Datang di Acara Reuni, Jangan Tanya Ini Ya …

google.com

Seruni.id – Reuni dengan teman-teman lama adalah momen yang spesial dan langka. Lama tak bertemu seringkali membuat kita canggung dalam membuka obrolan. Apalagi, ketika melihat mereka sudah banyak berubah. Tapi jangan lupa, tujuan kita datang di acara reuni salah satunya adalah untuk bernolstalgia.

islampos.com

Untuk itu kita harus menjadi bagian dalam membuat momen tersebut jadi lebih menyenangkan. Ketika acara tersebut, kita juga dilarang untuk melontarkan pertanyaan yang membuat mereka tersinggung, ya. Kira-kira apa saja yanyang tidak perlu ditanyakan saat bertemu dengan kawan lama?

Status Ekonomi

Menanyakan soal pekerjaan pada teman lama, memang wajar. Akan tetapi, hindarilah untuk bertanya tentang pencapaian yang mereka dapatkan. Seperti menanyakan tentang jabatan, apalagi soal pendapatan. Sebab, pertanyaan tersebut tidaklah sopan, karena setiap orang tentunya memiliki privasi masing-masing yang tidak semua orang bisa mengetahuinya.

Pertanyaan yang Berkaitan dengan Hubungan atau Komitmen

Meski kamu telah mengenal temanmu sejak lama, jika jarang berkomunikasi tentunya akan ada jarak dimana kamu tak tahu apa saja yang telah ia lewati, apalagi hubungan percintaannya. Menanyakan soal status hubungan tidaklah perlu dilakukan, karena hal itu akan berdampak negatif. Orang yang kamu tanya bisa saja akan merasa minder, sedih, bahkan tersinggung jika ternyata ia memiliki pengalaman buruk dengan hubungan atau komitmen.

Pertanyaan Terkait Berat Badan

Pertanyaan ini sangatlah sensitif yang tidak bisa disamaratakan. Selain dapat menimbulkan rasa tidak percaya diri, menanyakan hal tersebut tentunya akan membuat mereka merasa malu, loh. Terlebih, jika hal tersebut dilakukan di depan orang banyak. Pertanyaan tentang berat badan dapat dianggap tidak sopan bagi beberapa orang, karena itu berhati-hatilah saat ingin menyenggol isu tentang berat badan, ya!

Pertanyaan Kapan Menikah

Mungkin ini menjadi pertanyaan yang paling banyak dilontarkan saat reuni. Meskipun terdengar sepele dan hanya bermaksud basa basi, menanyakan kapan menikah kepada teman yang belum menikah tentu akan membuat mereka merasa tidak nyaman. Terlebih bagi mereka yang sudah menginjak usia yang pas untuk menikah, tentu pertanyaan ini akan terasa sangat menyiksa. Daripada kita menanyakan soal pernikahan, sebagai teman lebih baik kita cukup mendoakan semoga teman kita yang belum menikah disegerakan untuk bertemu jodohnya.

Pertanyaan Mengenai Anak

Selain itu, pertanyaan mengenai “kapan punya momongan?” juga sangat sensitif dilontarkan saat reuni. Sebaiknya, kamu hindari pertanyaan tersebut saat bertemu dengan teman lama yang sudah menikah namun belum juga memiliki keturunan. Sebab, meskipun terdengar biasa saja, namun sebenarnya di dalamnya penuh luka.

Sama seperti menikah, setiap orang juga ingin memiliki keturunan. Bahkan di luar sana banyak yang sampai berusaha sekuat tenaga, mengeluarkan uang yang tidak sedikit agar bisa memiliki keturunan. Bagi mereka belum memiliki momongan merupakan beban tersendiri, baik beban sosial maupun psikis. Jadi, jangan buat mereka lebih terbebani dengan pertanyaanmu tentang kapan punya momongan ya.

Yuk mulai sekarang bijaklah dalam bertanya kepada seseorang, baik ketika reuni maupun tidak. Jangan sampai pertanyaan yang kita lontarkan justru malah menyakiti hati mereka. Lebih baik berpikirlah terlebih dahulu sebelum berbicara, ya. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.