6 Jenis Beras yang Cocok untuk Diet dan Hilangkan Lemak di Perut

  • Bagikan
6 Jenis Beras yang Cocok untuk Diet dan Hilangkan Lemak di Perut
lifestyle.hallo.id

Seruni.id – Beras memang menjadi makanan pokok sehari-hari. Tapi, tahukah kamu? Ternyata beras putih kurang aman dikonsumsi bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan, loh. Namun tenang saja, Seruni punya beberapa rekomendasi beras yang cocok untuk diet sekaligus mampu menghilangkan lemak di perut. Pastinya beberapa jenis beras ini aman dikonsumsi, terlebih bagi kamu yang memang tidak bisa melewatkan makan tanpa nasi. Sebagai rekomendasi, langsung saja simak beberapa jenisnya berikut ini:

 

1. Beras Cokelat

6 Jenis Beras yang Cocok untuk Diet dan Hilangkan Lemak di Perut
hype.grid.id

Menurut Courtner D’Angelo, MS, RD, seorang penulis di Go Wellness, menuturkan bahwa beras cokelat mengandung banyak nutrisi karena berasal dari gandum utuh. Selain itu, beras cokelat juga tinggi akan serat, vitamin B, seng, dan magnesium. Perlu kamu tahu, serat sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan, karena membantu menstabilkan gula darah dan membuat rasa kenyang lebih lama. Beras cokelat juga bisa membantu meningkatkan pencernaan.

 

2. Beras Merah

6 Jenis Beras yang Cocok untuk Diet dan Hilangkan Lemak di Perut
theindianexpress.com

Jenis beras yang cocok untuk diet berikutnya adalah beras merah. Beras merah kaya akan antioksidan yang bernama antosianin. Kandungan tersebut tidak hanya memberikan warna merah pada beras, tapi juga mampu membantu mengatur berat badan. Mangan yang ada di dalam beras merah, juga bisa membantu meningkatkan metabolisme di dalam tubuh. Di dalam 250 gram beras merah, mengandung sekitar 216 kalori.

 

3. Beras Hitam

6 Jenis Beras yang Cocok untuk Diet dan Hilangkan Lemak di Perut
aladokter.com

Meski warnanya sangat pekat, tapi rupanya beras hitam baik dikonsumsi untuk diet, loh. Dibandingkan beras lainnya, beras hitam memiliki tekstur yang lebih padat. Namun, agar teksturnya lebih ringan, kamu bisa memadukannya dengan beras merah. Beras yang cocok untuk diet ini, memiliki antioksidan daripada yang berwarna lebih cerah lainnya. Selain itu, beras hitam juga mengandung mikronutrien seperti folat, vitamin B6, zinc, fosfor, dan niacin. Walaupun terasa lebih padat, tapi sebenarnya beras hitam akan lebih ringan di perut. Untuk satu cangkirnya, kurang lebih mengandung 280 kalori.

 

4. Padi Liar

6 Jenis Beras yang Cocok untuk Diet dan Hilangkan Lemak di Perut
popmama.com

Mungkin padi liar belum begitu familier di telinga kita, tapi padi liat merupakan salah satu jenis beras yang cocok untuk diet karena kaya akan antioksidan. Padi liar adalah jenis rumput semi akuatik, sehingga secara teknis merupakan gabungan dari empat jenis rumput yang berbeda. Menurut Nutrition Review, padi liar dikenal sebagai gandum utuh yang dikemas penuh dengan vitamin, nutrisi, serat, dan berbagai jenis antioksidan. Padi liar sangat bermanfaat dalam mengelola profil lipid, kesehatan jantung, dan menjaga berat badan.

 

5. Beras Basmati

6 Jenis Beras yang Cocok untuk Diet dan Hilangkan Lemak di Perut
kompas.com

Kalau kamu mencari beras yang cocok untuk diet dan rendah gula, basmati bisa menjadi pilihannya. Beras ini memiliki bentuk yang lebih ramping dan panjang daripada jenis lainnya. Selain itu, wangi yang dihasilkan pun khas dan teksturnya memisah, tidak lengket dan menyati. Selain tinggi serat, basmati juga rendah gula, loh. Sehingga cocok sekali dijadikan asupan karbo saat diet. Basmati juga mengandung arsenik yang lebih rendah dibanding lainnya. Di mana kadar arsenik tinggi bisa membahayakan kesehatan dan meningkatkan risiko diabetes, masalah jantung, dan beberapa tipe kanker.

 

6. Beras Shirataki

6 Jenis Beras yang Cocok untuk Diet dan Hilangkan Lemak di Perut
aladokter.com

Shirataki adalah salah satu jenis beras yang cocok untuk diet dan tengah naik daun. Dalam 100 gram beras, mengandung 1,18 gram karbo dan nol kalori. Meski bernama beras, sebenarnya shirataki terbuat dari umbi yang memiliki hasil akhir bernama konjac. Biasanya, konjac diolah menjadi mie atau jelly. Selain karbo, beras ini hanya memiliki gizi tambahan 1,69 mg zat besi dalam 100 gram sajiannya. Namun beras ini memiliki serat diet yang baik bagi kesehatan. Beras shirataki bisa membantu mencegah kenaikan kadar gula darah, membuat kenyang lebih lama, menurunkan kolesterol, dan membantu menjaga kesehatan pencernaan.

Baca Juga: 5 Kiat Diet yang Salah ini Bikin Kamu Cepat Tua, Loh!

Itulah enam jenis beras yang cocok untuk diet dan menghilangkan lemak di perut. Sekarang, kamu tinggal memilih mana yang ingin dijadikan asupan sehari-hari.

  • Bagikan