Tak Disangka, Ternyata Segini Gaji Tukang Parkir Pesawat

  • Bagikan
Tak Disangka, Ternyata Segini Gaji Tukang Parkir Pesawat
cnbc.com

Seruni.id – Berapakah besaran gaji tukang parkir pesawat? Banyak sekali yang masih penasaran dengan besaran gaji tukang parkir pesawat. Sebab, berbeda dengan juru parkir mobil atau motor, juru parkir pesawat atau yang disebut dengan marshaller memegang peranan penting dalam dunia penerbangan. Sebelum mengulik soal gaji tukang parkir pesawat, kamu harus tahu dulu nih apa saja tugas dari seorang marshaller. Simak ulasannya berikut ini, yuk!

 

Apa itu Marshaller?

Tak Disangka, Ternyata Segini Gaji Tukang Parkir Pesawat
travel.detik.com

Pernahkah kamu mendengar istilah marshaller dalam dunia penerbangan? Marshaller merupakan sebutan untuk suatu profesi yang cukup menantang di dunia pernerbangan. Seorang marshaller bertugas untuk memberikan komando kepada pilot ketika hendak memarkirkan pesawatnya di apron. Instruksi seorang juru parkir pesawat haruslah jelas, tepat, dan tanpa kesalahan. Agar pesawat tidak saling bersenggolan dan bisa mendarat atau terbang dengan baik.

Juru parkir pesawat biasanya mengenakan atribut khusus yang khas. Pada bagian kepala, terpasang sebuah headphone untuk meredam suara bising dari pesawat. Kemudian, ia juga mengenakan rompi dengan warna yang mencolok. Gunanya adalah agar ia mudah terlihat. Selain itu, ada dua buah tongkat di tangannya. Nantinya tongkat tersebut digunakan sebagai petunjuk pilot untuk mengarahkan pesawat pada tempat yang ditunjukkan oleh marshaller.

Sama halnya seperti juru parkir motor atau mobil, tugas marshaller di bandara tentunya tak lepas dari upaya keselamatan di dunia penerbangan, serta untuk keteraturan di bandanya. Namun tentunya, menjaga keselamatan penerbangan juga menjadi tanggung jawab bagi masyarakat pada umumnya.

 

Apa Saja Tugas Seorang Marshaller?

Tak Disangka, Ternyata Segini Gaji Tukang Parkir Pesawat
indozone.id

Seperti yang sudah sedikit Seruni jelaskan di atas, marshaller memiliki tugas utama untuk memberikan arahan pada pesawat saat hendak mendarat atau lepas landas. Seorang juru parkir pesawat memiliki beberapa tugas utama yang meliputi:

  • Memberikan pedoman kepada pilot melalui gerakan tangan atau lengan.
  • Menjadi pedoman sinyal bagi pesawat untuk masuk dan keluar dari apron bandara.
  • Sebagai alternatif komunikasi radio oleh pilot ketika hendak memarkirkan atau keluar dari apron bandara.
  • Menjadi perpanjangan mata pilot saat pandangan terhalang oleh kondisi cuaca atau bandara.

Umumnya, posisi marshaller berada dekat ke arah pesawat yang baru tiba di landasan menuju jalan penghubung ke tempat parkir. Melansir dari laman ekrut.com, marshaller memiliki berbagai fungsi sebagai berikut:

  • Menghindari kecelakaan penerbangan dengan memastikan apron telah steril sebelum pesawat mendarat.
  • Memastikan agar pesawat terparkir dengan sempurna tanpa bersenggolan dengan pesawat lainnya.
  • Menjaga kerapian dan ketertiban landasan pacu.

 

Berapa Gaji Tukang Parkir Pesawat?

Tak Disangka, Ternyata Segini Gaji Tukang Parkir Pesawat
ekrut.com

Penghasilan atau gaji tukang parkir pesawat selalu menjadi hal yang kerap dipertanyakan. Apalagi, menjadi marshaller bukanlah hal yang mudah. Mereka memiliki tanggung jawab yang cukup berat. Dimana mereka harus tetap menjalankan tugas dengan baik meski kondisi sedang tidak baik. Hal tersebut tentu saja dilakukan untuk keselamatan pesawat serta penumpang di dalamnya. Maka dari itu, tak heran jika banyak yang mempertanyakan tentang gaji tukang parkir pesawat.

