Tampilkan Konten LGBT, Animasi Lightyear Dicekal 14 Negara

  • Bagikan
Tampilkan Konten LGBT, Animasi Lightyear Dicekal 14 Negara
sonora.id

Seruni.id – Lightyear salah satu film animasi garapan Disney Pixar tercancam tidak akan tayang di 14 negara kawasan Asia dan Timur Tengah. Hal ini karena spin-off dari film Toy Story itu, memuat unsur LGBT.

Dalam film tersebut, diketahui ada adegan ciuman pasangan sesama jenis. Adegan tersebut melibatkan karakter space ranger bernama Alisha yang membangun keluarga bersama seorang perempuan.

Salah satu produser Lightyear mengatakan bahwa otoritas China meminta pemotongan adegan tersebut. Namun sayangnya, permintaan tersebut ditolak oleh pihak Disney.

Hingga kini, Disney belum mendapatkan jawaban dari China. Sehingga produser tersebut meyakini film Lightyear tidak akan tayang di China.

Banyak Negara yang Menolaknya

China telah menolak untuk menampilkan adegan homoseksual di layar kaca pun layar lebar, dengan menghapus agedan hingga larangan untuk tayang. Beberapa di antaranya seperti, Call Me By Your Name, penghapusan adegan ciuman Fassbender di Alien: Convenant, dan Fantastic Beasts 3.

Selain China, Uni Emirat Arab juga menolak ditayangkannya film Lightyear karena mengandung unsur LGBT. Menurut UEA, hubungan pasangan sesama jenis itu melanggar standar konten media di sana.

Arab dan Kuwait juga menolak penayanagan film Lightyear. Sebab, film tersebut tidak pernah mengajukan ke lembaga sensor Arab Saudi untuk mendapatkan hak lulus sensor dan bisa ditayangkan di negara tersebut.

Negara-negara lainnya seperti Libanon, Mesir, Malaysia, hingga Indonesia pun tidak memberikan izin Lightyear untuk tayang di bioskop. Bahkan, hingga saat ini, negara tersebut belum mengeluarkan jadwal penanayangannya.

Film Lightyear berfokus pada karakter Buszz Lightyear yang kerap percaya bawa ia benar-benar seorang space ranger. Sedangkan, dalam film spin-off tersebut, Buzz menjadi seorang space ranger sesungguhnya, tinggal di luar Bumi, menjalankan misi untuk melawan alien.

Chris Evans dipercaya untuk mengisi suara Buzz Lightyear, menggantikan pengisi suara orisinalnya, yaitu Tim Allen.

Sang pengisi suara karakter utama itu menilai keberatan terhadap penayangan Lightyear karena konten LGBT “membuat frustrasi.”

“Sangat bagus kami menjadi bagian dari sesuatu yang membuat langkah maju dalam kapasitas inklusi sosial, tetapi membuat frustrasi bahwa masih ada tempat yang tidak begitu,” kata Chris Evans.

Baca Juga: 20 Rekomendasi Film Animasi Terbaik Sepanjang Masa

Rencananya, film tersebut dijadwalkan tayang perdana di bioskop AS dan Kanada pada Jumat (17/6/2022) mendatang. Namun, hingga saat ini belum ada informasi resmi terkait lanjutan mengenai jadwal penanyangannya di bioskop Indonesia.

  • Bagikan