Doa Ketika Cemburu Melanda yang Diajarkan Rasulullah

  • Bagikan
Doa Ketika Cemburu Melanda yang Diajarkan Rasulullah

Seruni.id – Membaca doa ketika cemburu, konon dapat meredakan rasa tersebut dan membuat hati lebih tenang. Namun, bagaimanakah bacaan doa tersebut?

Doa Ketika Cemburu Melanda yang Diajarkan Rasulullah

Kecemburuan kerap kali terjadi dalam sebuah hubungan, terlebih dalam pernikahan. Sebab, cemburu adalah bumbu untuk mempererat hubungan dan juga sebagai salah satu bentuk cinta. Namun, jika cemburu terjadi secara berlebihan, bukan tidak mungkin akan menganggu keharmonisan hubungan rumah tangga.

Dalam agama Islam sendiri, ada sejumlah hal yang dapat dikategorikan boleh untuk cemburu dan tidak. Selain itu, ada pula doa ketika cemburu melanda yang dapat kita amalkan. Berikut rangkumannya:

 

Bacaan Doa Ketika Cemburu Melanda

Perasaan cemburu kepada pasangan, adalah sebuah kewajaran. Namun, kita harus bisa mengendalikan perasaan tersebut agar tidak berlebihan. Salah satunya adlah dengan membaca doa ketika cemburu melanda, doa berikut ini juga sesuai dengan anjuran Rasulullah SAW.

بِسْمِ اللَّهِ ، اللَّهُمَّ دَاوِنِي بِدَوَائِكَ ، وَاشْفِنِي بِشِفَائِكَ ، وَاغْنِنِي بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ ، وَاحْذَرْ عَنِّي أَذَاكَ

“Bismillahi, allahumma daawinii bidawaaika wasyfinii bisyifaaika wa aghrinii bifadhlika ‘amman siwaaka, wahdzar ‘anni adzaaka.”

Artinya: “Dengan nama Allah, wahai Allah obatilah aku dengan obat dari sisi-Mu. Sembuhkan aku dengan kesembuhan dari sisi-Mu, buatlah aku berlepas diri dari selain Engkau dan jauhkan aku dari siksaanmu.”

 

Cemburu yang Diperbolehkan dan Tidak Menurut Islam

Bisa dibilang, rasa cemburu adalah hal yang wajar. Namun, Islam membatasi kecemburuan agar tetap terkenali dengan baik, sehingga tidak menimbulkan konflik yang berarti. Islam membagi rasa cemburu menjadi dua, yakni ada yang diperbolehkan dan ada yang tidak. Rasulullah pernah bersabda dari sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Jabir bin Atiq yang artinya,

“Sesungguhnya sifat cemburu itu ada yang dicintai oleh Allah dan ada yang dibenci oleh Allah. Adapun cemburu yang disukai adalah cemburu yang berdasarkan curiga (dengan bukti yang jelas). Adapun cemburu yang dibenci adalah cemburu yang tidak didasari dengan bukti yang jelas.”

Jadi, kecemburuan sebaiknya dapat dituntaskan dengan komunkasi dengan pasangan. Sebab, komunikasi adalah kunci agar hubungan menjadi lebih baik. Bayangkan saja jika komunkasi berantakan, hubungan pun tidak akan beres.

Baca Juga: 

Demikiannya ulasan Seruni mengenai doa ketika cemburu yang dapat kita amalkan agar hati lebih tenang. Selain membaca doa di atas, untuk meredam kecemburuan, cobalah untuk saling percaya kepada pasangan, sisanya pasrahkan saja kepada Allah SWT dan terus memohon yang terbaik dari-Nya. Semoga bermanfaat, ya.

  • Bagikan
seruni.id