6 Cara Menetralkan Kulit Wajah Jika Ingin Mengganti Skincare

  • Bagikan
6 Cara Menetralkan Kulit Wajah Jika Ingin Mengganti Skincare
journal.sociolla.com

Seruni.id – Sebelum kamu mengganti skincare, sebaiknya cari tahu dulu mengenai cara menetralkan kulit wajah. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir masalah yang muncul saat menggunakan produk yang baru.

6 Cara Menetralkan Kulit Wajah Jika Ingin Mengganti Skincare
dewiku.com

Dari waktu ke waktu, beragaman jenis skincare kian bermunculan, dengan menawarkan manfaatnya masing-masing. Tak jarang, hal ini membuat kita penasaran untuk mencobanya satu per satu. Namun, sebaiknya jangan terburu-buru ingin mengganti skincare, ya. Sebab, tidak semua jenis perawatan cocok pada wajahmu. Maka dari itu, penting sekali untuk mengetahui cara menetralkan kulit wajah terlebih dahulu. Menetralkan kulit wajah, penting sekali dilakukan untuk meminimalisir reaksi kulit jika terjadi alergi akibat produk baru. Cari tahu caranya di sini, yuk.

 

1. Jangan Terburu-buru

Untuk menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan, seperti alergi, sebaiknya kamu tidak terburu-buru untuk mengganti produk skincare-mu. Kalau kamu ingin mengganti produk skincare atau kosmetik yang telah kamu gunakan dalam waktu lama, maka gantilah dengan cara perlahan. Misalnya, dengan mengurangi intensitas penggunaannya.

Jika biasanya kamu menggunakan produk tersebut secara rutin dua kali sehari dan full selama satu minggu, maka untuk menetralkan kulit wajah, sebaiknya gunakan dua kali sehari hanya tiga kali dalam seminggu. Tidak perlu melakukannya secara langsung, kamu boleh kok melakukannya secara bertahap, hingga kulit wajah menjadi terbiasa. Namun, kamu juga tidak boleh mengabaikan kesehatan dan kebersihan kulitmu, ya.

 

2. Rutin Membersihkan Wajah

Sudah bukan rahasia lagi, bahwa membersihkan wajah secara rutin, merupakan salah satu cara menetralkan kulit wajah. Ketika kamu ingin menetralkan wajah, maka kamu harus mengurangi penggunaan skincare maupun kosmetik. Artinya, perawatan dan perlindungan terhadap wajah tidak bisa semaksimal sebelumnya. Demi mencegah terjadi masalah pada kulit, jangan lupa imbangi dengan membersihkan wajah secara maksimal. Pastikan kamu melakuakn double cleansing agar wajah selalu dalam kondisi bersih. Oh ya, kamu juga tidak perlu terlalu sering mencuci wajah, ya, karena hanya akan membuat wajah menjadi kering.

 

3. Mengecek Kandungan pada Skincare

Sebelum kamu mengganti skincare, pastikan kandungan yang ada di dalam produk tersebut coock dengan jenis kulitmu. Pastikan pula, tidak ada bahan berbahaya atau yang membuatmu alergi. Meski terkesan sepele, tapi cara menetralkan kulit wajah yang satu ini penting banget untuk diperhatikan. Jika sudah cocok dengan produk sebelumnya, maka carilah produk baru dengan kandungan yang serupa. Jika perlu, periksalah nomor BPOM kosmetik untuk mengecek keaslian produknya.

 

4. Hindari Penggunaan Kandungan Aktif

Cara menetralkan kulit wajah, sebaiknya kamu tidak tegoda dengan produk skincare yang memiliki kandungan aktif. Seperti retinol, vitamin C, alpha arbutin, naicinamide, dan lainnya. Sebab, kandungan aktif hanya akan mempengaruhi kulit, sehingga kamu akan kesulitan untuk melihat reaksi dari skincare baru yang digunakan. Salah-salah, kombinasi antara kandungan aktif dan skincare baru justru bisa membuat kulitmu iritasi.

 

5. Lihat Respons Kulit

Ketika kamu sedang melalui proses untuk menetralkan kulit wajah, pastinya akan ada respons yang ditunjukkan oleh kulit. Respons yang timbul pun biasanya berbeda-beda. Jika kulitmu biasa dirawat, mulai dari menggunakan serum hingga pelembap, kemudian dihentikan, maka kulit akan berubah. Namun, tak perlu khawatir, kamu bisa mengatasinya denagn mencoba produk baru sambil perlahan-lahan meninggalkan produk lama.

Sebaiknya, gunakanlah secara selang-seling dengan intensitas ringan. Kalau khawatir, kamu bisa mencobanya dengan cara mengaplikasikan produk baru di beberapa bagian tertentu, seperti kulit leher atau di bawah telinga, kemudian tunggu hingga 24 jam, barulah kamu bisa melihat reaksi yang ditimbulkan.

Apabila kulitmu memberikan reaksi negatif seperti timbul jerawat, atau gatal yang mengganggu dalam waktu lama, atau bahkan iritasi. Sebaiknya kamu dapat menghentikan penggunaan dan mencari produk lain atau kembali ke produk lama.

 

6. Mengonsumsi Air Mineral Secara Rutin

Sempurnakan proses pergantian skincare dengan mengonsumsi air mineral secara cukup. Dengan asupan cairan yang cukup, maka akan membuat proses-proses biologis di dalam tubuh akan berjalan lancar. Hal ini juga akan membuat kulitmu menjadi lebih segar dan sehat. Jadi saat proses pergantian skincare jangan sampai kamu kurang mengonsumsi air mineral, ya.

Baca Juga: Rekomendasi Baby Pink Skincare, Produk Perawatan Wajah Terbaik!

Itulah beberapa tahapan dalam cara menetralkan kulit wajah sebelum kamu mengganti skincare. Semoga bisa membantu, ya.

  • Bagikan