Hati-hati, Ini 5 Kebiasaan Buruk yang Merusak Ginjal!

  • Bagikan
Hati-hati, Ini 5 Kebiasaan Buruk yang Merusak Ginjal!
newsmedia.co.id

Seruni.id – Ada beberapa kebiasaan buruk yang merusak ginjal. Seringnya kebiasaan ini kita abaikan begitu saja tanpa memikirkan dampak ke depannya. Terlebih, ginjal memiliki peranan penting bagi tubuh. Sedikit saja ginjal mengalami gangguan, maka seluruh sistem dalam tubuh akan ikut terganggu.

Hati-hati, Ini 5 Kebiasaan Buruk yang Merusak Ginjal!
golansia.com

Fungsi utama ginjal adalah memfilter darah dan racun dari tubuh. Apabila fungsi tersebut terganggu, maka akan memicu penyakit jantung dan gagal ginjal. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tanpa kita sadari, kitalah yang merusak fungsi tersebut dengan kebiasaan-kebiasaan kecil yang ternyata berdampak besar. Agar hal itu tak terjadi, ada baikya kita menghindari kebiasaan yang dapat merusak ginjal seperti berikut ini:

1. Sering Menahan Buang Air Kecil

Menahan buang air kecil adalah salah satu kebiasaan buruk yang merusak ginjal. Seringnya hal ini terjadi lantaran sedang asyik melakukan sesuatu yang tidak bisa ditunda, misalnya menonton drama Kora, main games, bekerja, atau bermain smartphone. Meski menahan buang air kecil terasa mudah, tapi jika kebiasaan ini dilakukan secara terus-menerus, maka bisa menyebabkan gagal ginjal, loh. Gagal ginjal merupakan kondisi ginjal yang sudah tidak mampu menyaring racun dan limbah dari tubuh karena sudah tidak berfungsi. Untuk itu, kalau sudah kebelet buang air kecil, maka tundalah sebentar kegiatanmu dan segeralah pergi ke toilat.

2. Mengonsumsi Garam Secara Berlebihan

Garam dapat dengan mudah ditemui pada makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Mengonsumsinya secara berlebihan, tidak hanya berisiko memiiki tekanan darah tinggi saja, tapi juga berpengaruh terhadap kesehatan ginjal. Garam memiliki fungsi untuk menyeimbangkan kadar cairan dalam tubuh dengan memberikan isyarat pada ginjal kapan harus menahan dan membuang air. Konsumsi garam secara berlebihan akan mengganggu proses ini.

3. Kurang Minum Air Putih

Kebiasaan buruk yang merusak ginjal berikutnya adalah kurangnya minum air putih, tapi lebih sering mengonsumsi minuman kemasan, soda, jus, dan lainnya sebagai minuman utama. Padahal, air putih merupakan minuman terbaik dan sangat tubuh butuhkan. Apabila kebiasaan ini terus kamu lakukan, maka akan menyebabkan batu ginjal. Hal ini karena darah menjadi kental dan mineral mengendap di ginjal. Alhasil terbentuklah batu ginjal, yang jika dibiarkan secara terus menerus akan berakibat pada gagal ginjal.

4. Kurang Gerak

Menghabiskan waktu di depan komputer menyebabkan seseorang mengalami kurang gerak. Tidak hanya pegal atau masalah pada leher, kurang gerak menyebabkan kesehatan ginjal terganggu. Aktivitas fisik memengaruhi peningkatan aliran darah dan metabolisme glukosa. Kedua hal ini merupakan faktor penting kesehatan ginjal.

5. Banyak Mengonsumsi Gula

Kebiasaan buruk yang merusak ginjal berikutnya yakni terlalu banyak mengonsumsi gula. Hal ini bisa menyebabkan hipertensi atau tekanan darah sehingga berakibat pada kesehatan ginjal. Jangan lupa perhatikan asupan gula setiap hari agar terhindar dari penyakit ginjal.

Baca Juga: 8 Minuman Pembersih Ginjal yang Aman Dikonsumsi

Itulah lima kebiasaan buruk yang merusak ginjal dan sering sekali kita lakukan. Agar hidup lebih sehat dan ginjal tetap aman, mulai sekarang hindari kebiasaan tersebut dan ubahlah pola hidup dengan yang lebih sehat.

  • Bagikan
seruni.id