7 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Menjauhkan Rezeki, Loh!

Rumaysho.Com

Seruni.id – Setiap makhluk yang hidup di dunia, sudah dijamin rezekinya sejak mereka masih di dalam kandungan. Rezeki tak melulu berupa uang, tapi juga bisa berupa kesehatan, kenikmatan, persaudaraan, merupakan rezeki yang tak terhingga. Namun, rezeki tidaklah datang dengan sendirinya, melainkan harus ada ikhtiar untuk mengais rezeki yang sudah disiapkan Allah. Akan tetapi, perlu diketahui, ada beberapa kebiasaan yang tanpa sengaja kita lakukan ternyata bisa menjauhkan rezeki, loh. Apa sajakah itu?

[read more]
Hasil gambar untuk menjauhkan rezeki
Harakatuna.com

Terlalu Banyak Mengeluh

Banyak dari kita yang seringkali mengeluh, karena tidak pernah merasa puas dengan apa yang sudah dimiliki. Padahal, Allah telah memberikan rezeki yang berlimpah untuk kita. Tanpa disadari, ternyata kebanyakan mengeluh bisa menjauhkan rezeki. Jika kita renungkan, masih banyak orang di luar sana yang hidup serba kekurangan, tetapi meraka masih bisa bertahan walaupun dalam kesusahan. Mestinya mereka bisa kita jadikan contoh agar kita tetap bisa bersyukur dalam keadaan apapun.

Matrealistis Alias Matre

Kebiasaan mengukur segala sesuatu dari segi materi atau lebih dikenal dengan istilah matrealistis, menjadi satu sikap yang bisa menjauhkan rezeki. Biasanya orang yang memiliki sikap matre, mereka selalu memandang rendah orang lain yang tidak memiliki kekayaan yang setara. Sementara itu, mereka akan memperlakukan orang kaya bak seorang raja. Padahal, sesungguhnya Allah juga menitipkan rezekinya kepada orang yang lemah, miskin dan teraniaya. Memuliakan orang yang miskin dengan cara bersedekah kepada mereka bisa menjadi salah satu jalan pembuka pintu rezeki.

Jarang Bersedekah

Sesungguhnya rezeki yang Allah titipkan, di dalamnya ada sebagian rezeki yang harus disedekahkan kepada orang yang tidak mampu. Jika kita memiliki sifat pelit atau bakhil, maka Allah pun akan murka karena kita tidak patuh dengan perintahnya. Jangan heran jika nanti Allah akan menutup pintu rezeki kita.

Makan Makanan Haram

Makan makanan yang bersumber dari rezeki yang tidak halal, maka makanan tersebut hukumnya menjadi haram. Jika sampai masuk ke dalam tubuh, makanan haram itu akan menjadi darah daging. Soal rasa, memang tak ada bedanya antara makanan halal pun haram. Tapi, sesuatu yang hram bisa membuat hati kita semakin keras dan sulit menerima hidayah dari Allah SWT. Atas kasih sayang Allah yang tak terhingga, Allah menutup sebagian pintu rezeki kita agar kita berpikir untuk mencari rezeki yang lebih halal.

Terlalu Fokus pada Dunia

Dunia memang senantiasa menawarkan kenikmatan bagi penghuninya. Kenikmatan tersebut terkadang bisa membuat si manusia terlena dan lupa bersyukur serta beribadah kepada Allah SWT. Dengan segala kesibukan mereka hanya berfokus kepada dunia, membuat mereka lupa menabung amalan kebaikan untuk di akhirat kelak. Padahal, kebiasaan yang demikian ini menjadi salah satu hal yang tanpa disadari bisa menjauhkan rezeki. Bagaimana Allah akan memberikan rezeki-Nya sementara kita tidak pernah mengingat-Nya dan mengerjakan segala perintah-Nya.

Bergosip

Bergosip menjadi salah satu kebiasaan yang marak terjadi saat ini. Tidak hanya di kalangan wanita, banyak pria juga yang gemar bergosip. Bahkan, acara gosip di televisi selalu memiliki rating yang tinggi. Hal ini dikarenakan banyak orang yang ingin mengetahui tentang kehidupan orang lain. Ketika bergosip, berarti orang tersebut telah menghabiskan waktu untuk mencela dan mempergunjingkan kehidupan orang lain. Ternyata kebiasaan ini tanpa disadaari bisa menjaadi salah satu tanda bahwa kita menjauhkan rezeki dari Allah SWT. Oleh karena itu, ada baiknya untuk menghindari kebiasaan bergosip dan mulai memperbaiki diri.

Riya dan Suka Pamer

Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak orang yang suka memamerkan harta, benda dan amalan kebaikan yang dilakukannya. Hal ini dilakukan hanya untuk mendapatkan pujian dari sesama manusia. Ia melakukan sedekah, salat, haji dan ibadah lainnnya semata-mata hanya untuk ditunjukkan kepada manusia. Padahal seharusnya semua perbuatan tersebut harus diniatkan untuk ditujukan kepada Allah SWT. Kebiasaan Riya dan pamer ini bisa menjadi salah satu hal yang tanpa disadari bisa menjauhkan rezeki seseorang.

Perbuatan-perbuatan di atas sudah sepatutnya kita hindari sebagi seorang Muslim. Semoga kita bisa menjadi hamba yang senantiasa bersyukur atas segala nikmat yang telah Allah berikan. Aamiin.

[/read]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.