5 Cara Mudah Mengkhatamkan Alquran Selama Ramadan

tirto.id

Seruni.id – Ramadan adalah bulan diturunkannya Alquran, sehingga di bulan suci ini menjadi waktu yang tepat untuk berinteraksi dengan Allah Ta’ala melalui Alquran. Salah satu caranya adalah dengan memperbanyak membaca dan mengkhatamkan Alquran. Tapi, mungkinkah kita bisa mengkhatamkan Alquran selama Ramadan ini? Jawabannya adalah, bisa. Selama ada niat yang kuat serta kemauan untuk menuntaskannya. Bagiaman caranya? Berikut cara mudah khatamkan Alquran:

ugetuget.com

Mebaca 1 Juz dalam Satu Hari

Jika ingin menuntaskan bacaan Alquran di bulan Ramadan ini, maka kita bisa membaca Alquran 1 juz setiap harinya. Agar terasa lebih mudah, bacaan tersebut bisa dibagi menurut jumlah ayat. Misalnya, juz pertama terdiri dari 286 ayat dalam surat Al Fatihah dan Al Baqarah, bisa dibagi ke dalam lima waktu salat.

Membaca 2 Lembar Setelah Salat 5 Waktu

Agar khatam Alquran selama bulan Ramadan, sebaiknya bacalah Alquran sedikitnya 2 lembar di setiap selesai salat 5 waktu. Pastikan konsisten untuk membacanya. Dengan sedikitnya membaca ayat Alquran sebanyak 2 lembar atau 4 halaman, dengan begitu, kita dapat dengan mudah mengkhatamkan Alquran di akhir Ramadan.

Membaca Alquran di Berbagai Tempat

Membaca Alquran tidak selalu harus di masjid ataupun di mushola. Sebenarnya, kita bisa membacanya di mana saja, yang terpenting tempat tersebut suci dari najis. Contohnya, kita bisa membacanya saat sedang di perjalanan. Jika tidak memungkinkan membawa Alquran besar, kamu bisa memakai Alquran saku, karena lebih praktis.

Menginstal Aplikasi Alquran di Gadget

Di era ini, semuanya sudah serba dimudahkan. Maka, bukan tidak mungkin kita bisa membaca Alquran dengan menggunakan gadget. Daripada menghabiskan waktu hanya untuk membuka sosial media, dan mengulik kehidupan orang lewat sosmed, yang sudah jelas perbuatan tersebut akan menimbulkan dosa. Nah, lebih baik, gunakan waktu luangmu untuk membaca dan mengkhatamkan Alquran yang telah diinstal di gadget. Dengan rutin membacanya, tidak menutup kemungkinan kamu bisa khatam Alquran lebih cepat dari perkiraan.

Bulatkan Niat dan Konsisten

Mengkhatamkan Alquran membutuhkan konsisten dan niat yang kuat. Beragam cara pun akan percuma dan sia-sia, jika tidak ada kesungguhan dari dalam diri. Untuk itu, pastikan kita memiliki keinginan yang kuat untuk memperbanyak ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Itulah beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengkhatamkan Alquran di bulan suci ini. Yuk, ajak keluarga untuk bersama-sama menuntaskan bacaan Alquran. Dengan begitu, para anggota keluarga akan saling memberi semangat untuk membaca Alquran di awal hingga akhir Ramadan. Bahkan, hari-hari lain di luar Ramadan.

Mengingat pada umumnya wanita akan mengalami haid setiap bulannya yang mengharuskannya libur membaca Alquran, teliti dan hitung lagi berapa waktu yang dirimu punya untuk mengkhatamkan Alquran. Tabung bacaan Alquran yang tak bisa dibaca saat menstruasi. Khatam Alquran di bulan Ramadan bukanlah suatu hal yang mustahil selama kita ada niat kuat. Khatam Alquran juga bukan hal yang mustahil selama kita konsisten dengan bacaan kita. Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.