Manfaat Berwudhu Sebelum Tidur

islampos.com

Seruni.id – Berwudhu adalah salah satu syarat sahnya salat. Selain itu, wudhu bertujuan untuk membersihkan dari najis-najis kecil yang menempel pada tubuh kita. Tak hanya dilakukan sebelum salat, wudhu pun bisa dilakukan kapan saja kita mau. Salah satunya, berwudhu sebelum tidur. Dan ternyata mensucikan diri sebelum tidur memiliki beberapa manfaat, loh. Berikut ulasannya:

[read more]

 

Hasil gambar untuk wanita berwudhu
Edupost.ID

Merilekskan Otot-otot Sebelum Beristirahat

Berwudu sebelum tidur merupakan salah satu metode atau cara mengendorkan otot-otot tubuh yang kaku karena lelahnya beraktivitas. Sehinnga kualitas tidurmu akan jauh terasa lebih nyaman.

Mencerahkan Kulit Wajah

Berwudhu sebelum tidur juga dapat mencerahkan kulit wajah karena kinerja wudhu dapat menghilangkan noda membandel dalam kulit. Kotoran-kotoran yang menempel pada wajah akan hilang dan tentunya wajahmu akan terlihat lebih cerah. Jadi, untuk kamu yang ingin mencerahkan wajah, tak perlu repot-repot memakai krim yang belum jelas kehalalannya.

Mengatasi Insomnia

Untuk kamu yang sulit tidur atau insomnia, solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan berwudhu sebelum tidur. Insomnia disebabkan karena pikiran yang tidak tenang dan kondisi tubuh yang tidak rileks. Dengan beruwdu, setidaknya air akan membantu menenangkan pikiran kamu serta merilekskan tubuh. Dengan begitu, insomnia bisa segera teratasi.

Didoakan Malaikat

Malaikat senantiasa akan memberikan doa perlindungan kepada umat Muslim yang senantiasa berwudhu sebelum tidur. Malaikat adalah makhluk yang senantiasa berdzikir kepada Allah. Niscaya doanya akan dikabulkan pula oleh Allah. Oleh karena itu, berwudhu adalah hal yang wajib kita lakukan.

Menstabilkan Detak Jantung

Saat berwudhu yang menjadi cara hidup sehat menurut Islam, ini berarti kita membasahi hampir seluruh bagian dari tubuh dengan air dan ini bisa menstabilkan detak jantung dalam keadaan normal. Masalah ini juga telah diteliti oleh seorang dokter bernama Ahmad Syauqy seorang ahli dalam bidang penyakit dalam dan juga ahli penyakit di London.

Dikabulkan Permintaannya

Seseorang yang berwudhu sebelum tidur dan juga berdizikir, maka saat bangun tidur di pagi hari dan memanjatkan permintaan, maka permintaan tersebut akan dikabulkan Allah SWT.

“Rasulullah telah menjelaskan dalam sabda beliau yang diriwayatkan dari sahabat Al Barra’ bin ‘Azib, bahwasanya beliau berkata:

“Apabila kamu mendatangi tempat tidurmu, maka berwudhu’lah sebagaimana wudhu’mu untuk shalat.” (HR. Al Bukhari no. 6311 dan Muslim no. 2710).

Dalam riwayat shahabat Mu’adz bin Jabal juga dijelaskan jika, “Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Tidaklah seorang muslim tidur di malam hari dalam keadaan dengan berdzikir dan bersuci, kemudian ketika telah terbangun dari tidurnya lalu meminta kepada Allah kebaikan dunia dan akhirat, melainkan pasti Allah akan mengabulkannya.” (Fathul Bari juz 11:124).

Wudhu tidak hanya menjadi suatu hal yang wajib dilakukan umat muslim ketika ingin salat atau beribadah saja, namun ada banyak keutamaan menjaga wudhu dan juga manfaat lainnya yang terkandung di dalam wudhu dan bisa dirasakan oleh pelakunya sehingga berwudhu haruslah dijadikan kebiasaan sebagai salah satu cara kita beribadah pada Allah SWT.

[/read]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.