Hati-hati, Ini 11 Tanda Tubuh Kekurangan Magnesium

Hati-hati, Ini 11 Tanda Tubuh Kekurangan Magnesium
kafekepo.com

Seruni.id – Tanda tubuh kekurangan magnesium harus kita ketahui sejak dini. Karena jika dibiarkan, lama-kelamaan akan menjadi berbahaya. Untuk tahu lebih jelasnya, mari simak ulasan berikut ini.

Hati-hati, Ini 11 Tanda Tubuh Kekurangan Magnesium
kaskus.com

Magnesium adalah zat yang memiliki peran penting dalam tubuh. Keberadaannya sangat dibutuhkan untuk dapat memenuhi kebutuhan di dalam tubuh. Meskipun mineral ini dapat dihasilkan sendiri oleh tubuh, tetapi jika tubuh kekurangan magnesiu, maka mau tidak mau tubuh harus dibantu dengan suplemen magnesium.

Fungsi penting magnesium antara lain, membantu pertumbuhan dan pemeliharaan tulang. Selain itu, magnesium sangat diperlukan menunjang sistem kerja saraf dan otot. Magnesium juga diperlukan untuk menetralkan asam lambung dan membantu proses sekresi.

Jika kebutuhan magnesium ini tidak terpenuhi dengan baik oleh tubuh maka yang terjadi adalah munculnya berbagai masalah kesehatan. Ada beberapa sinya yang tubuh berikan saat kekurangan magnesium. Untuk mengetahui lebih jelasnya, ikuti rangkuman informasi tanda tubuh kekurangan magnesium bersama Seruni berikut ini:

1. Ingin Selalu Mengonsumsi Makanan yang Manis

Keinginan untuk terus mengonsumsi makanan yang manis, bisa menjadi tanda bahwa tubuh kekurangan mineral, khususnya magnesium. Bagi kamu yang sudah berencana menurunkan berat badan, tentunya akan semakin berat jika terus-terusan ingin makan manis.

2. Kaki dan Tangan Selalu Kesemutan

Kesemutan pada kaki dan tangan, sepertinya adalah hal yang wajar terjadi. Namun, jika kesemutan terjadi secara terus-menerus, kamu perlu hati-hati nih. Sebab, bisa saja ini adalah tanda tubuh kekurangan magnesium. Di mana magnesium memiliki peranan penting pada impuls saraf tubuh. Kekurangan magnesium dapat menyebabkan mati rasa atau kesemutan, terutama pada jari tangan dan kaki.

3. Otot Berkedut dan Mudah Kram

Salah satu tanda tubuh kekurangan magnesium berikutnya adalah otot yang berkedut, termor, dan kram. Dalam sejumlah kasus, mereka mengalami hipomagnesemia yang menyebabkan kejang. Kebutuhan magnesium dalam tubuh membantu penyerapan kalium yang sangat berperan penting bagi otot. Selain itu, magnesium juga berperan dalam penyerapan kalsium yang dapat mencegah kram atau nyeri otot. Pada perempuan yang sering mengalami kram perut saat datang bulan dianjurkan untuk sering mengonsumsi makanan tinggi magnesium.

4. Mengalami Gangguan Mental

Magnesium memiliki fungsi yang sangat penting, salah satunya adalah menunjang sistem saraf. Tanda tubuh kekurangan magnesium sangat berdampak pada disfungsi saraf yang berkaitan dengan gangguan mental. Hal ini dapat menyebabkan seseorang mudah merasa sedih, mengalami stres, hingga depresi.

5. Sulit Buang Air Besar

Ketika seseorang mengalami konstipasi bisa jadi hal ini adalah tanda tubuh kekurangan magnesium. Karena magnesium memiliki peran penting dalam membantu proses pergerakan otot usus dimana proses sekresi terjadi. Tak hanya berperan dalam pergerakan otot usus tapi juga mengontrol asam lambung agar makanan dapat diproses oleh usus dengan mudah.

6. Insomnia

Sulit tidur atau insomnia juga bisa menjadi tanda tubuh kekurangan magnesium, loh. Hal ini dikarenakan magnesium memiliki peran besar atas fungsi yang dinamakan ‘relaksasi otak’. Relaksasi otak adalah kemampuan otak yang membantu kita untuk rileks dan tertidur dengan tenang.

7. Penyakit Tulang

Kekurangan magnesium ternyata sangat berdampak pada masalah tulang. Sehingga menyebabkan tulang rentan retak bahan patah. Hal ini karena kekurangan magnesium menyebabkan turunnya kadar kalsium dalam darah yang akhirnya membuat tulang menjadi rapuh.

8. Detak Jantung Menjadi Tidak Beraturan

Kurangnya magnesium di dalam tubuh juga berdampak pada kondisi jantung, di mana detaknya akan menjadi tidak beraturan. Magnesium memiliki peran yang sangat penting untuk mendistribusikan kalium dan kalsium ke membran sel. Proses inilah yang berperan penting dalam mengatur ritme jantung agar tetap teratur.

9. Kelelahan Tanpa Sebab yang Tak Kunjung Hilang

Fungsi magnesium sangat penting, salah satunya untuk mendistribusikan glukosa menjadi sebuah energi. Selain itu, magnesium juga berperan untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan mencegah kelelahan. Sehingga, jika seseorang mengalami kelelahan padahal ia tidak melakukan pekerjaan yang terlalu berat dan rasa lelah ini juga tak kunjung hilang setelah beristirahat maka patut dicurigai sebagai tanda tubuh kekurangan magnesium.

10. Meningkatnya Tekanan Darah

Hati-hati dengan tanda tubuh kekurangan magnesium yang satu ini, yaitu meningkatnya tekanan darah. Sebab, tekanan darah yang terlalu tinggi dapat berisiko seseorang terkena penyakit jantung. Apalagi kekurangan magnesium juga dapat menyebabkan ritme jantung tidak teratur. Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi sumber makanan yang mengandung magnesium yang tinggi.

11. Menyebabkan Gangguan Asma

Bagi penderita asma, tanda tubuh kekurangan magnesium akan mudah lebih sering dirasakan. Memang dalam beberapa penelitian bahwa penderita asma biasanya memiliki kadar magnesium yang rendah di dalam tubuhnya. Kurangnya magnesium dapat menyebabkan penumpukan kalsium dalam yang menyelimuti saluran udara di paru-paru. Hal inilah yang membuat penderita asma mengalami kesulitan bernapas.

Baca Juga: 7 Kebiasaan yang Bisa Membuat Daya Tahan Tubuh Menurun

Itulah beberapa ciri bahwa tubuh kekurangan magnesium. Penting sekali untuk menjaga kebutuhan magnesium di dalam tubuh. Karena jika tubuh kekurangan magnesium, hal ini akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Kamu bisa memperoleh magnesium dengan mengonsumi bayam, cokelat, edamame, almond, dan makanan sehat lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.