Contoh Kerja Sama di Rumah, Sekolah, dan Lingkungan Secara Lengkap

  • Bagikan
Contoh Kerja Sama di Rumah, Sekolah, dan Lingkungan Secara Lengkap
kumparan.com

Seruni.id – Kerja sama di rumah penting sekali dilakukan, loh. Selain mempercepat sebuah pekerjaan, kerja sama juga akan melatih kekompakan kita ketika berada di sebuah tim. Apalagi, manusia adalah makhluk sosial yang tidak berfungsi secara optimal jika bergerak sendirian.

Kerja sama juga tidak hanya dilakukan di rumah saja, tapi juga di mana pun kita berada, entah di sekolah maupun di lingkungan masyarakat. Nah, maka dari itu, melalui artikel ini, Seruni akan membagikan beberapa contoh kerja sama di rumah, sekolah, dan lingkungan secara lengkap. Simak baik-baik, ya.

 

Apa itu Kerja Sama?

Contoh Kerja Sama di Rumah, Sekolah, dan Lingkungan Secara Lengkap
katadata.co.id

Sebelum mengetahui contoh bentuk kerja sama di rumah, di sekolah, dan lingkungan masyarakat, kalian perlu pahami lebih dulu apa itu kerja sama.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kerja sama adalah kegiatan yang dilakukan oleh beberapa orang guna mencapai tujuan bersama. Bekerja sama dilakukan manusia demi memenuhi kebutuhan hidupnya. Sedangkan menurut Kamus Oxford, kerja sama adalah bekerja secara bersama-sama menuju akhir yang sama.

Ada pula pengertian lain yang disampaikan oleh seorang ahli sosiologi, yakni Soerjono Soekanto, di mana menurutnya, kerja sama adalah bentuk usaha bersama antar orang per orang atau kelompok untuk mencapai tujuan tertentu. Kerja sama juga merupakan proses sosial yang terdapat aktivitas tertentu untuk mencapai tujuan bersama.

Dalam mencapai tujuan tersebut, manusia akan saling membantu satu sama lain. Saat melakukan kerja sama, akan ada interaksi antar orang yang ingin mencapai tujuan yang sama.

 

Manfaat Kerja Sama

Contoh Kerja Sama di Rumah, Sekolah, dan Lingkungan Secara Lengkap
detik.com

Tak bisa kita elakkan, bahwa dengan bekerja sama akan membuat pekerjaan berat terasa lebih ringan. Oleh karena itu, kerja sama memiliki peranan penting dalam berkehidupan sehari-hari. Adapun beberapa manfaatnya yaitu sebagai berikut:

  • Pekerjaan yang berat terasa lebih ringan jika dilakukan dengan bersama-sama.
  • Dapat mempererat hubungan persaudaraan, kekerabatan, dan menciptakan kerukunan.
  • Menghilangkan perbedaan dan menciptkan kebersamaan.
  • Membangun semangat bergotong royong.
  • Memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.
  • Membuat kehidupan bermasyarakat menjadi lebih nyaman, damai, dan tentram.

 

Contoh Kerja Sama

Seperti yang sudah Seruni sebutkan sebelumnya, kerja sama bisa dilakukan di mana saja. Nah, maka dari itu, Seruni telah merangkum contoh kerja sama di rumah, sekolah, serta lingkungan masyarakat yang harus kamu tahu dan kamu lakukukan.

 

Kerja Sama di Rumah

Contoh Kerja Sama di Rumah, Sekolah, dan Lingkungan Secara Lengkap
jogjaaja.com

Rumah adalah tempat paling ideal untuk mulai belajar bekerja sama. Kerja sama di rumah, juga bisa dicontohkan kepada anak-anak, ya. Adapun contoh kerja sama di rumah yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

1. Merapikan Kamar

Contoh kerja sama di rumah yang bisa kamu lakukan adalah dengan merapikan kamar. Kegiatan ini bisa dibagi-bagi dengan anak, adik, maupun kakak, ya. Misalnya, adikmu membereskan mainan yang ada di kamar tersebut, kakakmu membersihkan jendela, sedangkan kamu bisa dengan merapikan tempat tidur.

