Benarkah Keringat yang Berlebihan pada Telapak Tangan Tanda Lemah Jantung?

Seratus.id

Seruni.id – Keringat yang berlebihan pada telapak tangan benarkah merupakan tanda lemah jantung? Mitos atau fakta? Simak ulasannya berikut ini, yuk!

Siapa sih yang tidak pernah berkeringat? Pasti semua pernah mengalaminya. Berkeringat merupakan mekanisme tubuh normal untuk mendinginkan diri yang biasanya dialami pada area tertentu seperti tangan, kaki, ketiak, dan terkadang di wajah. Tapi, jika hanya telapak tangan yang sering berkeringat bahkan sangat banyak menjadi keluhan siapa pun yang mengalaminya menjadi penasaran. Sebenarnya apa sih yang terjadi pada tubuh? Bahkan ada anggapan yang sudah mendarah daging di masyarakat hingga saat ini dan menjadi semacam teori yang dipercayai banyak orang, kalau telapak tangan kalau telapak tangan berkeringat adalah tanda dari penyakit jantung. Lalu apakah hal ini benar atau hanya sekadar mitos ya?

Related image
bdnow24.com

Secara medis disebutkan ada dua jenis kelainan yang menyebabkan produksi keringat menjadi berlebih pada tubuh. Pertama pada telapak tangan (palmar hyperhidrosis) dan kedua pada telapak kaki (plantar hyperhidrosis). Hal ini disebabkan karena tubuh seseorang memiliki kelebihan hormon tiroid dalam darah (hipertiroid).

Selain disebabkan oleh hipertiroid, telapak tangan dan kaki yang kerap dibasahi oleh keringat juga menandakan seseorang tengah mengalami pembakaran berlebih pada sel-sel tubuh. Penyebab mengapa hipertiroid sering dihubungkan dengan penyakit jantung yaitu karena keduanya sama-sama membuat detak jantung berderap lebih cepat.

Meskipun penyebab pasti dari telapak tangan dan kaki berkeringat masih diperdebatkan, banyak ahli percaya bahwa hal itu disebabkan oleh sistem saraf simpatik yang hiperaktif, sehingga menyebabkan kelenjar keringat di telapak tangan dan kaki menghasilkan keringat yang berlebihan.

Baca Juga: Bukan karena Produksi Keringat Berlebih, 4 Hal Tak Terduga ini Juga Sebabkan Bau Badan Berlebih

Jadi keringat yang berlebihan pada telapak tangan sebenarnya disebabkan karena hipertiroid, bukan merupakan suatu penyakit seperti jantung lemah. Penyakit lemah jantung memiliki tanda-tanda yang lain yaitu rasa sesak pada pernapasan, mudah lelah, detak jantung tak teratur, nafsu makan rendah, dan gangguan memori.

Nah, mulai sekarang kamu udah tidak perlu bertanya-tanya lagi apakah telapak tangan berkeringat merupakan tanda sakit jantung. Akan tetapi kalau kamu sering berkeringat sehingga menganggu aktivitas sehari-hari, tiba-tiba berkeringat lebih banyak dari biasanya atau sering mengalami berkeringat di malam hari tanpa alasan yang jelas, tak ada salahnya untuk melakukan pemeriksaan lanjut ke ahlinya ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.