Ingin Miliki Postur Tubuh Ideal? Begini Tipsnya!

  • Bagikan
Ingin Miliki Postur Tubuh Ideal? Begini Tipsnya!
hellosehat.com

Seruni.id – Postur tubuh ideal tidak hanya enak dipandang, tapi juga baik untuk kesehatan, loh. Lantas, apakah postur tubuhmu sudah ideal? Membungkuk, bahu yang tidak seimbang, dan leher yang kaku ke depan adalah beberapa contoh sikap badan yang salah. Biasanya hal tersebut disebabkan oleh lemahnya otot leher, posisi duduk dan tidur yang salah, serta terlalu lama duduk dan bekerja di depan komputer.

Ingin Miliki Postur Tubuh Ideal? Begini Tipsnya!
sehatqua.com

Selain kurang enak dipandang, postur tubuh yang buruk juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan saraf. Parahnya, bisa bikin ‘saraf kejepit’, loh. Sebab, seluruh urat saraf terhubung ke tulang punggung. Ini tidak hanya membuat punggung terasa nyeri, tapi juga menyebabakan beberapa bagian lainnya ikut sakit. Di bawah ini, Seruni telah merangkum beberapa sikap badan yang salah serta cara memperbaikinya agar postur tubuh ideal. Simak berikut ini.

 

1. Cara Mengatasi Leher yang Condong ke Depan

Masalah ini mayoritas dialami oleh para pekerja kantoran yang kerap menggunakan komputer. Leher yang condong ke depan adalah akibat dari otot belakang leher yang kaku. Agar terbebas dari masalah ini dan mendapatkan postur tubuh ideal, kamu perlu merenggangkan otot leher kembali.

Bagaimana caranya? Mudah saja, kok. Kamu hanya perlu menggerakan kepala. Lalu turunkan dagu hingga hampir menyatu dengan tulang dada, kemudian tangan selama 5 detik. Kamu cukup melakukan latihan ini selama 10 kali per hari. Jangan terlalu keras, lakukan saja dengan santai.

 

2. Cara Mengatasi Postur Bahu Tidak Seimbang

Kamu punya kondisi seperti ini? Bahu yang tidak seimbang biasanya disebabkan oleh otot di bawah dada (merentang dari tulang rusuk ke tulang belikat) kamu tidak kuat. Untuk mengembalikan postur tubuh menjadi lebih ideal, kamu cukup melakukan latihan sederhana, hanya perlu memanfaatkan kursi.

Pertama yang bisa kamu lakukan adalah duduk lurus di atas kursi dengan tangan di samping pinggul dan jari-jari yang terkepal. Tanpa menggerakan tangan, tekan kursi hingga tubuh terangkat. Tahan selama 5 detik. Lakukan 2-3 set masing-masing 12 kali.

 

3. Cara Memperbaiki Postur Tubuh yang Bungkuk

Ingin mendapatkan postur tubuh ideal dan tidak bungkuk lagi? Caranya tentu sangat mudah, tapi kamu perlu tahu dulu nih apa yang menyebabkan terjadinya kebungkukan. Selain karena kebiasaan, kebungkukan juga disebabkan karena lemahnya sendi-sendi di tulang selangka. Ini membuat otot pectoralis minor di tepi dada bekerja sendirian untuk menstabilkan sendi yang lemah.

Alhasil, bahu cenderung lebih maju ke depan dan membuat postur tubuh terlihat bungkuk. Untuk memperbaikinya, cukup berbaring telukup di lantai lalu rentangkan kedaua tangan ke samping. Kemudian tekuk siku membentuk sudut 90 derajat, seperti yang akan kamu lakukan jika hendak tos dengan teman.

Masih mempertahankan sudut tadi, angkat kedua tanganmu hingga tulang belikat kanan dan kiri bertemu. Tahan selama 5 detik, kemudian turunkan perlahan. Ulangi sampai 12 kali atau 1 set. Lakukan 2-3 set per hatinya.

 

5. Gunakan Gym Ball untuk Memperbaiki Duck Feet

Duck feet alias kaki bebek, merupakan kondisi yang disebabkan oleh masalah otot dan tulang. Untuk mengatasinya dan mendapatkan postur tubuh ideal, kamu hanya memerlukan bola besar yang biasa digunakan saat senam atau nge-gym.

Ambil posisi push-up dengan kaki yang bertumpu pada bola. Usahakan pinggul kamu tetap lurus sambil melipat lutut ke arah perut. Dengan menggunakan kaki, gelindungkan bola perlahan ke bawah badan, lalu kembali ke posisi semula. Ulangi cara ini 3 x 12 kali.

 

6. Latihan Menguatkan Otot Kaki

Pigeon toe sering kali dijumpai pada bayi dan akan terkoreksi sendiri. Namun, jika kondisi ini terjadi pada orang dewasa, ini bukanlah hal yang normal. Pada orang dewasa, pigeon toe umumnya disebabkan oleh otot kaki yang lemah atau kelainan bentuk tulang.

Pigeon toe bisa dikurangi dengan rebahan di satu sisi tubuh dan menekuk lutut sebesar 90 derajat. Sambil mempertahankan posisi pinggul, angkat lutut yang berada di atas, hingga posisinya tampak kurang lebih seperti kerang yang sedang terbuka cangkangnya. Tahan selama 5 detik, lalu turunkan lutut ke posisi semula. Ulangi cara ini 3 x 12 angkatan untuk setiap lutut.

Baca Juga: Insecure Karena Bentuk Tubuh? Ikuti Tips ini untuk Mengatasinya Yuk!

Jika kamu menemukan ada yang salah dengan postur tubuhmu dan ingin memperbaikinya, segerakan terapkan tips di atas, ya. Selagi masih muda, cegah penyakit-penyakit saraf dari sekarang. Semoga bermanfaat!

  • Bagikan