Doa Agar Terhindari dari Sifat Riya’ dan Ingin Dipuji Orang Lain

  • Bagikan
Doa Agar Terhindari dari Sifat Riya' dan Ingin Dipuji Orang Lain
wartasidoardjo.pikiran-rakyat.com

Seruni.id – Sifat riya’ adalah sebuah syirik kecil yang keberadaannya cukup samar. Sehingga, banyak dari kita yang tidak menyadari bahwa kita telah melakukan hal riya’. Sifat tersebut kerap kali muncul di setiap ibadah dan amal baik yang kita lakukan. Seringnya dilakukan bukan karena Allah SWT, melainkan hanya ingin dipuji oleh orang lain. Tentunya ini bukanlah sifat yang terpuji, justru sifat yang harus kita hindari. Nah, kali ini Seruni telah merangkum mengenai doa yang bisa kita baca agar terhindari sifat riya’, pames, dan haus pujian. Disimak baik-baik, ya.

Doa Agar Terhindari dari Sifat Riya' dan Ingin Dipuji Orang Lain
id.theasianparent.com

Doa Agar Amal yang Dilakukan Hanya Mengharap Rida Allah

Mungkin kita sering menemukan seseorang yang selalu ingin terllihat hebat atau saleh di depan orang lain. Dan mungkin pula, diri kita juga memiliki sifat tersebut. Misalnya, ketika membicarakan ibadah kepada orang lain. Tentunya, hal ini tidak diperbolehkan, ya. Khusus untuk ibadah, biarkan hanya kita dan Allah saja yang mengetahuinya. Untuk menghindari sifat riya’, maka bacalah doa berikut ini:

“Allahumma waffiqna lihudaka waj’al amalana fi ridhaka,”

Artinya: “Ya Allah, tuntunlah kami menuju petunjukmu dan jadikan amal perbuatan yang kami lakukan sebagai amal yang selalu dilakukan hanya karena mengharap rida-Mu,”

Doa Terhindari dari Sifat Riya’

Riya’ memiliki beragam jenis, tak melulu pamer soal ibadah saja, tapi juga hal-hal lainnya. Tentunya kita harus menghindari sifat ini. Sebab, ada berbagai macam dampak yang akan kita terima, misalnya dijauhi orang lain, hingga memperoleh dosa. Agar terhindar dari riya’, ada doa yang bisa dibaca, yakni:

“Allahumma inni audzubika an usyrika bika wa ana a’lamu wa astaghfiruka lima la a’almu,”

Artinya: “Ya Allah, seungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari perbuatan menyukutukan-Mu di saat aku mengetahui dan aku mohon ampunan dari sesuatu yang aku tidak mengetahui,”

 

Doa Agar Selalu Rendah Hati

Setiap manusia memang harus berbuat baik kepada sesama, tak perlu melihat perbedaan yang ada, misal ras, suku, agama, dan lain-lain. Usahakan untuk selalu rendah hati, sebagaimana yang selalu dianjarkan oleh Rasulullah SAW, sehingga akan menetramkan bagi lingkungan sekitar. Berikut doa yang bisa dibaca:

“Allahumma ahyini miskinan, wa amitni miskinan, wahsyurni fi zumratil masakin,”

Artinya: “Ya Allah hidupkanlah aku dalam keadaan khusyu dan rendah hati, dan matikanlah aku dalam keadaan khusyu dan rendah hati, dan kumpulkanlah aku (pada hari kiamat) dalam rombongan orang-orang khusyu dan rendah hati,”

Baca Juga: 5 Cara Menghindari Rasa Malas untuk Beribadah

Demikianlah beberapa doa agar terhindar dari sifat riya’ dan selalu ingin dipuji orang lain. Jadikanlah hidupmu sebagai jalan meraih kebaikan. Semoga bermanfaat.

  • Bagikan