5 Keutamaan Membaca Al-Qur’an di Waktu Subuh

  • Bagikan
5 Keutamaan Membaca Al-Qur'an di Waktu Subuh
telisik.id

Seruni.id – Membaca Al-Qur’an di waktu subuh memiliki keutamaan yang sangat luar biasa. Apalagi, subuh menjadi salah satu waktu yang disaksikan oleh para malaikat malam dan malaikat siang. Sebagaimana yang disebutkan di dalam hadis yang berbunyi,

“Dan para malaikat malam dan para malaikat siang akan berkumpul dalam salat subuh,” (HR. Bukhari dari jalur Abu Hurairah).

5 Keutamaan Membaca Al-Qur'an di Waktu Subuh
detik.com

Itulah mengapa kita dianjurkan untuk memperbanyak membaca Al-Qur’an di waktu subuh. Adapun keutamaan lainnya telah Seruni rangkum berikut ini:

 

1. Memperoleh Pahala dan Kebaikan

Telah disebutkan di dalam sebuah hadis sahih, bahwa membaca satu huruf dalam Al-Qur’an akan mendatangkan satu kebaikan, yang dilipatgandakan menjadi 10 kebaikan. Meskipun bacaan masih terbata-bata, alangkah baiknya lebih digiatkan dan disiplinkan kembali, ketika sudah terbiasa, membacanya pun menjadi lebih lancar. Membaca Al-Qur’an bisa dilakukan kapan saja, baik setelah salat maupun sambil menunggu adzan.

 

2. Ditinggikan Derajatnya

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh H.R Muslim, disebutkan bahwa Al-Qur’an dapat meninggikan derajat seseorang. Hal ini dibuktikan dengan seseorang budak bernama Ibnu Abza. Sebelumnya beliau hanyalah seorang budak. Namun, karena ia rajin membaca Al-Qur’an di waktu subuh dan terus mempelajarinya, akhirnya ia bisa menjadi pengurus atau syarif dari penduduk al Wadi. Banyak orang yang dibuat kagum olehnya, salah satunya adalah Umar. Umar pun kemudian mengingat perkataan nabi, bahwa Al-Qur’an memang dapat menaikkan derajat pembacanya.

 

3. Mempertajam Daya Ingat

Keutamaan membaca Al-Qur’an di waktu subuh berikutnya yaitu dapat memperkuat daya ingat. Hal ini pun telah dibuktikan melalui riset yang dilakukan oleh Universitas Al-Azhar. Hasilnya, ketika membaca Al-Qur’an, akan membuat kinerja otak meningkat. Selain itu, daya ingat pun akan semakin tajam. Berdasarkan penelitian tersebut, sangat dianjurkan unutk rajin membaca Al-Qu’ran.

Dengan rangsangan Al-Qur’an yang terus menerus bekerja terhadap otak, maka akan membuat seseorang terhindar dari kepikunan. Hal ini juga yang menyebabkan banyak ulama yang di masa tua tetap mampu menghafal berbagai kitab. Bukti lainnya, ketika sering membaca Al-Qur’an secara diulang-ulang, maka secara tidak sadar ayat Al-Qur’an tersebut selalu teringat dalam pikiran.

 

4. Dapat Menyembuhkan Penyakit

Keutamaan lainnya ketika membaca Al-Qur’an di waktu subuh, yaitu dapat menyembuhkan penyakit. Seperti yang telah disebutkan di dalam Al-Qur’an surah Asy-Syura ayat 80, yang artinya:

“Dan apabila aku sakit, Dialah yang menyembuhkan aku.”

Selain memohon ampunan kepada Allah SWT atas rasa sakit yang diterima, membaca Al-Qur’an juga bisa meringankan rasa sakit tersebut. Sebelumnya, sudah disebutkan bahwa Al-Qur’an dapat menentramkan. Artinya, tubuh dalam kondisi rileks dan bebas dari ketegangan dan stres, dalam kondisi tersebut, aliran darah dapat mengalir normal, begitu juga sistem saraf yang bekerja normal.

 

5. Mendapatkan Keselamatan di Dunia Maupun Akhirat

Kehidupan di dunia sejatinya hanyalah sebuah ujian dan tempat mencari bekal untuk kembali pulang menghadap Sang Pencipta. Tak heran jika kehidupan kerap kali dipenuhi dengan masalah. Tidak hanya di dunia, di akhirat pun penuh dengan ancaman mengenai kehidupan akhirat. Dimana panas terik padang mahsyah membakar tubuh.

Sementara orang-orang kafir disksa. Agar selamat di dunia maupun akhirat, perbanyaklah berbuat baik dan jangan lupa untuk membaca Al-Qur’an di waktu subuh dan waktu lainnya. Sebab, di dalam Al-Qur’an terkandung banyak sekali nilai-nilai ajaran dan pedoman hidup yang bisa menuntun kita ke arah lebih baik.

Baca Juga: Seorang Ustazah di Tebet Meninggal Dunia Saat Membaca Al-Qur’an

Demikianlah lima keutamaan membaca Al-Qur’an di waktu subuh yang dapat Seruni berikan. Semoga ulasan di atas dapat menjadi motivasi agar kita lebih rutin lagi dalam membaca kitab suci Al-Qur’an.

  • Bagikan