Di negara-negara maju, gaji tukang parkir pesawat bisa mencapai Rp500 juta atau Rp1 miliar per tahunnya, loh. Lantas, bagaimana dengan di Indonesia? Gaji tukang parkir pesawat di Indonesia, tentunya berbeda jauh dari angka tadi. Rata-arata gaji marshaller di Indonesia yaitu berada di kisaran Rp4-6 juta per bulan. Namun, nominal tersebut bukanlah angka pasti. Ada beberapa hal yang memengaruhi besaran gaji tersebut. Misalnya, tergantung pada pihak maskapai, tergantung aturan negara, atau tergantung dengan pengalaman yang mereka miliki.

 

Syarat Menjadi Marshaller

Tak Disangka, Ternyata Segini Gaji Tukang Parkir Pesawat
income.id

Melihat besaran gaji tukang parkir pesawat, apakah kamu tertarik untuk menjadi seorang marshaller? Tapi, tunggu dulu. Ada beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi jika ingin melamar menjadi juru parkir pesawat. Apa saja syaratnya?

  • Usia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun. Namun, beberapa maskapai penerbangan mematok umur maksimal untuk juru parkir pesawat yaitu 24 tahun.
  • Tinggi badan minimal 158-160 cm untuk wanita dan 165-170 cm untuk pria.
  • Memiliki berat badan ideal, berdasarkan kalkulator body mass index (BMI) yang memakai metode perbandingan berat badan dan tinggi badan.
  • Sehat jasmani dan rohani.
  • Pendidikan minimal SMA/Sederajat.
  • Berpenampilan menarik dan berkepribadian baik.
  • Bisa berkomunikasi dengan baik.
  • Bersedia menjalani pelatihan khusus sebagai marshaller terkait cara membaca sinyal.
  • Bagi pemilik mata minus, dipersilakan untuk melamar posisi ini. Meski membutuhkan ketelitian dan kejelian, pemilik mata minus tetap bisa melakoni profesi ini. Dengan catatan, minusnya tidak terlalu parah dan masih dalam tahap wajar.

Selain itu, melansir dari laman ekrut.com, menurut Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Budiarto di Politeknik Penerbangan Indonesia Curug, Tangerang, calon marshaller umumnya dilakukan oleh petugas Apron Movement Control (AMC) dan taruna/taruni sekolah penerbangan. Hal itu berarti, untuk menjadi seorang marshaller diharuskan mengikuti pendidikan dan pelatihan khusus terkait aviasi.

 

Persiapan Menjadi Marshaller

Kalau kamu berminat untuk melamar sebagai marshaller, kamu harus mempersiapkan diri sematang mungkin. Ada sejumlah persiapan yang harus kamu lakukan, di antaranya:

Pastikan Persayatan Sudah Sesuai

Apakah persyaratan yang dibutuhkan sudah kamu penuhi? Pastikan kamu memenuhi syarat tersebut, ya. Agar kamu bisa masuk sebagai kriteria salah satu calon marshaller.

Mempersiapkan Diri Sebaik Mungkin

Persiapkanlah dirimu sebaik mungkin, agar kamu percaya diri bahwa kamu layak menduduki posisi tersebut. Pasalnya, banyak sekali yang berminat pada profesi tersebut, loh.

Bekali Diri dengan Pemahaman

Selain mempersiapkan diri, kamu pun harus membekali diri dengan pemahaman yang berhubungan dengan profesi marshaller. Setidaknya, kamu memiliki gambaran besar terkait profesi ini. Dengan membekali diri dengan pemahaman profesi marshaller, peluang kamu menjadi lebih besar. Saat tes atau wawancara kerja untuk posisi ini, kamu memiliki kelebihan. Pemahamanmu ini bisa menjadi ciri bahwa kamu serius.

Jangan Pilih-pilih Maskapai

Sebenarnya, tak masalah jika kamu ingin memilih tempat kerja, apalagi jika mereka memberikan gaji yang cukup besar. Namun, kalau kamu masih pemula, jangan terlalu memilih, ya. Sebab, pengalaman adalah hal yang paling utama.

Baca Juga: 

Ternyata gaji tukang parkir pesawat sangat menggiurkan, bukan? Sekarang, kamu sudah mengetahui garis besar profesi yang satu ini. Jadi, mantapkah kamu menjalani profesi ini? Semoga bermanfaat.

  • Bagikan