7 Artis yang Akui Mengidap Gangguan Kesehatan Mental

  • Bagikan
7 Artis yang Akui Mengidap Gangguan Kesehatan Mental
instagram.com/rachelvennya

Seruni.id – Gangguan kesehatan mental, menjadi salah satu masalah yang masih tabu dibahas. Sehingga tak jarang, membuat penderitanya enggan menceritakan masalah yang mereka alami. Sebab, mereka takut akan mendapatkan stigma negatif dari masayarakat, terlebih mayoritas masyarakat masih sangat awam dengan hal ini.

Kurangnya keterbukaan akan isu ini, bukan tanpa asalan. Terkadang stigma yang masih seputar ‘mencari perhatian’, ‘dianggap gila’, ‘pansos’, dan lain sebagainya kerap membuat para penderita gangguan kesehatan mental memilih untuk diam. Begitupun yang dirasakan oleh beberapa artis ini. Hal serupa juga pernah mereka rasakan. Namun, sjumlah publik figur yang akan Seurni bahas berikut ini, kemudian memilih untuk menceritakan kondisinya, guna meningaktkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap kesehatan mental. Siapa saja mereka?

 

1. Marshanda

7 Artis yang Akui Mengidap Gangguan Kesehatan Mental
instagram.com/marshanda99

Di tahun 2009 lalu, Marshanda sempat membuat heboh, lantaran sebuah video yang memperlihatkan dirinya tengah melupakan kemarahan dan kesedihannya. Setelah sekian lama berlalu, wanita yang akrab disapa Caca ini, baru mengakui dan menjelaskan bahwa dirinya memang mengidap bipolar.

Ketika itu, kondisinya sedang depresi berat dan bipolarnya kambuh, sehingga ia mengalami sulit tidur dan sering berhalusinasi. Ibu satu anak itu juga sempat menolak kondisi tersebut. Namun beruntungnya, keluarga serta teman-temannya selalu memberikan dukungan, sehingga ia mau berkonsultasi dengan psikolog.

Namun, kini Caca sudah banyak belajar tentang bipolar. Bahkan, ia juga sudah mampu memanajemen perasaan dan emosinya. Dalam banyak wawancara, Marshanda pun mengaku sudah belajar banyak akan kondisi kesehatan mental yang ia derita.

 

2. Aliando Syarief

7 Artis yang Akui Mengidap Gangguan Kesehatan Mental
instagram.com/aliandooo

Aktor muda dan berbakat, Aliando Syarief, rupanya juga mengalami gangguan kesehatan mental. Inilah alasan yang membuat dirinya vakum dari dunia hiburan. Pasalnya, pria kelahiran 26 Oktober 1996 itu mengaku dirinya didiagnosa OCD atau Obsessive Complusive Disorder. Kondisi ini terkadang membuat penderitanyamerasa harus melakukan sesuatu. Jika tidak, maka dia akan merasa cemas, khawatir, hingga takut.

 

3. Ariel Tatum

7 Artis yang Akui Mengidap Gangguan Kesehatan Mental
instagram.com/arieltatum

Artis yang pernah mengalami gangguan kesehatan mental berikutnya adalah Ariel Tatum. Di usia 18 tahun, Ariel Tatum menemukan dirinya mengalami gangguan kepribadian ambang (BPD). Hal ini sebagaimana yang pernah ia ungkapkan ke publik. Sejak saat itu, wanita dengan nama lengkap Ariel Dewinta Ayu Sekarini, melakukan berbagai macam perawatan dan pekerjaan terapeutik lainnya. Ariel mengaku, kondisi tersebut sempat membuatnya sulit membangun hubungan dengan orang lain. Bahkan, ia sempat berpikir untuk menyakiti dirinya sendiri.

 

4. Rachel Vennya

7 Artis yang Akui Mengidap Gangguan Kesehatan Mental
instagram.com/rachelvennya

Sama seperti Marshanda, Selebgram Rachel Vennya juga mengalami bipolar. Awalnya, ia sempat ragu dan takut untuk mengungkapkan hal tersebut lebih dalam. Namun, kemudian ibu dua anak itu mulai memberanikan diri untuk terbuka akan pengalamannya itu. Dengan begitu ia berharap, pengalamannya dapat meningkatkan kesadaran bagi masyarakat dan mengubah stigma mereka tentang gangguan jiwa atau mental illness.

 

5. Vidi Aldiano

7 Artis yang Akui Mengidap Gangguan Kesehatan Mental
instagram.com/vidialdiano

Dalam setiap kesempatan, Vidi Aldiano, memang selalu tampil ceria dan menghibur. Namun, siapa sangka, di balik keceriaannya itu, ternyata ia pernah mengalami gangguan kesehatan mental. Pelantun lagu ‘Nuansa Bening’ itu, mengungkapkan bahwa dirinya menderita kecemasan. Bahkan, karena kecemasannya itu, sempat membuat dirinya pingsan di akhir tahun 2018 lalu.

 

6. Prilly Latuconsina

7 Artis yang Akui Mengidap Gangguan Kesehatan Mental
instagram.com/prillylatuconsina96

Prilly Latuconsia juga pernah mengalami gangguan kesehatan mental. Kondisi yang ia alami, hampir sama seperti yang dialami oleh Aliando, yaitu OCD. Gangguan mentalnya itu, membuat Prilly tidak dapat melihat barang-barang yang berantakan. Hal tersebut sempat diungkapkan melalui kanal YouTube Aurel Hermansyah.

“Aku itu, OCD. Misalnya lagi make-up nih, terus tiba-tiba melihat sepatuku posisinya miring sedikit itu pasti langsung dibenarkan. Kalau enggak, aku pasti merasa tidak tenang,” kata Prilly.

 

7. Awkarin

7 Artis yang Akui Mengidap Gangguan Kesehatan Mental
instagram.com/awkarin

Wanita dengan nama asli Karin Novilda Sulaiman ini, juga mengalami gangguan kesehatan mental. Bahkan, sempat membuatnya ingin mengakhiri hidup pada 2018 lalu. Awkarin juga sering mengalami gangguan kesehatan mental akibat gangguan bipolar dan merasa sangat kreatif sehingga harus terus dicurahkan. Awkaerin kemudian mengatakan dia pergi ke Rumah Sakit Abdi Valuyo Jakarta untuk berkonsultasi dengan psikolog. Menurut Awkarin, dia menghabiskan empat kunjungan ke psikolog sebelum gangguan bipolar ringan didiagnosis.

Baca Juga: Hari Kesehatan Mental Sedunia: Sejarah, Tujuan, dan Tema

Itulah 7 artis yang mengidap gangguan kesehatan mental dan perjuangan dalam menghadapinya. Semoga pengalaman yang mereka alami dapat menyadarkan kita betapa pentingnya kesehatan mental.

  • Bagikan