Kapankah Waktu yang Aman Minum Kopi saat Ramadhan, Sahur atau Berbuka?

  • Bagikan
Kapankah Waktu yang Aman Minum Kopi saat Ramadhan, Sahur atau Berbuka?
jakartanotebook.com

Seruni.id – Kapankah waktu yang aman minum kopi di saat bulan Ramadhan? Pertanyaan ini sering kali ditanyakan oleh para pencinta kopi. Sebab biasanya, di hari-hari biasa mereka menikmati secangkir kopi di pagi maupun sore hari atau bahkan tak kenal waktu. Namun, karena saat ini tengah menjalani ibadah puasa, waktu minum kopi mau tidak mau harus dipindah, yakni di waktu sahur atau berbuka.

Kapankah Waktu yang Aman Minum Kopi saat Ramadhan, Sahur atau Berbuka?
faktualnews.com

Tapi, sebelum kamu cepat-cepat menyeduh kopi di dua waktu tersebut, kamu perlu pahami lebih dulu efek kopi pada tubuh. Terutama jika perut sebelumnya dalam keadaan kosong karena berpuasa. Lantas, kapankah waktu yang aman minum kopi saat Ramadhan?

 

Kopi Dapat Menyebabkan Iritasi pada Perut Kosong

Ternyata, kopi dapat menyebabkan iritasi, loh. Jika diminum dalam keadaan perut kosong. Sebab, kopi dapat merangsang produksi asam lambung. Dengan begitu, maka akan memperburuk gejala gangguan usus, seperti irritable bowel syndrome (IBS). Apakah kondisi tersebut dapat menunjukkan gejala tertentu?

Ya tentu saja, gejala yang dirasakan, bisa berupa perut mulas, mual, refluks asam, serta terjadinya gangguan pencernaan. Tidak hanya itu, sebuah studi yang dirilis oleh British Journal of Nutrition juga menenmukan, bisa menganggu sistem kontrol gula darah, bila mengonsumsi kopi saat perut kosong secara signifikan.

Gejala lainnya yang bisa muncul adalah rasa gelisah yang datang lebih cepat, jika mengonsumsi kopi sebelum makan, tapi juga bisa lebih lambat muncul bila sudah makan. Demikian menurut Harvard T.H Chan School of Public Health.

 

Waktu yang Aman Minum Kopi di Bulan Ramadhan

Melihat penejelasan di atas, kita pasti sudah dapat menyimpulkan terkait waktu yang aman minum kopi di bulan Ramadhan, yakni ketika perut sudah terisi makanan. Bukan menjadikan kopi sebagai minuman utama saat berbuka. Seorang ahli gizi dari Universitas Indonesia, Beta Siadiana Dewi mengungkap, kamu bisa minum kopi saat berbuka puasa, tentu harus diawali dengan air putih, kemudian disusul dengan makan makanan manis.

“Jangan saat beduk langsung minum kopi, karena kopi punya tingkat keasaman tinggi dan berpotensi membuat asam lambung naik.” ujarnya.

 

Lantas, Bagaimana dengan Waktu Sahur?

Sebenarnya, waktu yang aman minum kopi di bulan Ramadhan hanyalah di waktu berbuka, dengan catatan perut tidak kosong, melainkan harus diisi terlebih daulu. Mengapa waktu sahur tidak disarankan? Sebenarnya, jika ingin minum kopi di waktu sahur pun diperbolehkan. Namun, jika tidak benar-benar perlu, maka tidak perlu meminumnya. Sebab, minum kopi pada waktu tersebut dapat berpotensi memberi efek diuresis dan menyebebkan dehidrasi.

“Hati-hati, minum kopi saat sahur dapat berpotensi memberi efek diuresis dan menyebabkan dehidrasi. Jika tidak perlu benar-benar minum kopi, maka tidak perlu minum kopi saat sahur,” kata dokter spesialis gizi klinik dr Tirta Prawita Sari, M.Sc, Sp.GK dari RS Pondok Indah dalam rilis yang diterima detikcom.

Baca Juga: 5 Kesalahan dalam Minum Kopi yang Mempercepat Penuaan Dini

Jadi, kamu sudah tahu kan kapan waktu yang aman minum kopi di saat Ramadhan? Semoga dengan adanya artikel ini, dapat mengubah pola hidupmu dalam hal meminum kopi. Semua dilakukan pastinya demi kesehatan. Jangan lupa bagikan artikel ini di media sosialmu, ya.

  • Bagikan