Sholat Qobliyah Subuh: Niat, Tata Cara, dan Keutamaannya

  • Bagikan
Sholat qobliyah subuh
sholat sebelum subuh (wolipop.detik.com)

Seruni.id – Selain sholat fardhu lima waktu, ada pula sholat sunah yang dianjurkan untuk kita lakukan, yakni sholat qobliyah subuh. Sholat sunah ini, merujuk pada waktu pelaksanaannya, yakni saat waktu fajar tiba. Untuk lebih jelasnya, berikut Seruni akan membagikan hal-hal yang terkait dengan sholat qobliyah subuh, mulai dari pengertian, niat, tata cara, hingga keutamaannya.

Sholat Qobliyah Subuh: Niat, Tata Cara, dan Keutamaannya
sholat sebelum subuh (dokterwriter.com)

Pengertian Sholat Qobliyah Subuh

Sebelum masuk pada niat dan tata cara melakukan sholat qobliyah subuh, kamu harus tahu dulu nih apa yang dimaksud dengan sholat qobliyah subuh.

Sholat qobliyah subuh adalah sholat sunah dua rakaat yang dilaksanakan sebelum subuh. Menurut para ulama, terutama Mazhab Syafi’i mengatakan, qobliyah subuh sama halnya seperti sholat fajar. Sholat sunah ini memiliki keutamaan yang luar biasa, sebagaimana yang disebutkan di dalam hadis berikut ini,

رَكْعَتَا اَلْفَجْرِ خَيْرٌ مِنْ اَلدُّنْيَا وَمَا فِيهَا

Artinya: “Dua rakaat sholat fajar lebih baik dari dunia dan seisinya.”

 

Niat Sholat Qobliyah Subuh

Seperti sholat sunah lainnya, sebelum menjalankan sholat qobliyah subuh, kita diharuskan untuk membaca niat. Adapun bacaan niat yang harus kita hafalkan adalah sebagai berikut:

اُصَلِّيْ سُنَّةَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

“Ushalli sunnatas shubhi rak’ataini lillahi ta’ala.”

 

Tata Cara Sholat Qobliyah Subuh

Bagi yang masih bingung bagaimana cara melakukannya, sebenarnya tata cara sholat qobliyah sama seperti sholat fardhu dan sunah lainnya. Hanya saja, pada sholat sunah ini, dianjurkan untuk membaca surat pendek saja, hal ini karena waktunya yang terbatas. Adapun tata caranya yang bisa kamu ikuti adalah sebagai berikut:

  • Diawali dengan membaca niat sholat sunah qobliyah subuh,
  • Takbiratul ihram,
  • Setelah itu, membaca surah al-Fatihah, yang kemudian dilanjutkan dengan membaca salah satu surah pendek,
  • Rukuk,
  • Iktidal,
  • Sujud pertama,
  • Duduk di antara dua sujud,
  • Sujud kedua rakaat pertama,
  • Kemudian beridi dan mengulang urutan di atas sejak membaca al-Fatihah hingga sujud ke dua,
  • Duduk tasyahud,
  • Mengucapkan salam, dengan menoleh ke kanan lalu ke kiri.

 

Bacaan Setelah Sholat Qobliyah Subuh

niat sholat qobliyah subuh
sholat sebelum subuh

Setelah selesai melaksanakan sholat sunah tersebut, dilanjut dengan membaca dzikir sebagai berikut:

  • Ya Hayyu Ya Qayyum Laa Ilaaha Illa Anta, sebanyak 40 kali.
  • Membaca surah al-Ikhlas, sebanyak 11 kali.
  • Surah al-Falaq, satu kali.
  • Surah An-Nas, satu kali.
  • Kemudian, ditutup dengan membaca Subhanallah wa Bihamdihi, Subhanallahil Adim, Astagfirullah, sebanyak 100 kali.

 

Keutamaan Sholat Qobliyah Subuh

Sama seperti ibadah lainnya, sholat qobliyah subuh juga memiliki banyak keutamaan. Sehingga, kita dianjurkan untuk melaksanakannya. Untuk menumbuhkan rasa semangat dalam menjalani sholat sunah tersebut, Seruni telah merangkum beberapa keutamaannya berikut ini:

1. Lebih Baik daripada Dunia dan Seisinya

Sholat sunah qobliyah subuh, merupakan salah satu ibadah sunah yang bernilai lebih baik daripada dunia dan seisinya. Hal ini sebagaimana yang tertulis dalam salah satu hadis berikut ini,

Aisayah RA meriwayatkan dari Rasulullah SAW, beliau bersabda, “Dua rakaat (sebelum) fajar (sholat subuh) lebih baik (nilainya) dari dunia dan seisinya.” (HR. Muslim dan Tirmidzi).

