5 Cara Mudah Menabung untuk Berkurban Setiap Tahun!

  • Bagikan
5 Cara Mudah Menabung untuk Berkurban Setiap Tahun!
finance.detik.com

Seruni.id – Sebagian dari kita, mungkin ingin sekali melaksanakan kurban setiap tahunnya. Namun, karena dana yang tidak memungkinkan, keinginan tersebut terpaksa harus ditunda sampai dana benar-benar cukup. Agar bisa segera melaksanakn niatan baik ini, Seruni ingin memberikan cara mudah menabung untuk berkurban setiap tahun.

5 Cara Mudah Menabung untuk Berkurban Setiap Tahun!
inews.id

Rupiah demi rupiah yang kita kumpulkan nantinya bisa digunakan untuk membeli hewan kurban, berupa sapi, kambing, maupun domba. Namun, sebelum melakukannya, kita harus tahu dulu nih apa hukum menabung untuk qurban. Apakah ini bagian dari nazar atau tidak?

Hukum Menabung untuk Kurban

Melansir dari laman bincang syariah, menabung untuk berkurban tidak termasuk bagian nazar. Hanya saja dikategorikan sebagai niat dan keinginan untuk melakuakn kurban. Oleh karena itu, apabila kita menabung atau arisan kurban, maka hal tersebut bukanlah nazar dan tidak termasuk kurban wajib. Sehingga kita diperbolehkan unutk mengonsumsi daging kurban tersebut.

Sebagaimana pendapat para ulama, jika kita hanya sekadar membeli hewan kurban, menabung, atau berniat untuk berkurban, maka hal tersebut tidak disebut nazar. Dikatakan sebagai nazar apabila hewan kurban telah dibeli atau sudah ada dan ada ungkapan lisan dari pemiliknya bahwa hewan ini adalah hewan kurban. Misalnya, “Aku jadikan hewan ini sebagai kurbanku, atau ‘Demi Allah, aku berkurban dengan hewan ini’.”

Cara Mudah Menabung untuk Berkurban

Ada berbagai cara mudah menabung untuk berkurban yang bisa kalian lakukan. Berikut ini Seruni telah merangkum beberapa caranya:

1. Menabung Setiap Bulan

Mengumpulkan rupiah demi rupiah menjadi salah satu cara mudah menabung untuk berkurban yang bisa kalian lakukan. Sebab, harga hewan ternak tidaklah murah, tapi akan terasa ringan jika kamu rutin menyetorkan uang setiap bulannya. Namun sebelumnya, tentukan lebih dulu nominal yang bisa kamu tabungkan setiap bulannya.

Selain itu, kamu harus mengetahui juga harga hewan ternak pada umumnya, kemudian memprediksi harga pada tahun berikutnya, dan terkahir sesuaikan dengan pemasukan setiap bulannya. Misalnya, harga sapi tahun ini Rp12 juta dengan prediksi kenaikan sekitar 15% di tahun berikutnya. Maka dapat diperkirakan harga sapi di tahun depan mencapai Rp14 juta-an. Kemudian bagi menjadi 10 bulan. Sehingga setiap bulannya kamu harus menyisihkan uang sebesar Rp1,4 juta.

2. Menyisihkan Uang Setiap Hari

Cara mudah menabung untuk berkurban yang satu ini juga bsia kamu coba, yaitu dengan menyisihkan uang setiap hari di celengan. Misalnya, setiap hari kamu menyisihkan uang sebanyak Rp10.000 secara konsisten selama satu bulan. Maka uang yang terkumpul dalam satu bulan sebanyak Rp300.000. Dalam setahun ke depan, celenganmu akan terisi sekitar Rp3,6 juta. Ini sudah lebih dari cukup untuk berkurban satu ekor kambing.

3. Menabung Emas

Selain menabung langsung dengan uang, kamu juga bisa memilih alternatif lainnya, yaitu menabung dengan emas. Cara mudah menabung untuk berkurban yang satu ini, bisa kamu lakukan jika dirasa sangat sulit untuk menyisihkan sebagian pendapatanmu. Selain mudah, menabung emas juga bisa dijadikan sebagai ajang investasi. Menabung emas juga aman, karena harga emas yang cenderung stabil bahkan sering meningkat. Kamu bisa memulainya melalui program-program yang disediakan oleh pihak terpercaya, seperti pegadaian.

4. Menggunakan Jasa Pihak Ketiga

Cara selanjutnya, kamu bisa menggunakan jasa pihak ketiga. Ini bisa kamu lakukan jika memang kesulitan untuk menabung secara mandiri. Terlebih, saat ini sudah banyak sekali lembaga khusus kurban yang dapat membantu menabung untuk membeli hewan kurban. Kamu bisa memilih paketnya sesuai dengan lamanya simpanan tersebut.

5. Arisan Kurban

Cara mudah menabung untuk berkurban yang berikut ini sudah marak dilakukan oleh masyarakat. Kamu bisa mulai mengajak sanak saudara atau teman sebanyak-banyaknya untuk mengadakan arisan kurban. Akan tetapi, sebelum melakukannya, buatlah kesepakatan terlebih dulu mengenai bagaimana cara pembayarannya, jumlah arisan, jumlah peserta, jangka waktu arisan, dan hal-hal lainnya. Sehingga kamu bisa menghindari penipuan dari arisan tersebut.

Itulah sejumlah cara mudah menabung untuk berkurban yang bisa kamu lakukan, dari kelima cara di atas, sebaiknya mana sih yang harus dipilih? Semua kembali kepada pribadi masing-masing, dengan mempertimbangkan sejauh mana kamu bisa disiplin dan konsisten melakukannya.

Baca Juga: 8 Keutamaan Serta Hikmah Berkurban Saat Idul Adha

Jika untuk nongkrong saja ada budget yang bisa dikeluarkan, kenapa tak mencoba menyisihkannya untuk berkurban? Berbagi untuk kebaikan, pasti akan mendatangkan kebaikan. Yuk mulai sisihkan sejak sekarang.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

seruni.id