2. Masak

Memasak adalah salah satu contoh kerja sama di rumah yang cukup menyenangkan. Selain itu, memasak bisa melatih tanggung jawab kita, loh. Misalnya, saat memasak, kamu bisa meminta tolong adikmu untk mencuci sayuran. Biarkan ia melakukan tugasnya sendiri sampai tuntas, tapi jangan lupa untuk tetap diawasi, ya.

3. Berkebun

Berkebun juga tak kalah menyenangkan, loh. Apalagi, sebagian besar anak-anak biasanya suka bermain tanah dan air. Jadi, kamu bisa memanfaatkan kegemarannya untuk melatih anak terbiasa dengan pekerjaan rumah. Misalnya, kamu yang menanamnya dan anak yang menyiramnya. Melansir dari Lowa State University, saat anak ikut andil dalam berkebun di rumah, otomatis akan menciptakan interaksi yang terjalin dengan orangtua. Ikatan dengan orangtua pun semakin erat karena melibatkan kerja sama antar anggota keluarga.

4. Mencuci Pakaian

Kemampuan membersihkan rumah sering kali dianggap remeh. Padahal kegiatan ini bisa menjadi contoh kerja sama di rumah yang bisa dilakukan oleh anak. Saat menerapkannya, ajarkan anak tentang tahapan-tahapan mencuci pakaian. Mulai dari memisahkan baju kotor, merendam, hingga mencucinya. Kalau kamu terbiasa mencuci dengan mesin, sebaiknya tetap dampingi si kecil, ya. Kamu bisa menyetel sistem kerja mesin cuci dan jauhkan anak dari kabel listrik, saklar, detergen, dan sabun pemutih yang membahayakan mereka.

5. Menyiapkan Makanan

Menyiapkan makanan bisa menjadi salah satu kegiatan kerja sama di rumah. Saat mempersiapkan makan malam untuk keluarga, membagi tugas akan menjadi lebih baik. Misalnya, kamu yang memasak, dan si kecil menaruh makanan di meha makan, sedangkan ayah bertugas untuk menatanya. Dengan begitu, anak akan mengerti dan memiliki rasa kerja sama yang baik antar anggota keluarga.

 

Kerja Sama di Lingkungan Sekolah

Contoh Kerja Sama di Rumah, Sekolah, dan Lingkungan Secara Lengkap
bobo.grid.id

Selain contoh kerja sama di rumah, Seruni juga ingin membagikan beberapa contoh kerja sama di lingkungan sekolah. Aplagi, sekolah merupakan tempat menimba ilmu yang tidak lepas dari kerja sama. Dengan adanya kerja sama, maka terbentuklah suasana sekolah yang nyaman, aman, dan harmonis. Adapun contohnya sebagai berikut:

1. Melakukan Piket Kelas

Bentuk kerja sama di sekolah yang pertama adalah melakukan piket kelas. Biasanya piket kelas dilakukan secara berkelompok dengan jadwalnya masing-masing. Terdiri dari 5-7 siswa, mereka memiliki tugasnya masing-masing ketika piket. Misalnya, ada yang menyapu kelas, mengepel, mengisi tinta spidol, membersihkan papan tulis, hingga memanggil guru yang bertugas. Hal ini dilakukan tak lain untuk menciptakan suasana kelas yang kondusif dan nyaman.

2. Mengerjakan Tugas Kelompok

Tugas kelompok merupakan bentuk kerja sama antar murid untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru. Dalam mengerjakan tugas kelompok, sebaiknya bisa membagi peran masing-masing. Namun, tetap saja, kalian harus menemukan jawaban dari setiap tugas secara bersamaan, bukan hanya mengandalkan satu orang saja, ya.

3. Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah

Menjaga kebersihan di lingukungan sekolah adalah tugas bersama. Jadi, baik murid maupun guru harus bisa melakukannya. Bentuk kerja sama yang paling simpel adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan. Kalian juga bisa melakukan bersih-bersih sekolah secara bergotong royong. Mulai dari menyapu, mengepel, membersihkan jendela, dan lainnya. Tentunya hal tersebut dilakukan dengan membagi tugas.

