7 Makanan yang Bisa Bantu Mencegah Katarak

rri.co.id

Seruni.id – Mata katarak bisa terjadi karena lensa pada mata yang seharusnya bening, berubah menjadi keruh. Ketika hal ini terjadi, penglihatan seseorang menjadi terganggu. Penderita katarak dapat kesulitan melihat, membaca, menyeberang jalan, maupun mengendarai kendaraan. Sebelum semua itu terjadi, kamu bisa mencegahnya dari sekarang dengan mengonsumsi beberapa makanan berikut ini:

Bayam

hellosehat.com

Sayuran hijau yang satu ini memiliki kandungan antioksidan dan antiinflamasi yang berguna bagi kesehatan mata. Bayam juga mengandung vitamin A, seng, dan asam folat yang dapat memperkuat penglihatan sekaligus menangkal radikal bebas.

Jeruk

resepkoki.com

Tak hanya segar, buah ini punya manfaat baik bagi penglihatan. Kandungan vitamin C dan beta karoten dalam buah jeruk berfungsi sebagai antioksidan yang berperan dalam membantu melindungi sel dari efek stres oksidatif. Hal itulah yang dapat mengoptimalkan proses regenerasi jaringan, terutama jaringan mata. Buah jeruk pun dipercaya dapat membantu mengurangi agresi yang disebabkan oleh sinar matahari dan racun.

Teh Hijau

nakita.grid.id

Teh hijau memiliki banyak khasiat. Selain membantu melangsingkan tubuh rutin meminum teh hijau juga sangat berguna untuk membuat mata kamu terhindar dari penyakit mata katarak. Antioksidan yang tinggi yang terdapat pada teh hijau berperan aktif untuk melawan radikal bebas yang menyerang mata.

Baca Juga: Manfaat dan Efek Samping Minum Teh

Telur

bobo.grid.id

Telur merupakan makanan yang sangat berguna untuk menjaga mata kamu agar tetap sehat, bahkan bisa mencegah mata dari penuaan lebih cepat. Ini berkat dua kandungan yang terdapat dalam telur yakni senyawa Lutein dan zeaxanthin yang berguna untuk menutrisi mata kamu.

Minyak Zaitun

liputan6.com

Minyak yang terkenal berasal dari timur tengah ini dipercaya dapat membantu menjaga organ penglihatan. Kandungan asam lemak esensial dan antioksidan dalam minyak ini dapat melindungi penglihatan sekaligus mencegah degenerasi lensa dan retina. Tak hanya itu, minyak zaitun juga dapat mengendalikan kolesterol.

Tepung Gandum

resepkoki.id

Bahan makanan ini mengandung banyak asam amino esensial dan vitamin E. Nutrisi yang terkandung dalam tepung gandum dipercaya dapat mengurangi degenerasi membran okular. Selain itu, tepung gandum juga dapat mengurangi hilangnya protein pada lensa, sekaligus dapat menghentikan efek negatif dari racun dan sinar matahari.

Ikan Air Dingin

hellosehat.com

Ikan laut yang tinggal di perairan dingin umumnya memiliki asam lemak omega 3. Nutrisi ini berperan penting dalam melindungi mata kamu dari penyakit degenaratif dan penuaan dini pada sel. Asam lemak omega 3 juga berperan dalam meningkatkan aliran darah, mengontrol kolestrol, dan mengurangi peradangan yang dapat mengganggu kesehatan penglihatan. Ikan laut yang dimaksud adalah tuna, sarden, salmon, dan teri.


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/seruniid/public/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 352

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.