Seseorang yang selalu mendirikan sholat qobliyah subuh secara konsisten setiap harinya, maka ia akan dicintai oleh Allah SWT. Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata, bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda perihal keutamaan sholat qobliyah subuh, yang berbunyi,

“Seandainya mereka mengetahui keutamaan yang ada pada sholat isya dan sholat subuh, tentu mereka akan mendatanginya sambil merangkak.” (HR. Bukhari dan Muslim).

 

2. Mendapatkan Pahala yang Berlimpah

Pahala akan terus mengalir kepada setiap hamba yang menjalani ibadah dengan konsisten dan ikhlas lillahi ta’ala. Tidak hanya menjalankan ibadah wajib saja, tapi juga ibadah sunah. Salah satunya adalah mendirikan sholat qobliyah subuh. Ketika kita menjalankan ibadah sunah tersebut, maka Allah akan memberikan ganjaran berupa pahala yang begitu melimpah. Sehingga akan sayang sekali jika kita melewati kesempatan tersebut.

 

3. Mengikuti Teladan Rasulullah

Menjalankan sholat sunah sebelum subuh, merupakan salah satu usaha untuk mengikuti teladan Rasulullah SAW. Sebab, beliau telah memberikan contoh kepada umatnya untuk senantiasa menjaga rutinitas ini.

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dahulu diam antara adzannya muadzin hingga sholat subuh. Sebelum sholat subuh dimulai, beliau dahului dengan dua rakaat ringan.” (HR. Bukhari dan Muslim).

 

4. Mendapatkan Keutamaan di Akhirat

Ibadah merupakan salah satu sarana bagi kita untuk memperoleh pahala dari Allah SWT. Pahala tersebutlah yang nantinya akan memberatkan timbangan amal kebaikan kita di akhirat kelak. Ada beragam ibadah yang akan menambah pahala, salah satunya adalah ibadah sunah sholat qobliyah subuh. Bagi seseorang yang menjalankannya dengan ikhlas, sudah pasti akan diberikan jaminan keutamaan di akhirat.

 

5. Menutup Kekurangan Sholat Wajib

Kita hanyalah manusia biasa yang tak luput dari segala kekurangan. Tak terkecuali saat menjalankan ibadah sholat wajib. Sering kali, sholat yang kita lakukan terdapat kekurangan di bagian-bagian tertentu. Untuk menutup kekurangan tersebut, maka kita dianjurkan untuk melaksanakan sholat sunah sebelum subuh.

 

6. Memperoleh Keberkahan

Keutamaan yang berikutnya, barang siapa yang melaksanakan sholat sunah sebelum subuh, maka ia akan memperoleh keberkahan sebagaimana sholat Jumat dan sebagaimana mereka yang menjalankan ibadah sunah lainnya. Keberkahan yang diraih bisa berupa rezeki yang dilapangkan, dibukakan pintu surga, dan kebahagiaan lainnya yang akan mengikutimu di dunia pun akhirat.

 

7. Dibangunakan Rumah di Surga

Menjadi golongan orang yang masuk ke dalam surganya Allah, adalah impian setiap insan. Apalagi, jika kita dibangunkan rumah di dalamnya. Ini menjadi salah satu keutamaan apabila kita menjalankan sholat qobliyah subuh dengan rutin. Hal ini sebagaimana yang dikatakan oleh Ummu Habibah Radhiallaahu anha,

“Aku telah men-dengar Rasulullah shallallahu alaihi wasalam bersabda, Barangsiapa salat dalam sehari semalam dua belas rakaat akan dibangun untuknya rumah di Surga, yaitu; empat rakaat sebelum Dhuhur dan dua rakaat sesudahnya, dua rakaat sesudah maghrib, dua rakaat sesudah Isya dan dua rakaat sebelum salat Subuh.” (HR. At-Tirmidzi, ia mengatakan, hadits ini hasan shahih).

 

8. Sumber Cahaya di Hari Kiamat

Hari kiamat menjadi waktu yang ditakutkan oleh umat manusia. Sebab, jika hari itu datang, dunia akan gelap gulita. Tak ada setitik cahaya yang meneranginya, sehingga manusia bertabrakan, karena tidak mampu melihat apa pun. Namun, ada golongan manusia yang dianugerahi cahaya, sehingga mereka tidak merasa kegelapan. Cahaya ini tentu hanya akan diproleh dan diberikan kepada mereka yang melaksanakan sholat sunnah sebelum subuh dengan sungguh-sungguh.

Baca Juga:

7 Manfaat Bangun Tidur Sebelum Subuh Menurut Islam

Jangan Tinggalkan Shalat Subuh, Niscaya Allah Akan Berikan Keistimewaan Ini

4 Penyebab Sulit Bangun Saat Subuh

Sedekah Subuh: Keutamaan dan Cara Melakukannya

Itulah informasi yang dapat Seruni berikan seputar sholat sunah sebelum subuh berserta keutamaannya. Semoga setelah membaca artikel ini, membuat kamu lebih rajin lagi untuk melaksanakan ibadah sunah qobliyah subuh.

  • Bagikan
seruni.id