5 Tips Agar Hijab Tidak Mudah Kusut dan Tetap Rapi

  • Bagikan
5 Tips Agar Hijab Tidak Mudah Kusut dan Tetap Rapi
grid.id

Seruni.id – Selain menyetrika, ada beberapa kiat khusus yang perlu kamu lakukan agar hijab tidak mudah kusut. Apa saja, ya?

5 Tips Agar Hijab Tidak Mudah Kusut dan Tetap Rapi
popbela.com

Kesal gak sih, ketika sedang terburu-buru, ternyata hijab yang ingin digunakan terlihat kusut atau tampak bekas lipatannya? Hal ini memang kerap menjadi keluhan banyak wanita berhijab. Biasanya sih penyebabnya karena cara melipat dan penyimpanannya yang kurang tepat. Agar hijab tidak mudah kusut dan selalu rapi, kamu bisa menerapkan beberapa tips berikut ini.

 

1. Perhatikan Proses Mencuci

Hal pertama yang harus kamu perhatikan agar hijab tidak mudah kusut yakni saat proses pencucian. Periksalah keterangan bahan yang biasanya ada di balik hijab. Apakah bahan tersebut boleh dicuci menggunakan mesin atau hanya boleh menggunakan tangan. Jika mencucinya menggunakan mesin, kamu juga harus mengetahui karakteristik bahannya. Misalnya, hijab berbahan polywool yang sebaiknya jangan dicampur dengan bahan-bahan teba. Sebab, sifat bahan ini seperti kaos, jika tergosok makan akan berbulu. Sedang hijab berbahan polyster, tidak perlu menjemurnya terlalu lama. Karena bahan tersebut mudah dikeringkan.

 

2. Pisahkan Hijab Sesuai Warna

Agar hijab tidak mudah kusut, cobalah pisahkan berdasarkan warnanya. Pisahkan sebagian warna yang terdiri atas hijab untuk rumah, bepergian, pesta, serta sesuai jenis seperti hijab segi empat dan pashmina. Kamu pun akan mudah mencari hijab yang ingin kamu kenakan dalam kelompok warna tertentu.

 

3. Kelompokkan Hijab Sesuai Jenis dan Bahannya

Kalau kamu sudah mengelompokkan hijab sesuai warnanya, selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mengelompokkan berdasarkan fungsi dan jenisnya. Jika hijab berbahan sifon, viscose, dan katun lebih sering kamu gunakan, maka pisahkan kerudung berbahan tersebut dengan scraf yang memiliki bahan lainnya. Hal ini akan memudahkan kamu dalam memilih hijab mana yang akan digunakan.

 

4. Membuat Tempat Penyimpanan Khusus

Ini juga harus kamu perhatikan agar hijab tidak mudah kusut, yakni menyiapkan tempat khusus. Kamu bisa menyimpannya di rak atau gantungan khusus hijab yang akan membuat koleksi hijabmu tetap rapi. Sebaiknya menyimpan hijab jangan dicampur dengan ciput yang bisa membuat kerudung mudah berantakan. Pastikan posisinya tidak ditumpuk-tumpuk supaya tidak mudah lecek.

 

5. Lakukan Teknik Melipat dan Menyimpan dengan Tepat

Tips selanjutnya yaitu lipat dan simpanlah hijab dengan benar, cara ini dilakukan untuk menghindari terbentuknya garis lipatan saat kamu memakainya. Kamu juga dapat menyertika hijab dengan rapi hingga semua garis hilang. Namun, hindarilah menyetrika sambil melipatnya, ya. Sebab, hanya akan memperjelas bekas lipatan.Lalu lipat menjadi tiga bagian sehingga bagian tengah hijab tidak terlipat, setelah itu gantunglah hijab menggunakan hanger. Oh ya, menggantung hijab hanya pada bagian 1/3 dari bahan hijab, agar tidak memberikan bekas garis lipatan pada bagian tengah bahan hijabnya.

Baca Juga: 5 Jenis Dalaman Hijab yang Nyaman dan Gak Bikin Telinga Sakit

Semoga dengan mengetahui kelima tips di atas, tak ada lagi hijabmu yang kusut. Jangan lupa share tips ini ke para hijabers lainnya, ya.

  • Bagikan