Cara Menabung 1 Juta Per Bulan untuk Anak Sekolah, Mudah Banget Loh!

  • Bagikan
10 Cara Menabung 1 Juta Per Bulan untuk Anak Sekolah, Mudah Banget Loh!
kelsey.lk

Seruni.id – Apakah kamu sedang mencari cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah? Saat ini kamu sedang membuka artikel yang tepat. Sebab, Seruni akan membagikan beberapa cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah dengan mudah. Kalau kamu penasaran, langsung saja disimak caranya berikut ini.

10 Cara Menabung 1 Juta Per Bulan untuk Anak Sekolah, Mudah Banget Loh!
orami.co.id

Menabung harus dibiasakan sejak dini. Agar kelak kita tidak perlu merepotkan orang lain saat menginginkan sesuatu. Terlebih bagi para pelajar yang biasanya diberikan uang saku oleh orangtuanya. Daripada dihamburkan, bukankah lebih baik disimpan saja? Oh ya, menabung juga bisa membentuk kita menjadi orang yang bijak, disiplin dan konsisten, loh.

Namun, sebelum menabung, kita harus memiliki target terlebih dahulu. Agar kita bisa semangat melakukannya. Misalnya, kita memiliki target untuk menabung 1 juta per bulan. Meski bagi anak sekolah ini cukup sulit, tapi jika bersungguh-sungguh pasti kita mampu mencapai target tersebut. Nah, berikut ini, Seruni juga akan membagikan bagaimana cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah. Simak baik-baik, ya!

 

Cara Menabung 1 Juta Per Bulan untuk Anak Sekolah

1. Tentukan Target Menabung

Cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah yang pertama, yaitu tentukanlah target menabung. Kalau kamu berniat ingin mengumpulkan uang 1 juta hanya dalam satu bulan, maka kamu perlu bersiap untuk memegang komitmen. Disiplinkanlah dirimu untuk menabung secara konsisten. Jangan hanya semangat di awal saja, kemudian di akhir kamu justru malas. Karena jika sudah begitu, akan sangat berat rasanya untuk mencapai target tabungan yang kamu inginkan.

 

2. Mulai dari Rumah

Memulai dari rumah adalah salah satu cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah yang bisa kamu lakukan. Ada dua jenis strategi yang bisa diterapkan. Pertama, menabunglah dengan tujuan untuk membeli sesuatu. Kedua, menabung dengan tujuan untuk membangun kebiasaan menyisihkan uang saku. Keduanya sama-sama bermanfaat, asalkan dilakukan secara konsisten.

Sebagai langkah awal, mulailah menabung dengan nominal kecil terlebih dahulu. Misalnya, Rp2 ribu per hari selama satu minggu pertama. Lalu, naik menjadi Rp5 ribu pada minggu kedua, naik lagi menjadi Rp7 ribu di minggu ketiga, sampai Rp10 ribu pada minggu keempat. Dan begitu seterusnya. Jika kebiasaan ini sudah terbangun sejak bulan pertama, maka akan lebih mudah untuk menabung pada bulan berikutnya.

 

3. Mencari Kerja Sampingan

Cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah berikutnya yaitu dengan melakukan part-time alias kerja sampingan. Selain menambah uang saku, part-time juga dapat mengisi pengalaman kerja di resume-mu. Namun, biasanya pekerjaan sampingan ini lebih banyak dilakukan oleh pelajar SMA atau mahasiswa saja. Misalnya, menjadi barista, koki, pelayan restoran, atau penjaga kedai franchise. Meski bisa menjadi tamabahan untuk uang tabunganmu, tapi jangan sampai menganggu sekolahmu, ya.

 

4. Rajin Mencatat Keuangan

Tahukah kamu? Mencatat keuangan adalah salah satu cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah. Namun sayangnya, langkah ini sering sekali dilupakan. Padahal, catatan berisi pemasukan, pengeluaran, dan anggaran belanja akan mempermudah dalam mengelola keuangan. Dengan pengelolaan uang yang baik, akan menghindari kita dari perilaku konsumtif dan boros. Jadi, kamu harus rajin mencatatnya, ya. Agar target menabung 1 juta per bulan bisa tercapai.

 

5. Kurangi Belanja dan Hangout

Kalau selama ini kamu sering sekali belanja dan hangout, kali ini kamu harus mengurangi dua hal tersebut. Apalagi, kalau kamu punya target untuk bisa menabung 1 juta per bulan. Namun, bukan berati kamu tidak boleh melakukan aktivitas tersebut sama sekali, ya. Hanya saja dikurangi intensitasnya. Misalnya, sekali atau dua kali dalam satu bulan.

 

6. Buka Rekening Khusus Pelajar

Salah satu cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah adalah dengan membuka rekening khusus pelajar. Selain lebih aman, membuka rekening tabungan akan membuatmu lebih disiplin dalam mengelolanya. Dengan menabung di bank, kamu akan mengetahui cara kerja bank dan fasilitas apa saja yang bisa digunakan sehingga meningkatkan pemahamanmu terkait dunia perbankan dan keuangan secara umum.

Mulai dari kegiatan menabung sampai berinvestasi. Untuk membuka rekening khusus pelajar, penuhilah syarat yang dibutuhkan. Seperti menyiapkan dokumen berupa kartu pelajar, KTP orangtua, kartu keluarga, surat pernyataan pembuatan rekening yang ditandatangani orangtua, dan surat keterangan dari sekolah jika diperlukan.

 

7. Menabung dengan Nominal Sesuai Tanggal

Sisihkan uangmu dengan nominal sesuai tanggal. Contohnya, bila mulai menabung dari tanggal 1, maka nominalnya bisa 1.000, 11.000, 111.000, dan 1.111.000. Selanjutya harus tetap sesuai dengan angka pada tanggal berikutnya. Langkah yang satu ini bisa kamu terapkan selama satu bulan full dari tanggal 1 sampai 29. Dan jangan lupa sesuaikan dengan target awal.

 

8. Membuat Bisnis Sendiri

Salah satu solusi bagi kamu yang belum cukup umur untuk mencari pekerjaan sampingan adalah membangun bisnis sendiri. Banyak sekali bisnis yang bisa kamu lakukan, mulai dari menjual makanan, pulsa, hijab, atau mendaftar menjadi reseller di sebuah brand. Meski membutuhkan modal, tapi kalau kamu konsisten melakukannya bukan tidak mungkin akan menghasilkan pundi-pundi rupiah yang melampaui modal awal. Sehingga dengan begitu, target untuk menabung 1 juta per bulan bukan lagi hal mustahil.

 

9. Membawa Bekal ke Sekolah

Cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah selanjutnya yaitu dengan membawa bekal ke sekolah. Selain bisa menghemat pengeluaran, bekal yang dibuatkan oleh ibumu pasti akan lebih bergizi daripada jajanan yang dibeli di sekolah. Dengan membawa bekal, kamu akan bisa menghemat banyak pengeluaran sehingga uang yang biasa kamu gunakan untuk jajan di sekolah bisa kamu alokasikan untuk ditabung.

 

10. Jangan Terlalu Mengikuti Tren

Mungkin bagi sebagian orang, mengikuti perkembangan tren adalah sebuah keharusan dalam dunia pergaulan. Dengan mengikuti tren, kamu akan mengetahui informasi apa saja yang sedang populer. Namun sayangnya, tidak semua tren layak untuk diikuti sehingga kamu perlu memilih mana tren yang bermanfaat dan mana yang tidak.

Baca Juga: 

Demikianlah pembahasan mengenai cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Sudah siap untuk menabung? Selamat mencoba, ya!

  • Bagikan