Ini 5 Manfaat Tidur Memakai Kaus Kaki

rilis.id

Seruni.id – Tidur adalah waktu bagi tubuh untuk istirahat sehingga esok hari tubuh terasa segar kembali untuk melakukan segala aktivitas. Beberapa orang mungkin lebih nyaman tidur tanpa mengenakan kaus kaki, namun ada pula yang lebih senang tidur dengan memakai kaus kaki. Tahu gak sih, ternyata tidur dengan kaus kaki terbukti bisa memberi pengaruh positif pada pola tidur, loh. Namun, adakah manfaat lainnya? Berikut lima diantaranya:

lifestyle.ookezone.com

Mengurangi Gejala Serangan Raynaud

Raynaud adalah suatu kondisi yang memengaruhi pembuluh darah di kulit saat tubuh kedinginan ataupun stress. Selama serangan, aliran darah ke tangan atau kaki menjadi berkurang sehingga mati rasa dan kulit berubah warna menjadi biru ataupun putih. Karena pemicu terjadinya serangan adalah udara dingin, dengan memakai kaus kaki selama tidur, akan membantu mengurangi gejala tersebut.

Membantu Mengatur Suhu Tubuh

Suhu kamar yang terlalu dingin bisa membuat tidur menjadi tidak nyenyak. Kita akan lebih banyak bergerak, baik untuk membetulkan kembali selimut atau bolak-balik untuk buang ari kecil. Selain itu, udara dingin menyebabkan penyempitan pembuluh darah sehingga sirkulasi darah menjadi lebih sempit. Cara aman dan mudah untuk menjaga kehangatan kaki saat tidur adalah dengan memakai kaus kaki. Tak hanya kaki, tubuh pun akan terasa lebih hangat. Rasa hangat yang dihasilkan dapat memicu respon vasodilatasi, yaitu pembuluh darah yang tadinya menyempit akan melebar.

Tidur Menjadi Lebih Cepat

Suhu tubuh akan terus meningkat secara bertahap dari pagi hari dan akan memuncak pada siang hari saat tubuh menjadi lebih terjaga dan waspada. Kemudian, suhu tubuh mulai menurun ketika sudah menjelang malam. Tahukah kamu, bahwa suhu ini akan mempengaruhi jam biologis tubuh? Hal tersebut akan mengendalikan waktu tidur sehingga membuat seseorang merasa mengantuk lebih cepat. Jadi, saat seseorang mulai terlelap, suhu tubuh perlahan akan menurun sebanyak satu hingga dua celcius.

Mencegah Hot Flashes

Wanita yang dalam fase menopause cenderung mengalami perasaan panas mendadak, yang disebut hot falshes. Terkadang, hot flashes membuat tubuh menjadi berkeringat sampai jantung berdebar. Nah, dengan memakai kaus kaki ketika tidur di malam hari, akan membantu menurunkan suhu tubuh inti dan mendinginkan tubuh, sehingga mencegah terjadinya situasi ini.

Membuat Seks Lebih Baik

Dalam berhubungan seksual, tidak semua pasangan merasakan orgasme. Menurut para peneliti di Universitas Groningen, pasangan yang memakai kaus kaki di malam hari sebenarnya dapat melakukan hubungan seks lebih baik. Selain itu, mereka cenderung mengalami orgasme saat berhubungan seks.

Nah, itulah beberapa manfaat tidur dengan mengenakan kaus kaki. Tapi sebaiknya gunakanlah kaus kaki yang terbuat dari serat lembut alami seperi kaus kaki kasmir atau wol. Atau bisa juga yang berbahan katun, tetapi pastikan yang kamu gunakan sedikit kendur, ya. Karena bisa mengurangi sirkulasi dan menganggu pemanasan kaki yang tepat. Paling penting, kenakan kaus kaki yang lembut dan nyaman.

Berikan Dukungan Kepada Kami Dengan Memberikan Rating

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.