4. Kegiatan Upacara Bendera

Upacara bendera adalah kegiatan rutin yang selalu dilaksanakan setiap hari Senin, maupun di hari besar kebangsaan lain. Di saat upacara, mereka yang bertugas sebagai pengibar bendera maupun regu paduan suara harus melakukan persiapan dengan matang. Adapun masing-masing yang bertugas harus mampu bekerjasama dengan baik agar upacara bendera yang dilakukan bisa berjalan dengan lancar.

5. Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler

Hampir setiap sekolah memiliki berbagai macam kegiatan ekstrakurikuler yang bisa dipilih oleh siswa sesuai dengan kemampuan dan minatnya. Misalnya ekstrakurikuler fotografi, tata busana, paduan suara, teater, dan lainnya. Biasanya, dalam kegiatan tersebut dibutuhkan kerja sama antar anggota untuk saling belajar, berinteraksi, dan meng-upgrade ilmu yang dimiliki.

6. Membantu Teman yang Sedang Kesulitan

Ketika menjumpai teman yang sedang mengalami kesulitan, maka teman-teman di sekolah bisa menunjukkan sikap kerja sama untuk membantu mereka. Misalnya, teman tersebut kesulitan dari segi ekonomi, maka kalian bisa kerja sama untuk mengumpulkan dana yang nantinya disumbangkan kepada teman yang membutuhkan itu.

7. Mengikuti Kegiatan Organisasi

Salah satu kegiatan organisasi di sekolah yang paling populer adalah OSIS. Selain itu, ada pula organisasi lain seperti PMR yang mana para siswa yang bergabung di dalamnya akan belajar banyak hal, termasuk sikap kerja sama antar pengurus dan para siswa secara umum, khususnya ketika ada acara besar di sekolah.

8. Mengadakan Iuran Kelas

Bentuk kerja sama di lingkungan sekolah yang bisa dilakukan adalah dengan mengadakan iuran kelas. Di mana hasil iuran tersebut dapat digunakan untuk membeli peralatan belajar yang dibutuhkan ataupun menolong teman kelas yang sedang mengalami musibah.

Selain contoh kerja sama di atas, ada pula contoh kerja sama yang harus kamu hindari. Misalnya:

  • Mencontek
  • Mencuri
  • Kerja sama dalam ujian
  • Berbuat kejahatan
  • Berbohong

 

Kerja Sama di Lingkungan Masyarakat

Contoh Kerja Sama di Rumah, Sekolah, dan Lingkungan Secara Lengkap
quizizz.com

Kerja sama di lingkungan masyarakat dilakukan untuk memupuk rasa kekeluargaan dan persaudaraan antar warga setempat. Adapun bentuk kerja sama di lingkungan adalah sebagai berikut:

1. Melakukan Kerja Bakti

Di setiap daerah, pasti ada agenda untuk melaksanakan kegiatan kerja bakti. Biasanya kegiatan ini dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan agar tetap bersih.

2. Siskamling

Sistem keamanan keliling alias siskamling, adalah bentuk kerja sama untuk menjaga lingkungan. Hal ini bisa dilakukan dengan menjalankan kegiatan siskamling secara rutin atau denga membuat jadwal ronda bagi para warga.

3. Mengikuti Kegiatan Rutin di Lingkungan

Apabila ada acara rutin yang diselenggarakan, tiap warga bisa bekerja sama dengan ikut serta dalam acara tersebut. Misalnya seperti ikut hadir dalam rapat RT, acara syukuran, dan lainnya. Selain sebagai bentuk kerja sama, kegiatan ini juga dapat menambah keakraban dan kerukunan antar tiap warga.

Baca Juga: Bacaan Doa Masuk Rumah dan Keluar Rumah Lengkap dengan Arab dan Latin

Demikianlah beberapa contoh kerja sama di rumah, sekolah, dan lingkungan masyarakat. Semoga dengan bekerja sama dapat melatih kekompakkan dan kepekaan kalian, ya.

  • Bagikan