Hati-hati Jika Memakai Akses WiFi Gratis di Tempat Umum!

Hati-hati Jika Memakai Akses WiFi Gratis di Tempat Umum!
teknolagi.net

Seruni.id – Ketika mengetahui ada akses WiFi gratis, apa yang kamu lakukan? Kebanyakan dari kita mungkin akan senang dan langsung menyalakan WiFi pada ponsel tentunya. Sebab, dengan adanya akses WiFi gratis, kita akan lebih mudah untuk membuka sosial media dan lainnya.

Hati-hati Jika Memakai Akses WiFi Gratis di Tempat Umum!
hot.liputan6.com

Ini menjadi keuntungan yang menyenangkan, apalagi ketika paket data mulai menipis. Namun sayangnya, menggunakan WiFi publik yang gratis tidak menjamin kemanan perangkat kalian, loh. Beberapa bahaya kerap mengintai data-data pribadi yang terdapat dalam perangkat. Ingin tahu apa saja bahaya memakai akses WiFi gratis? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Perangkatan Rentan Terken Virus

Belum banyak yang tahu, bahwa internet adalah sumber utama dari penyebaran virus digital yang ada di dunia. Setiap kali kamu memakai akses WiFi publik, maka kemungkinan besar terinfeksinya perangkatmu oleh virus akan semakin tinggi.

Salah satu jenis virus yang sering menyerang melalui koneksi WiFi adalah Chameleon. Virus tersebut dapat merusak komponen yang ada pada perangkat handphone maupun komputer. Selain itu, virus ini bisa mengakses data atau informasi dari komputer atau handphone yang menyerang secara otomatis. Mengerikan, ya?

2. Informasi Pengguna Dapat Terekam

Memakai akses WiFi gratis, tidak hanya membuat perangkatmu terinfeksi virus. Namun, menurut para ahli peretas alias hacker, menggunakan WiFi publik sebenarnya dapat menimbulkan berbagai risiko. Misalnya, ada istilah serangan bernama ‘evil twin attack,’ dengan cara kerja peretas membuat akses poin WiFi palsu, tapi tampak seperti asli.

Hal inilah yang akan membuatmu tertipu. Biasanya pengguna akan memasukkan kredensial untuk mengakses atau mengarahkan ke situs yang tidak resmi. Padahal sebenarnya, peretas sedang merekam informasi pengguna, loh. Ada berbagai serangan dengan cara kerja seperti itu, yang membuat peretas dapat mengintip ke lalu lintas web dan mendapatkan akses ke informasi pengguna yang sebenarnya bersifat pribadi dan rahasia.

3. Bahaya Adanya Mata-mata

Bukan hanya hackers, kamu juga harus mewaspadai yang namanya snooper ketika memakai akses WiFi gratis yang tidak aman. Snooper memiliki tugas untuk mencuri data dan informasi pengguna. Mereka dapat dengan leluasa memata-matai browser atau laman internet mana saja yang sedang atau telah kamu kunjungi.

Selain itu, snooper juga dapat merekam berbagai hal yang kamu lakukan, mulai dari mengetik pada keyboard hingga mengetahui laman apa saja yang kamu akses. Maka dari itu, pastikan keamanan WiFi sebelum benar-benar terhubung. Hindari memakai jaringan WiFi yang meminta kalian memasukkan password.

4. Menggunakan Password yang Sama Akan Memudahkan Peretas Mengakses Informasi

Salah satu masalah terbesar dalam mencegah aksi peretasan adalah kebiasaan sebagian besar orang dalam menggunakan password yang sama untuk semua akun. Hal ini dapat memudahkan para peretas untuk mengakses berbagai akun yang kamu miliki. Atau setidaknya mereka memiliki kemungkinan besar untuk mencoba password yang mereka dapatkan ke beberapa platform milik pengguna.

5. Rentan Pembajakan Akun Media Sosial

Bagi kamu yang suka memakai akses WiFi gratis ketika berlibur, untuk membuka media sosial, mulai sekarang kamu harus lebih berhati-hati, ya. Sebab, semua data pribadimu yang terdapat dalam akun akan sangat rentan menjadi korban pembajakan dan mungkin saja disalahgunakan oleh orang yang tak bertanggung jawab. Para hacker akan mencuri data kalian seperti alamat, data pribadi, atau bahkan foto pribadi untuk kegiatan ilegal. Jadi, mulai sekarang kurangi menggunakan jaringan WiFi umum yang tidak terjamin kemanannya, ya.

6. Data Perbankan Rentan Diretas

Sebagaimana yang telah dijelaskan, bahaya menggunakan akses WiFi gratis di tempat umum adalah riskannya pencurian data. Peretasan data tersebut salah satunya bisa termasuk akun bank, loh. Seperti transaksi, kata sandi, bahkan kartu kredit. Lantas, dari mana para hacker mendapatkan data tersebut? Mereka bisa mendapatkannya dari histori yang terekam pada perangkat yang kamu gunakan. Jangan sampai hal ini terjadi padamu, ya.

7. Banyak Jebakan Internet Palsu

Ketika menggunakan akses WiFi gratis, perangkatmu bukan hanya berisiko menjadi incaran hacker atau virus saja, tapi juga harus waspada dengan jaringan internet palsu. Sekilas jaringan ini mirip dengan asli jika dilihat dari luar. Selain merupakan virus, situs ini juga secara tidak sadar akan mencuri informasi pribadi dan bahkan merusak perangkat yang kamu pakai.

Sehingga siapa saja bisa dengan mudah terjebak dalam jaringan ini dan semua informasi pribadi yang penting bisa dapat diambil dengan mudah. Perlu diketahui bahwa akses WiFi gratis memang tidak disarankan untuk mengakses website atau laman yang sifatnya pribadi, mulai dari media sosial, e-mail, akun bank, dan sebagainya.

Baca Juga: 7 Cara Menghindari Pencurian Data Pribadi dari SIM Card

Itulah beberapa bahaya ketika memakai akses WiFi gratis. Jika benar-benar harus menggunakan WiFi, pertimbangkanlah opsi menggunakan virtual private network (VPN) berbayar dan resmi sehingga akses internetmu lebih aman dari peretas. Adapun opsi lain adalah menggunakan smartphone-mu sendiri sebagai sumber hotspor. Alternatif ini dapat membuat jaringan WiFi lebih aman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.